Mengenal Tentang Troli Barang Berat dan Manfaatnya

Hampir semua industri membutuhkan alat untuk material handling. Material handling adalah proses yang meliputi semua pergerakan, pengaturan, dan penyimpanan benda baik di gudang maupun pabrik dengan aman. Proses ini mustahil dilakukan manusia tanpa menggunakan bantuan alat berat mengingat barang ada yang berukuran besar dan berat. Alat yang biasanya digunakan untuk material handling adalah troli barang berat.


Seperti namanya, troli barang berat ini merupakan alat yang dilengkapi dengan roda dan juga tuas pengangkat untuk memudahkan proses pemindahan dan penyimpanan barang. Ada banyak jenis troli untuk memindahkan barang berat seperti dalam penjelasan ini.


Mengenal Tentang Troli Barang Berat dan Manfaatnya

Manfaat menggunakan troli barang berat

Kegunaan troli untuk memindahkan barang ini tidak bisa digantikan dengan alat berat yang lain. Hal ini karena troli mempunyai fitur khusus yang memang difungsikan untuk memudahkan pemindahan barang dengan aman. Selain itu, ada banyak barang yang membutuhkan penanganan khusus sehingga harus menggunakan troli.


Berikut ini beberapa manfaat menggunakan troli khusus barang berat.

1. Keamanan

Pada pekerjaan yang berhubungan dengan mengangkat dan memindahkan barang, keamanan barang dan juga pekerja tidak bisa dianggap remeh. Menggunakan alat yang tepat untuk aktivitas dalam industri yang aman dan tidak menyebabkan kecelakaan bagi pekerja.

2. Produktivitas

Troli dan alat sejenisnya didesain sedemikian rupa untuk meminimalkan kecelakaan saat kerja dan meningkatkan produktivitas. Ada banyak jenis troli pengangkut yang bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan yang berbeda. Sehingga pekerjaan bisa diselesaikan dengan cepat dan tanpa kecelakaan.

3. Perlindungan

Selain perlindungan untuk pekerja, troli pengangkut juga sudah dibuat untuk melindungi barang terutama barang dengan bentuk yang acak. Memindahkan barang tentu harus hati-hati agar tidak terjatuh, rusak, ataupun terkontaminasi dengan barang lain. Oleh karena itu menggunakan troli pengangkat bisa memastikan keamanannya.

4. Efisien

Meskipun besar namun area gudang atau pabrik tentu sudah ada fungsinya masing-masing. Memilih troli pengangkut dengan ukuran yang pas tidak membutuhkan banyak ruangan untuk penyimpanan sehingga area gudang atau pabrik bisa maksimal untuk penyimpanan atau produksi.


Jenis troli barang berat

Ada banyak jenis trolley barang berat yang biasa digunakan di gudang atau pabrik. Troli dipilih sesuai dengan fungsinya dan juga kebutuhan di lapangan. Berikut ini beberapa jenis trolley yang biasa digunakan di gudang atau pabrik.

1. Hand pallet

Hand pallet adalah material handling yang difungsikan untuk mengangkat barang dengan lebih mudah, hemat waktu dan efisien. Alat ini dilengkapi dengan empat roda kecil, satu buah kemudi, dan juga 2 garis yang digunakan untuk memindahkan barang. Roda pada hand pallet ini mengurangi beban ketika memindahkan barang sehingga bisa digunakan untuk mengangkut barang dengan beban puluhan kilo. Bentuk hand pallet ini juga simpel dan tidak membutuhkan banyak ruangan untuk penyimpanan.

2. Lifting scissor

Lifting scissor merupakan alat berat yang digunakan tidak hanya memindahkan barang namun juga untuk menjangkau area yang lebih tinggi. Sistem pengoperasian lifting scissor ini full electric dan dilengkapi dengan sistem hidraulik sehingga bisa digunakan untuk menjangkau tempat yang tinggi. Meski didesain bisa membawa barang dengan ukuran besar dan berat namun alat ini juga bisa memuat 1-2 operator. Material lifting scissor ini terbuat dari alumunium yang cocok untuk segala kondisi pekerjaan.

3. Forklift

Forklift merupakan alat angkut yang umum digunakan dalam industri dengan barang ukuran besar dan berat. Alat ini seperti mobil kecil namun dilengkapi dengan dua garpu di bagian depan untuk memindahkan dan mengangkat barang. Forklift sendiri terdiri dari berbagai jenis tergantung dengan fungsinya.

