Cari

6 Bagian Penting Pada Forklift Diesel

Diperbarui: 21 jam yang lalu

INI 6 BAGIAN PENTING PADA FORKLIFT DIESEL


Forklift merupakan alat bantu berupa kendaraan untuk mengangkat atau memindahkan barang-barang dengan beban berat. Selain berfungsi sebagai material handling untuk memindahkan barang, Forklift atau truk garpu sering juga disebut sebagai kendaraan industri yang berfungsi menjadi alat transportasi jarak pendek.


Dalam dunia industri, ada berbagai jenis forklift yang biasanya dipakai, salah satunya adalah forklift diesel.


Forklift diesel merupakan jenis forklift yang menggunakan solar sebagai bahan bakar penggerak. Selain itu, forklift diesel juga memiliki keunggulan seperti hemat pemakaian bahan bakar sehingga meminimalisir beban biaya produksi yang harus dikeluarkan perusahaan.



Keuntungan lain menggunakan forklift diesel adalah truk memiliki radius putar kecil sehingga dapat leluasa bergerak atau berputar. Soal kecepatan pun tidak perlu diragukan. forklift ini mampu berjalan ataupun mengangkat beban dengan cukup cepat.


baca juga : Ini cara kerja forklift yang benar dan aman


Selain memiliki banyak manfaat kegiatan industri, tidak ada salahnya kalau Kita mengetahui bagian-bagian forklift diesel. Bagi penyewa atau pemilik forklift tentu penting mengetahui apa saja komponen yang ada di forklift tersebut supaya dapat menjaga performa forklift dan mencegahnya dari kerusakan.


Secara Garis besar terdapat 6 Komponen Utama Forklift Diesel :

  1. Mesin Penggerak sebagai penggerak utama pada sistem transmisi, sistem brake, sistem hidrolik, steering dan lainnya.

  2. Counterbalance atau counterweight yang berfungsi sebagai penyeimbang beban forklift supaya tetap stabil.

  3. Mast, merupakan bagian berbentuk dua buah besi tebal. Mast sangat erat fungsinya dalam sistem hidrolik untuk melakukan tilting dan lifting.

  4. Kabin atau Overhead Guard berfungsi sebagai atau pelindung operator saat mengoperasikan Forklift

  5. Garpu atau Fork merupakan bagian utama dari forklift yang berfungsi menopang dan membawa barang

  6. Wheel atau ban, Umumnya ban forklift memiliki dua jenis yaitu ban angin (pneumatic wheel) dan ban Solid (Solid Wheel)


photo by harga-forklift.com

1. Mesin Penggerak

Mesin adalah bagian yang mengubah energi menjadi gerak. Dalam hal ini, mesin forklift diesel berfungsi sebagai penggerak utama pada sistem transmisi, sistem brake, sistem hidrolik, steering dan lainnya.


Karena berfungsi menggerakan banyak komponen, kondisi mesin haruslah diperhatikan supaya tetap prima. Seperti halnya kendaraan lain, ada beberapa perawatan yang mesti dilakukan untuk menjaga performa mesin diantaranya, penggantian oli mesin, filter oli, fuel filter, dan air filter.


2. Counterbalance atau Counterweight

Counterbalance merupakan salah satu bagian yang letaknya berada di posisi belakang forklift. Counterbalance berfungsi sebagai penyeimbang beban forklift supaya tetap stabil.


3. Mast

Mast merupakan unsur penting dalam sistem angkat forklift. Mast merupakan bagian berbentuk dua buah besi tebal. Mast sangat erat fungsinya dalam sistem hidrolik untuk melakukan tilting dan lifting.


Mast sendiri memiliki jangkauan lifting mulai dari 3 meter sampai 6 meter. Beberapa tipe mast diantaranya two stage mast, three stage mast, dan full free lift mast.


4. Kabin atau Overhead Guard

Keberadaan overhead guard sangat penting pada forklift. Overhead guard berfungsi sebagai atap atau pelindung operator saat mengoperasikan forklift. Bagian ini akan melindungi operator saat mengangkat barang sehingga tidak langsung mengenai operator tersebut.


Overhead guard umumnya dibuat dari besi atau material yang sangat kokoh sehingga tidak mudah retak atau hancur. Bagian ini sangat penting terdapat pada forklift untuk menghindari kecelakaan kerja atau sinar matahari.


5. Garpu atau Fork

Fork atau garpu merupakan bagian utama dari forklift yang berfungsi menopang dan membawa barang. Fork sendiri berbentuk besi panjang lurus berkisar 1070 mm yang selalu ada pada bagian depan truk.


Meletakkan barang di atas fork mesti berhati-hati, jika panjangnya kurang mencukupi, maka bisa dipasang fork extension untuk menopang beban barang.


6. Wheel atau Ban

Wheel atau ban adalah bagian penting dari forklift. Umumnya, ban forklift memiliki dua jenis yaitu ban angin (pneumatic wheel) dan ban Solid (Solid Wheel). Ban Solid ini biasanya digunakan di medan yang lebih berat sedangkan untuk medan yang lebih ringan biasanya digunakan ban yang diisi oleh angin. Forklift sendiri menggunakan dua ban pada bagian depan dan dua ban di bagian belakang.


Ban bagian depan forklift biasanya berukuran lebih besar karena menjadi tumpuan dari beban barang yang diangkat.


Forklift diesel umumnya sering digunakan oleh dunia industri untuk aktivitas bongkar muat. Forklift sendiri memiliki beragam jenis termasuk berapa kapasitas angkut forklift dan ketinggian angkat forklift


Saat berniat menggunakan forklift Anda mesti cermat dan menyesuaikan dengan kebutuhan. Pilihan forklift bisa Anda temukan di asheforklift.com.

Ashe Forklift menyediakan unit forklift dan hand pallet dengan daya angkat yang bervariasi dan mempunyai berbagai kapasitas mulai dari 2,5 ton sampai dengan 20 ton. Forklift yang dimiliki menggunakan kendaraan buatan Jepang dan Amerika yang kualitasnya tentu tidak diragukan lagi.

 

Our Locations

  • Facebook asheforklit
  • LinkedIn asheforklift
  • Instagram Asheforklift

GUNUNG PUTRI BOGOR
Jln. Raya Gunung Putri KM 6
Gunung Putri, Bogor, 16961
(Depan Jalan Cagak)
Phone: (021) 8686-2525, (021) 8686-2526
Fax: (021) 8686-2526

JAKARTA - TANGERANG SELATAN
Jln. Rawa Buntu Selatan No.21A
Serpong, Tangerang Selatan, Banten 15310
Phone: (021) 2966-2278(021) 2966-2279
Fax: (021) 2966-2279

JAKARTA - TANGERANG
Jln. Raya Gatot Subroto KM 5, RT001/RW001
Jatiuwung, Tangerang, Jawa Barat 15138
(Seberang R.M. Remaja Kuring)
Phone: (021) 5565-0606, (021) 5565-0608
Fax: (021) 5565-061

E-mail : Asheforklift@gmail.com

©2020 Asheforklift by Grow & Bless.