Cari

8 cara mengoperasikan Forklift yang benar

Forklift merupakan kendaraan berat yang berfungsi sebagai material handling untuk memindahkan barang. Cara mengoperasikan forklift tidaklah mudah. Dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan khusus untuk bisa mengoperasikan forklift tersebut dengan benar.


Sebetulnya, tidak semua orang paham bagaimana cara kerja forklift, hanya mereka yang terbiasa bekerja di bagian gudang atau pemindahan barang-barang bermuatan berat.

Bagi mereka yang berkecimpung di dunia logistik, mesin forklift tentu bukanlah sesuatu yang asing. Forklift atau lift truck sudah ada sejak lebih dari 100 tahun. Forklift dibuat pertama kali oleh Pennsylvania Railroad pada tahun 1906.



Berbentuk batery platform truck, Railroad kemudian digunakan untuk memindahkan barang. Seiring perkembangan waktu, bentuk dan kapasitas angkut forklift pun berkembang sehingga menjadi alat transportasi sekaligus mengangkat barang.


baca juga: Ini bagian dan fungsi forklift yang harus diketahui


CARA MENGOPERASIKAN FORKLIFT YANG BENAR


Jika Anda membeli atau menyewa forklift, maka Anda harus tahu bagaimana cara mengoperasikan forklift dengan benar.


Sebab, jika salah mengoperasikan akan berisiko terhadap keselamatan operator dan orang-orang yang ada di sekitar. Nah, ada beberapa hal yang wajib Anda tahu tentang cara mengoperasikan forklift yang benar.


1. CEK KONDISI FORKLIFT

Sebelum mengoperasikan forklift, sebaiknya Anda lebih dulu mengecek kondisi alat tersebut. Operator wajib melakukan pemeriksaan seperti pada komponen rem, kemudi, tiang, dan ban. Jika ada komponen yang rusak atau kurang berfungsi dengan baik, maka Anda harus memperbaikinya untuk memastikan semuanya aman.


2. GUNAKAN PERLENGKAPAN PELINDUNG DIRI

Memakai perlengkapan pelindung diri adalah hal yang wajib dilakukan oleh seorang operator forklift. Umumnya peralatan pelindung yang digunakan seperti helm, sepatu, dan jaket hi-visibilitas.


Seluruh perlengkapan tersebut harus pas dengan ukuran tubuh operator sehingga tidak dirasa kelonggaran atau kekecilan yang dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan kerja pada saat mengoperasikan forklift


3. OPERATOR HARUS TERLATIH

Cara mengoperasikan forklift yang benar tidak terlepas dari kemampuan operator. Oleh karena itu, operator mesti terlatih dengan baik dan memiliki lisensi untuk mengoperasikan forklift.



4. PERHATIKAN KONDISI SEKITAR

Sebelum menjalankan alat forklift, ada baiknya operator memperhatikan kondisi atau lingkungan di tempat bekerja. Yang pertama, operator wajib mengikuti pedoman yang ada.


Selain itu, perhatikan hal-hal lain seperti ketinggian aman dan beban lantai. Hal ini paling tidak mengurangi kesalahan akibat tingginya ban atau tiang saat memindahkan barang ke luar dan masuk gedung.


5. KEMUDIKAN DALAM KONDISI NYAMAN

Saat menoperasikan forklift, pastikan operator berada dalam posisi duduk yang benar dan nyaman di dalamnya. Hal ini akan membuat operator mampu menjangkau semua kontrol peralatan yang dibutuhkan.


Selanjutnya, pastikan operator juga menggunakan sabuk pengaman dan seluruh bagian tubuh berada dalam batas operator kabin.


6. PERHATIKAN TIANG FORKLIFT

Cara mengoperasikan forklift yang benar berikutnya adalah selalu memperhatikan tiang forklift. Hindari siapapun untuk berdiri atau berjalan di bawah beban saat forklift mengangkat barang. Hal ini berisiko menyebabkan cedera atau kematian ketika beban terjatuh.


7. GUNAKAN FORKLIFT DALAM KECEPATAN AMAN

Forklift sebagai alat berat mesti digunakan dengan kecepatan tertentu. Sebaiknya, forklift dikendarai tidak melewati batas kecepatan. Meminimalkan resiko tipping dengan mengambil sudut secara perlahan. Jika ingin berhenti atau mengubah arah forklift lakukan secara bertahap.


8. FORKLIFT HANYA UNTUK MENGANGKUT BARANG

Sebagai pemilik atau penyewa forklift mesti memahami bahwa forklift sedianya adalah kendaraan untuk mengangkut atau memindahkan barang. Maka dari itu, sebaiknya hindari membiarkan orang lain yang tidak berkepentingan naik ke dalam atau berada ditiang saat operator mengoperasikan forklift.

Baca juga: 5 hal yang wajib dihindari saat sewa forklift harian

 

Our Locations

  • Facebook asheforklit
  • LinkedIn asheforklift
  • Instagram Asheforklift

GUNUNG PUTRI BOGOR
Jln. Raya Gunung Putri KM 6
Gunung Putri, Bogor, 16961
(Depan Jalan Cagak)
Phone: (021) 8686-2525, (021) 8686-2526
Fax: (021) 8686-2526

JAKARTA - TANGERANG SELATAN
Jln. Rawa Buntu Selatan No.21A
Serpong, Tangerang Selatan, Banten 15310
Phone: (021) 2966-2278(021) 2966-2279
Fax: (021) 2966-2279

JAKARTA - TANGERANG
Jln. Raya Gatot Subroto KM 5, RT001/RW001
Jatiuwung, Tangerang, Jawa Barat 15138
(Seberang R.M. Remaja Kuring)
Phone: (021) 5565-0606, (021) 5565-0608
Fax: (021) 5565-061

E-mail : Asheforklift@gmail.com

©2020 Asheforklift by Grow & Bless.