Cari

5 Tips Perawatan yang Wajib dilakukan pemilik Rental Forklift


5 TIPS PERAWATAN YANG WAJIB DILAKUKAN PEMILIK RENTAL FORKLIFT


Menggeliatnya bisnis logistik dan pergudangan meskipun tengah dalam pandemi Covid-19, membawa berkah tersendiri bagi pemilik rental forklift. Karena seperti yang diketahui bersama, logistik memperoleh banyak sekali permintaan pengiriman barang melalui platform-platform marketplace yang total transaksinya melonjak tinggi selama wabah corona.


Demi memenuhi kebutuhan pergudangan, jelas dibutuhkan forklift yang bisa dengan mudah melakukan bongkar-muat. Namun karena tidak semua pelaku bisnis logistik memiliki forklift, dipilihkan jasa rental forklift. Tentunya dengan terus meningkatnya kebutuhan akan sewa-menyewa forklift, setiap pemilik bisnis persewaan ini harus melakukan perawatan mesin dengan maksimal.



baca juga: Wajib Tahu - Cara kerja forklift yang benar dan aman.


Karena memang bagaimanapun juga, agar forklift bisa melakukan kegiatan bongkar-muat dengan baik, seluruh komponennya harus dirawat. Seperti apa cara merawat forklift yang tepat? Berikut 5 tips yang wajib dilakukan oleh pemilik rental forklift yang bisa dicoba:

  1. Rutin Olesi Minyak

  2. Periksa Bahan Bakar dan Cairan

  3. Aki Forklift Harus Dicek

  4. Panel Instrumen harus berfungsi

  5. Lihat Kondisi ban Forklift

1. RUTIN OLESI MINYAK

Seperti yang diketahui, pada mesin forklift ada bagian yang terus bergerak seperti pedal untuk menahan fork di bagian depan. Lantaran fork ini berfungsi dalam mengangkat dan memindahkan muatan, usahakan sendi-sendi mesin tidak boleh kering. Sehingga Anda harus rutin mengolesi bagian ini dengan minyak agar kinerja forklift tidak macet.


2. PERIKSA BAHAN BAKAR DAN CAIRAN

Sama halnya seperti kendaraan bermotor, forklift juga membutuhkan bahan bakar untuk bergerak yang harus dicek terus kondisinya. Bukan hanya itu, Anda pun harus memeriksa kondisi cairan lain pada mesin seperti cairan hidrolik, cairan transmisi, cairan pendingin dan tentunya oli supaya tidak kehabisan. Secara rutin, tiap sebulan sekali Anda wajib ganti oli mesin.

3. AKI FORKLIFT HARUS DICEK

Anda menyewakan forklift matic pada rental forklift yang dikelola? Maka harus rajin mengecek kondisi aki. Pastikan aki atau baterai ini terisi penuh sebelum pemakaian, sehingga tidak membahayakan operator. Karena forklift yang mendadak kehabisan tenaga, bisa saja tumbang secara mendadak karena tidak mampu menahan beban muatan atau tidak jalan.

4. PANEL INSTRUMEN HARUS BERFUNGSI

Panel instrumen memegang peran penting pada mesin forklift karena berfungsi memperlihatkan sinyal saat ada bagian mesin yang bermasalah. Untuk itulah agar mengetahui apakah kondisi forklift sedang baik-baik saja, pastikan pandel instrumen ini berfungsi dengan baik.

5. LIHAT KONDISI BAN FORKLIFT

Tak berbeda jauh dengan kendaraan bermotor, ban pada mesin forklift juga menjadi salah satu komponen yang wajib dirawat dan diperhatikan. Anda harus memastikan jika tekanan udara seluruh ban forklift terisi dengan seimbang, agar forklift mampu membawa muatan dalam kondisi stabil. Jika perlu terapkan jadwal sebulan sekali untuk mengecek kondisi ban.


Jika Anda melakukan tips-tips di atas secara rutin dan tepat, tentu rental forklift yang dikelola jelas bakal jadi pilihan banyak orang. Karena bagaimanapun juga, pelaku bisnis logistik hanya mau menggunakan forklift yang benar-benar berkualitas supaya proses bongkar-muat bisa berjalan maksimal dan sesuai rencana.


baca juga : Ini bagian dan fungsi Forklift yang harus diketahui

CV. ASHE FORKLIFT


Ingin sewa forklift harian? Ashe Forklift siap membantu Anda. Ashe Forklift menyediakan unit forklift dan hand pallet dengan daya angkat yang bervariasi dan mempunyai berbagai kapasitas angkut forklift dari 2,5 ton sampai dengan 20 ton.



Forklift yang Kami miliki menggunakan kendaraan buatan Jepang dan Amerika yang kualitasnya tentu tidak diragukan lagi.


CV Ashe Forklift adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penyewaan dan rental forklift dengan pengalaman lebih dari 30 tahun yang menjadikan kami sebagai jajaran perusahaan jasa terpercaya di Indonesia. Kami sudah bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan besar baik nasional maupun internasional.

 

Our Locations

  • Facebook asheforklit
  • LinkedIn asheforklift
  • Instagram Asheforklift

GUNUNG PUTRI BOGOR
Jln. Raya Gunung Putri KM 6
Gunung Putri, Bogor, 16961
(Depan Jalan Cagak)
Phone: (021) 8686-2525, (021) 8686-2526
Fax: (021) 8686-2526

JAKARTA - TANGERANG SELATAN
Jln. Rawa Buntu Selatan No.21A
Serpong, Tangerang Selatan, Banten 15310
Phone: (021) 2966-2278(021) 2966-2279
Fax: (021) 2966-2279

JAKARTA - TANGERANG
Jln. Raya Gatot Subroto KM 5, RT001/RW001
Jatiuwung, Tangerang, Jawa Barat 15138
(Seberang R.M. Remaja Kuring)
Phone: (021) 5565-0606, (021) 5565-0608
Fax: (021) 5565-061

E-mail : Asheforklift@gmail.com

©2020 Asheforklift by Grow & Bless.