Cari

Seperti ini cara kerja Hand Pallet Hidrolik

Hand pallet adalah komponen material handling yang berfungsi memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan beban tertentu. Sama seperti forklift, hand pallet juga menjadi alat yang sangat penting dalam membantu proses aktivitas bongkar muat barang.


Cara kerja hand pallet sendiri umumnya menggunakan sistem hidrolik atau sistem hand pallet elektrik.


Dalam kegiatan industri, hand pallet sebenarnya sudah sering digunakan di berbagai tempat seperti di pabrik, gudang, supermarket atau pelabuhan. Alat ini cukup efektif penggunaannya jika perusahaan memiliki area penyimpanan barang yang tidak terlalu luas.


Sebagai contoh, hand pallet biasa dipakai untuk keperluan memindahkan stok barang ke gudang atau ke rak-rak yang ada di supermarket.



baca juga: cara kerja forklift yang benar dan aman


CARA KERJA HAND PALLET


Perlu diketahui kalau sistem kerja hand pallet dibantu oleh dua bilah tiang besi sebagai titik tumpu beban. Besi ini berfungsi untuk mengangkat atau memindahkan barang. Hand pallet memiliki ketinggian angkat mulai dari 20 cm hingga 100 cm.


Untuk ketinggian tiang besi juga dapat diatur dengan posisi gagang yang ergonomis sehingga hand pallet dapat bekerja secara efektif dan efisien.


Sistem pengangkatan pada hand pallet sendiri sebenarnya terdapat dua jenis yaitu hidrolik dan elektrik. Dari bentuk dan bahan, hand pallet memiliki jenis lain seperti hand pallet roll, hand pallet stainless steel, dan hand pallet scissor.


Untuk hand pallet hidrolik, sistem kerjanya membutuhkan pump unit sebagai sirkulasi aliran hidrolik. Sistem hidrolik ini memungkinkan hand pallet mampu mengangkat barang dengan kapasitas beban mencapai 1 ton lebih.


Hal ini pun tergantung dengan spesifikasi dan jenis hand pallet yang digunakan. Dengan bentuknya yang kecil (portable) ini cara kerja hand pallet hidrolik lebih fleksibel dan banyak digunakan oleh perusahaan untuk mendukung kegiatan operasional seperti di pabrik, gedung, ataupun supermarket.

CARA MERAWAT HAND PALLET


Kalau tadi sudah dijelaskan mengenai cara kerja hand pallet hidrolik, maka Anda harus tahu bagaimana cara merawat hand pallet tersebut. Setiap material handling tentu memiliki masa pakai.


Sebagus dan sekuat apapun sebuah alat pasti akan mengalami kerusakan yang bisa disebabkan karena faktor pemakaian atau umur alat yang sudah tua. Hal ini jika tidak diketahui dapat berisiko mengakibatkan kecelakaan kerja.



Oleh karena itu, berikut ada beberapa tips merawat hand pallet supaya tetap menjaga ketahanan fungsinya.

1. GUNAKAN SESUAI KAPASITAS

Tips pertama merawat hand pallet yaitu dengan menggunakannya sesuai kapasitas yang sudah ditentukan. Jika Anda menggunakan hand pallet melebihi kapasitasnya, maka dapat berisiko membuat bagian piston silinder bengkok atau patah.

2. SELALU MENJAGA KEBERSIHAN

Bersihkan bagian dongkrak hand pallet dari kotoran secara berkala. Hal ini sangatlah penting untuk menghindari kerusakan pada bagian seal piston.

3. CEK OLI HIDROLIK

Cara merawat hand pallet hidrolik selanjutnya adalah dengan mengecek kondisi oli hidrolik secara berkala. Hal ini tentu mempengaruhi cara kerja hand pallet hidrolik saat digunakan. Diharuskan segera mengisi oli baru jika warna oli memang telah berubah atau sudah habis.

4. PERBAIKI JIKA MENGALAMI MASALAH

Jika hand pallet dirasa tidak bekerja secara maksimal atau mengalami gangguan, segera lakukan periksa dan lakukan perbaikan. Hal ini sangat penting untuk menjaga keamanan kerja.


CV ashe Forklift selain menyediakan sewa hand pallet, kami juga menyediakan sewa forklift harian yang tentunya diperlengkapi dengan tenaga operator yang profesional. Kapasitas angkut forklift yang kami sediakan bervariasi mulai dari 2,5 ton sampai dengan 20 ton.


baca juga: 8 cara mengoperasikan forklift yang benar

 

Our Locations

  • Facebook asheforklit
  • LinkedIn asheforklift
  • Instagram Asheforklift

GUNUNG PUTRI BOGOR
Jln. Raya Gunung Putri KM 6
Gunung Putri, Bogor, 16961
(Depan Jalan Cagak)
Phone: (021) 8686-2525, (021) 8686-2526
Fax: (021) 8686-2526

JAKARTA - TANGERANG SELATAN
Jln. Rawa Buntu Selatan No.21A
Serpong, Tangerang Selatan, Banten 15310
Phone: (021) 2966-2278(021) 2966-2279
Fax: (021) 2966-2279

JAKARTA - TANGERANG
Jln. Raya Gatot Subroto KM 5, RT001/RW001
Jatiuwung, Tangerang, Jawa Barat 15138
(Seberang R.M. Remaja Kuring)
Phone: (021) 5565-0606, (021) 5565-0608
Fax: (021) 5565-061

E-mail : Asheforklift@gmail.com

©2020 Asheforklift by Grow & Bless.