Cari

Bagian dan Fungsi Forklift yang harus diketahui

INI BAGIAN DAN FUNGSI FORKLIFT YANG HARUS DIKETAHUI


Di era serba cepat dan modern ini kebutuhan kendaraan berat sebagai alat pengangkut barang memang sangat diperlukan. Aktivitas bongkar muat yang sering dilakukan di pergudangan ataupun pabrik-pabrik bukan lagi sekedar dilakukan oleh manusia tetapi juga dengan kendaraan seperti, Forklift.


Fungsi forklift tentu sangat banyak dan diandalkan dalam setiap aktivitas industri.

Sebenarnya, apa sih itu Forklift? Bagi sebagian orang yang belum pernah berkecimpung dalam kegiatan bongkar muat barang mungkin masih asing mendengar istilah Forklift.



Forklift merupakan alat bantu berupa kendaraan berat yang memiliki dua garpu pada bagian depan. Forklift atau yang sering disebut truk garpu umumnya tidak terpisahkan dengan bagian pallet sebagai penopang beban barang. Komponen pallet akan mempermudah forklift untuk mengangkat barang berkapasitas besar.


baca juga: 5 hal tentang kapasitas forklift berdasarkan jenisnya.


FUNGSI DAN KEGUNAAN FORKLIFT


Sebagai kendaraan yang mirip dengan “buldoser” mini, forklift memiliki fungsinya sendiri. Fungsi forklift sangat membantu proses aktivitas bongkar muat barang seperti halnya di pelabuhan, pabrik, gudang, dan sebagainya.


Jelas sekali bahwa keberadaan forklift akan memudahkan kegiatan operasional serta menghemat waktu kerja. Di samping itu, kendaraan ini juga akan mengurangi beban yang menguras tenaga manusia.


Bayangkan, jika sebuah barang dengan kapasitas beban berton-ton harus dipindahkan dengan tangan. Hal ini tentu sangat sulit dan pasti membutuhkan alat berat yang berbentuk kecil dan fleksibel seperti forklift.

Di samping mengangkut barang, kegunaan forklift yang lain adalah untuk menurunkan atau menaikkan barang berat ke rak-rak yang berukuran tinggi.


Forklift akan berguna pula untuk menyusun barang-barang berat tersebut ke rak-rak yang telah disediakan sehingga dalam posisi beraturan. Pada umumnya forklift berukuran kecil sehingga mobilitas penggunaannya cukup baik. Alat transportasi kecil ini mampu bergerak cepat dan luwes di jalan yang sempit.


CARA KERJA FORKLIFT YANG BENAR


Setelah Kita tahu fungsi forklift itu sendiri, maka Kita mesti paham juga tentang cara kerja Forklift. Karena mengoperasikan Forklift tentu berbeda dengan kendaraan bermotor lain.


Maka, pengoperasian tidak boleh asal-asalan sebab fungsinya sangat vital untuk mengangkat beban barang berkapasitas besar.



Pada forklift terdapat fork dan mast yang terpasang di kerangka (backrest). Di mana fork assembly terikat pada salah satu ujung rantai dan beam tiang penyokong (outer mast). Rantai itu akan bergerak sepanjang puli (wheel) pada ujung atas batang torak di lift silinder

Puli berputar karena adanya tekanan fluida di lift silinder sehingga salah satu ujung yang terikat tertarik.


Gaya tarik yang ditimbulkan rantai inilah membuat backrest dan fork terangkat hingga tinggi maksimal tiga meter


Agar forklift bisa berfungsi secara stabil, operator forklift haruslah bisa menemukan titik load center. Semakin dekat barang tersebut ke pusat gravitasi forklift, maka mesin forklift akan makin stabil pula.


CERMAT MEMILIH FORKLIFT

Dengan kata lain, fungsi forklift cukup bermanfaat dalam kegiatan usaha yang sedang berkembang saat ini seperti logistik, jasa pengiriman barang, dan sebagainya yang membutuhkan alat pengangkut barang.


Semua proses pemindahan akan menjadi lebih aman dan teratur dengan menggunakan forklift. Forklift sendiri memiliki beragam jenis termasuk berapa kapasitas beban angkut dan ketinggian angkat. Saat berniat menggunakan forklift Anda mesti cermat dan menyesuaikan dengan kebutuhan. Pilihan forklift bisa Anda temukan di asheforklift.com.

Ashe Forklift menyediakan unit forklift dan hand pallet dengan daya angkat yang bervariasi dan mempunyai berbagai kapasitas mulai dari 2,5 ton sampai dengan 20 ton. Forklift yang dimiliki menggunakan kendaraan buatan Jepang dan Amerika yang kualitasnya tentu tidak diragukan lagi.


baca juga: 5 tips perawatan yang wajib dilakukan pemilik rental forklift

 

Our Locations

  • Facebook asheforklit
  • LinkedIn asheforklift
  • Instagram Asheforklift

GUNUNG PUTRI BOGOR
Jln. Raya Gunung Putri KM 6
Gunung Putri, Bogor, 16961
(Depan Jalan Cagak)
Phone: (021) 8686-2525, (021) 8686-2526
Fax: (021) 8686-2526

JAKARTA - TANGERANG SELATAN
Jln. Rawa Buntu Selatan No.21A
Serpong, Tangerang Selatan, Banten 15310
Phone: (021) 2966-2278(021) 2966-2279
Fax: (021) 2966-2279

JAKARTA - TANGERANG
Jln. Raya Gatot Subroto KM 5, RT001/RW001
Jatiuwung, Tangerang, Jawa Barat 15138
(Seberang R.M. Remaja Kuring)
Phone: (021) 5565-0606, (021) 5565-0608
Fax: (021) 5565-061

E-mail : Asheforklift@gmail.com

©2020 Asheforklift by Grow & Bless.