top of page

6 Bagian Penting Pada Forklift Diesel

Diperbarui: 20 Jan 2021

INI 6 BAGIAN PENTING PADA FORKLIFT DIESEL


Forklift merupakan alat bantu berupa kendaraan untuk mengangkat atau memindahkan barang-barang dengan beban berat. Selain berfungsi sebagai material handling untuk memindahkan barang, Forklift atau truk garpu sering juga disebut sebagai kendaraan industri yang berfungsi menjadi alat transportasi jarak pendek.


Dalam dunia industri, ada berbagai jenis forklift yang biasanya dipakai, salah satunya adalah forklift diesel.


Forklift diesel merupakan jenis forklift yang menggunakan solar sebagai bahan bakar penggerak. Selain itu, forklift diesel juga memiliki keunggulan seperti hemat pemakaian bahan bakar sehingga meminimalisir beban biaya produksi yang harus dikeluarkan perusahaan.


fork truck sedang bekerja

Keuntungan lain menggunakan forklift diesel adalah truk memiliki radius putar kecil sehingga dapat leluasa bergerak atau berputar. Soal kecepatan pun tidak perlu diragukan. forklift ini mampu berjalan ataupun mengangkat beban dengan cukup cepat.



Selain memiliki banyak manfaat kegiatan industri, tidak ada salahnya kalau Kita mengetahui bagian-bagian forklift diesel. Bagi penyewa atau pemilik forklift tentu penting mengetahui apa saja komponen yang ada di forklift tersebut supaya dapat menjaga performa forklift dan mencegahnya dari kerusakan.


Secara Garis besar terdapat 6 Komponen Utama Forklift Diesel :

  1. Mesin Penggerak sebagai penggerak utama pada sistem transmisi, sistem brake, sistem hidrolik, steering dan lainnya.

  2. Counterbalance atau counterweight yang berfungsi sebagai penyeimbang beban forklift supaya tetap stabil.

  3. Mast, merupakan bagian berbentuk dua buah besi tebal. Mast sangat erat fungsinya dalam sistem hidrolik untuk melakukan tilting dan lifting.

  4. Kabin atau Overhead Guard berfungsi sebagai atau pelindung operator saat mengoperasikan Forklift

  5. Garpu atau Fork merupakan bagian utama dari forklift yang berfungsi menopang dan membawa barang

  6. Wheel atau ban, Umumnya ban forklift memiliki dua jenis yaitu ban angin (pneumatic wheel) dan ban Solid (Solid Wheel)


komponen utama mesin forklift
photo by harga-forklift.com

1. Mesin Penggerak

Mesin adalah bagian yang mengubah energi menjadi gerak. Dalam hal ini, mesin forklift diesel berfungsi sebagai penggerak utama pada sistem transmisi, sistem brake, sistem hidrolik, steering dan lainnya.


Karena berfungsi menggerakan banyak komponen, kondisi mesin haruslah diperhatikan supaya tetap prima. Seperti halnya kendaraan lain, ada beberapa perawatan yang mesti dilakukan untuk menjaga performa mesin diantaranya, penggantian oli mesin, filter oli, fuel filter, dan air filter.


2. Counterbalance atau Counterweight

Counterbalance merupakan salah satu bagian yang letaknya berada di posisi belakang forklift. Counterbalance berfungsi sebagai penyeimbang beban forklift supaya tetap stabil.


3. Mast

Mast merupakan unsur penting dalam sistem angkat forklift. Mast merupakan bagian berbentuk dua buah besi tebal. Mast sangat erat fungsinya dalam sistem hidrolik untuk melakukan tilting dan lifting.


Mast sendiri memiliki jangkauan lifting mulai dari 3 meter sampai 6 meter. Beberapa tipe mast diantaranya two stage mast, three stage mast, dan full free lift mast.


4. Kabin atau Overhead Guard

Keberadaan overhead guard sangat penting pada forklift. Overhead guard berfungsi sebagai atap atau pelindung operator saat mengoperasikan forklift. Bagian ini akan melindungi operator saat mengangkat barang sehingga tidak langsung mengenai operator tersebut.


Overhead guard umumnya dibuat dari besi atau material yang sangat kokoh sehingga tidak mudah retak atau hancur. Bagian ini sangat penting terdapat pada forklift untuk menghindari kecelakaan kerja atau sinar matahari.


5. Garpu atau Fork

Fork atau garpu merupakan bagian utama dari forklift yang berfungsi menopang dan membawa barang. Fork sendiri berbentuk besi panjang lurus berkisar 1070 mm yang selalu ada pada bagian depan truk.


Meletakkan barang di atas fork mesti berhati-hati, jika panjangnya kurang mencukupi, maka bisa dipasang fork extension untuk menopang beban barang.


6. Wheel atau Ban

Wheel atau ban adalah bagian penting dari forklift. Umumnya, ban forklift memiliki dua jenis yaitu ban angin (pneumatic wheel) dan ban Solid (Solid Wheel). Ban Solid ini biasanya digunakan di medan yang lebih berat sedangkan untuk medan yang lebih ringan biasanya digunakan ban yang diisi oleh angin. Forklift sendiri menggunakan dua ban pada bagian depan dan dua ban di bagian belakang.


Ban bagian depan forklift biasanya berukuran lebih besar karena menjadi tumpuan dari beban barang yang diangkat.

operator sendang menggerakan lift truck

Forklift diesel umumnya sering digunakan oleh dunia industri untuk aktivitas bongkar muat. Forklift sendiri memiliki beragam jenis termasuk berapa kapasitas angkut forklift dan ketinggian angkat forklift


Saat berniat menggunakan forklift Anda mesti cermat dan menyesuaikan dengan kebutuhan. Pilihan forklift bisa Anda temukan di asheforklift.com. Kami menyediakan sewa Forklift untuk area Tangerang, Jakarta dan Bogor.

Ashe Forklift menyediakan unit forklift dan hand pallet dengan daya angkat yang bervariasi dan mempunyai berbagai kapasitas mulai dari 2,5 ton sampai dengan 20 ton. Forklift yang dimiliki menggunakan kendaraan buatan Jepang dan Amerika yang kualitasnya tentu tidak diragukan lagi.

2.213 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
Post: Blog2_Post
bottom of page