top of page

WAJIB TAHU - INI CARA KERJA FORKLIFT YANG BENAR DAN AMAN

Diperbarui: 20 Jan 2021

WAJIB TAHU! INI CARA KERJA FORKLIFT YANG BENAR DAN AMAN


Mesin forklift tentunya bukanlah sesuatu yang asing bagi mereka yang berkecimpung di dunia logistik. Kerap disebut sebagai lift truck, forklift memang berfungsi sebagai material handling untuk memindahkan barang. Meskipun perkembangan dunia logistik sangat pesat, sebetulnya tak semua orang cukup paham bagaimana cara kerja forklift yang tepat.

cara kerja forklift

JENIS TRANSMISI PADA FORKLIFT


Tidak banyak yang tahu kalau sebetulnya sejarah forklift sudah begitu panjang dan lebih dari 100 tahun. Mesin ini ternyata ditemukan untuk kali pertama pada tahun 1906 oleh Pennsylvania Railroad dalam bentuk batery platform truck untuk memindahkan barang.


Tahun terus berlalu, forklift pun terus berkembang hingga menjadi alat transportasi sekaligus mengangkat benda.


Bahkan saat ini sudah ada dua jenis transmisi pada forklift yakni matic (otomatis) dan manual (gigi). Supaya bisa menerapkan cara kerja forklift yang tepat, ada baiknya Anda tahu ulasan singkat kedua jenis transmisinya:

Forklift Matic

Menggunakan tenaga baterai atau aki dan memiliki lima tuas handle. Biasanya digunakan di perusahaan produsen bahan makanan/minuman dan garment. Pedal bawah berfungsi sebagai rem dan kopling

Forklift Manual

Menggunakan bahan bakar solar dan memiliki tiga tuas handle dengan tuas di bagian tengah adalah perseneling (gigi). Forklift manual tidak mempunyai tuas maju mundur dan geser seperti forklift matic.


Lantaran menggunakan solar, forklift manual lebih sering digunakan di luar ruangan dan berukuran besar dengan tiga pedal.



Kendati ada dua jenis transmisi berbeda, pada dasarnya bagian-bagian forklift sama. Dimulai dari fork sebagai penopang mengangkat barang yang berbentuk seperti garpu raksasa, lalu carriage sebagai sandaran barang, mast yang merupakan dua buah besi tebal yang terkait dengan sistem hidrolik pada forklift, dan terakhir adalah overhead guard sebagai pelindung sopir forklift.

jenis cara kerja forklift

AMAN PAKAI FORKLIFT DENGAN BENAR


Banyak operator mesin forklift yang berpendapat bahwa mengoperasikan forklift itu tidak berbeda dengan menjalankan kendaraan bermotor.


Apa itu benar? Maka Anda harus tahu penjelasan cara kerja forklift berikut ini:

  1. Pada forklift terdapat fork dan mast yang terpasang di kerangka (backrest). Di mana fork assembly terikat pada salah satu ujung rantai dan beam tiang penyokong (outer mast). Rantai itu akan bergerak sepanjang puli (wheel) pada ujung atas batang torak di lift silinder

  2. Puli berputar karena adanya tekanan fluida di lift silinder sehingga salah satu ujung yang terikat tertarik. Gaya tarik yang ditimbulkan rantai inilah membuat backrest dan fork terangkat hingga tinggi maksimal tiga meter

Agar forklift bisa dioperasikan secara stabil dan tidak kehilangan keseimbangan, operator forklift haruslah bisa menemukan titik load center.


Di mana jika Anda memahami betul cara kerja forklift secara benar, maka artinya semakin dekat barang tersebut ke pusat gravitasi forklift, maka mesin forklift akan makin stabil pula.


CV. ASHE FORKLIFT


Ingin sewa forklift? Ashe Forklift siap membantu Anda. Ashe Forklift menyediakan unit forklift dan hand pallet dengan daya angkat yang bervariasi dan mempunyai berbagai kapasitas angkut forklift dari 2,5 ton sampai dengan 25 ton.


Forklift yang Kami miliki menggunakan kendaraan buatan Jepang dan Amerika yang kualitasnya tentu tidak diragukan lagi.


CV Ashe Forklift adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penyewaan dan rental forklift dengan pengalaman lebih dari 30 tahun yang menjadikan kami sebagai jajaran perusahaan jasa terpercaya di Indonesia. Kami sudah bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan besar baik nasional maupun internasional.


CV Ashe Forklift memiliki tenaga kerja dan operator pilihan yang selalu mengutamakan kualitas pelayanan profesional, responsif dan optimal. Selain itu, kami mempunyai keunggulan pada unit kami yang selalu terawat untuk membangun rasa aman bagi pelanggan-pelanggan kami.

1.153 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
Post: Blog2_Post
bottom of page