Cari

5 Hal tentang kapasitas Angkut Forklift berdasarkan jenisnya

5 HAL TENTANG KAPASITAS FORKLIFT BERDASARKAN JENISNYA


Forklift merupakan kendaraan yang berfungsi untuk memindahkan barang dengan beban dan kapasitas besar. Kendaraan ini sangat dibutuhkan terutama dalam kegiatan industri seperti di pabrik, pelabuhan, gudang dan sebagainya.


Namun, tahukah Anda seberapa besar kapasitas angkut forklift untuk keperluan bongkar muat barang? Hal ini perlu diketahui bagi pelaku industri agar tidak keliru saat penggunaan forklift.


baca juga: ini cara kerja forklift yang benar dan aman


Pengetahuan tentang kapasitas angkut forklift sangat penting disamping mengerti cara mengoperasikan truk garpu tersebut. Tentunya, jika forklift mengalami kelebihan muatan atau melebihi kapasitas daya angkutnya, maka fungsi kendaraan ini menjadi tidak efektif.


Terlebih lagi, beban yang tidak sesuai dengan kapasitas kendaraan dapat menyebabkan kerugian seperti waktu atau bahkan ancaman kecelakaan kerja.


Sebelum mengoperasikan forklift, ada baiknya Anda mengetahui kapasitas angkut forklift berdasarkan jenis forklift yang biasa digunakan. Berikut ada beberapa jenis forklift dan beban kapasitas angkut.


1. REACH TRUK

Reach Truck merupakan jenis forklift yang dapat digunakan untuk mengangkut atau memindahkan barang berkapasitas besar.


Reach Truk mampu mengangkut barang dengan kapasitas mencapai 2 Ton dan ketinggian angkat hingga 8 meter lebih saat bongkar muat. Dengan kemampuannya tersebut, kendaraan ini sangat ideal memindahkan barang sekaligus menatanya di atas tempat yang tinggi.


2. FORKLIFT DIESEL

Forklift diesel merupakan jenis forklift yang menggunakan solar sebagai bahan bakar. Forklift ini termasuk kendaraan angkut dengan kualitas baik karena dilengkapi sistem yang canggih dan modern.


Untuk kapasitas angkut forklift diesel sanggup memindahkan barang berkapasitas hingga 10 Ton dengan ketinggian mencapai 6 meter lebih saat bongkar muat. Selain itu, forklift ini dapat digunakan baik di dalam (indoor) maupun di luar ruangan (outdoor).


3. FORKLIFT LPG/GASOLINE

Sama seperti halnya Forklift diesel, Forklift LPG/Gasoline juga termasuk jenis forklift modern. Kendaraan ini memiliki kualitas cukup baik dan dilengkapi dengan sistem yang canggih.


Untuk kapasitas angkut forklift diesel sanggup memindahkan atau mengangkut barang berkapasitas 2 ton dengan ketinggian hingga 2 meter. Forklift diesel bisa digunakan di dalam atau luar ruangan.


4. FORKLIFT ELEKTRIK

Forklift elektrik merupakan jenis forklift yang menggunakan listrik sebagai tenaga penggerak. Forklift ini sanggup mengangkat beban barang dengan kapasitas hingga 5 Ton dan ketinggian mencapai 6 meter.


Kendaraan angkut ini bisa digunakan baik di dalam maupun luar ruangan. Kelebihan lain forklift elektrik dianggap lebih ramah lingkungan.



HINDARI KESALAHAN PENGGUNAAN FORKLIFT


Setelah Kita tahu bahwa setiap forklift memiliki kapasitas angkut yang berbeda, maka hal ini akan meminimalisir terjadinya kesalahan kerja di lapangan. Tentunya ketika forklift kelebihan muatan, tidak hanya mengancam jiwa sang operator mesin, tapi juga bisa merusak barang.


Anda tentu tidak mau setelah menyewa forklift tetapi malah merugi karena operator tidak cakap menggunakan forklift. Untuk itu, sopir forklift mesti menghindari kesalahan-kesalahan lain diantaranya, tak paham beban/kapasitas forklift, tak paham rute, ceroboh saat angkut muatan, lupa mengecek mesin, dan tidak disiplin.


Fungsi forklift sangat berperan besar dalam kegiatan usaha yang sedang berkembang saat ini seperti logistik, jasa pengiriman barang, dan sebagainya yang membutuhkan alat pengangkut barang.


Semua proses pemindahan akan menjadi lebih aman dan teratur dengan menggunakan forklift. Forklift sendiri memiliki beragam jenis termasuk berapa kapasitas beban angkut dan ketinggian angkat. Supaya tidak keliru saat menggunakan forklift Anda mesti cermat dengan menyesuaikan dengan kebutuhan. Pilihan forklift bisa Anda temukan di asheforklift.com.

Ashe Forklift menyediakan unit forklift dan hand pallet dengan kapasitas angkut forklift yang bervariasi dan mempunyai berbagai kapasitas mulai dari 2,5 ton sampai dengan 20 ton. Forklift yang dimiliki menggunakan kendaraan buatan Jepang dan Amerika yang kualitasnya tentu tidak diragukan lagi.

 

Our Locations

  • Facebook asheforklit
  • LinkedIn asheforklift
  • Instagram Asheforklift

GUNUNG PUTRI BOGOR
Jln. Raya Gunung Putri KM 6
Gunung Putri, Bogor, 16961
(Depan Jalan Cagak)
Phone: (021) 8686-2525, (021) 8686-2526
Fax: (021) 8686-2526

JAKARTA - TANGERANG SELATAN
Jln. Rawa Buntu Selatan No.21A
Serpong, Tangerang Selatan, Banten 15310
Phone: (021) 2966-2278(021) 2966-2279
Fax: (021) 2966-2279

JAKARTA - TANGERANG
Jln. Raya Gatot Subroto KM 5, RT001/RW001
Jatiuwung, Tangerang, Jawa Barat 15138
(Seberang R.M. Remaja Kuring)
Phone: (021) 5565-0606, (021) 5565-0608
Fax: (021) 5565-061

E-mail : Asheforklift@gmail.com

©2020 Asheforklift by Grow & Bless.