4. Stacker

Sesuai namanya, stacker adalah jenis alat berat yang digunakan untuk mengangkat dan memindahkan barang khususnya untuk barang di tempat yang tinggi. Hand stacker dilengkapi dengan roda kecil di bagian depan. Sistem kerja stacker ini menggunakan sistem hidrolik yang dioperasikan secara manual untuk mengangkat garpu beban. Berat beban maksimal yang bisa diangkat stacker ini berkisar antara 1-3 ton dan mampu memindahkan barang hingga ketinggian 6 meter.


Industri yang membutuhkan troli barang berat

Banyak industri yang membutuhkan troli, utamanya untuk memindahkan dan mengangkat beban barang. Berikut ini beberapa industri yang sangat membutuhkan troli barang berat.

Industri yang membutuhkan troli barang berat

1. Gudang

Gudang, apapun jenisnya, biasa digunakan untuk menyimpan barang. Proses menata dan memindahkan barang tentu mustahil dilakukan bila tidak menggunakan troli pengangkut. Jenis trolley yang biasa digunakan untuk gudang ini adalah hand pallet atau hand truck yang mudah dioperasikan dan bisa mengangkat beban hingga ratusan kilogram.

2. Pabrik

Pabrik juga membutuhkan troli pengangkat barang untuk memindahkan material yang akan diproduksi serta barang jadi. Biasanya troli yang digunakna untuk gudang merupakan troli dengan ukuran yang kecil dan mudah digunakan.

3. Hospitality

Industry hospitality seperti hotel dan industri medis juga menggunakan troli pengangkat. Hal ini karena ada banyak barang yang harus diangkat dan dipindahkan dengan hati-hati agar tidak rusak dan mencegah kecelakaan ketika kerja.

4. Catering

Industri katering juga membutuhkan troli pengangkat mengingat bahan makanan yang diolah biasanya dalam jumlah besar. Menggunakan troli pengangkat bisa meningkatkan efisiensi kerja dan memudahkan proses produksi.


Pertimbangan ketika memilih troli barang berat

Jenis dan ukuran trolley tersedia dalam berbagai macam pilihan. Memilih satu yang sesuai dengan kebutuhan tentu menjadi tantangan tersendiri. Anda tentu tidak mau salah memilih troli agar troli bisa berfungsi dengan maksimal.

1. Kegunaan

Pertimbangkan kegunaan troli. Fungsi troli tidak sama antara satu dan lainnya sehingga pilih yang sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

2. Beban maksimal

Troli mempunyai beban maksimal yang bisa diangkat mengingkat ukurannya yang tidak terlalu besar. Misalnya anda membutuhkan troli untuk mengangkat barang dengan berat puluhan kilo, hand pallet bisa menjadi pilihan. Namun bila beban barang mencapai beberapa ton, anda perlu mempertimbangkan forklift daripada troli.

3. Ukuran

Ukuran trolley juga beragam tergantung dengan fungsinya. Anda bisa memilih troli dengan sesuai dengan ukuran gudang atau area kerja. Jangan sampai ukuran troli lebih besar daripada ukuran area kerja sehingga akan mengurangi fungsinya.

4. Mobilitas

Troli harus mudah digunakan. Pilih troli dengan roda untuk memudahkan proses pemindahan. Bila digunakan untuk area yang bermacam-macam, anda bisa memilih troli dengan roda yang lebih kuat.


Memilih troli barang berat memang tidak mudah. Selain itu fungsinya juga tidak bisa digantikan dengan peralatan lain mengingat pemindahan dan pengangkatan barang berat tidak bisa dilakukan secara manual oleh manusia.


Bila pemindahan barang dengan troli dirasa masih kurang efektif, anda bisa menggunakan forklift yang bisa mengangkat barang dengan berat yang lebih besar dan jumlah lebih banyak. Forklift mempunyai fungsi yang sama dengan troli barang namun dengan ukuran dan bentuk yang lebih besar. Anda juga bisa memanfaatkan jasa rental forklift untuk menghemat biaya dan membuat bisnis lebih efektif.

Baca juga: Keuntungan Menggunakan Jasa Sewa Forklift dalam Bisnis


Source:

https://blog.klikmro.com/ini-dia-peralatan-material-handling-yang-biasa-digunakan-di-industri/






117 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua