Keuntungan Menggunakan Jasa Sewa Forklift dalam Bisnis

Dalam perkembangannya, Forklift telah diterima secara umum sebagai moda angkutan barang jarak pendek yang mengubah wajah berbagai jenis bisnis dan industri. Tidak hanya pada industri kargo dan logistik, penggunaan forklift merambah hingga pada area dalam gudang yang sempit.


Kemampuan jelajah pada area sempit inilah yang membuat forklift juga digunakan pada industri ritel, sementara kapasitas angkut dan daya tahan besar dari jenis Forklift Outdoor membuat alat ini dipakai pada pabrik, tempat bongkar muat peti kemas dan pada industri manufaktur.


manfaat forklift

Manfaat Forklift dalam industri dan bisnis


Forklift memiliki keunggulan dibandingkan alat angkut lainnya karena alat ini selain mampu memindahkan barang berat juga mampu digunakan pada area gudang yang sempit. Dengan demikian, forklift bisa digunakan mulai dari tempat bongkar muat barang hingga membawanya masuk ke dalam gudang.


Dengan demikian, forklift memberikan beberapa manfaat langsung terhadap industri dan bisnis sebagai berikut:


1. Produktivitas


Dewasa ini Forklift telah dipakai dalam berbagai bidang industri dan bisnis karena terbukti memberikan dampak langsung terhadap peningkatan distribusi barang.


Dalam hal kecepatan dan akselerasi distribusi barang, Forklift tentu saja unggul dibandingkan mengandalkan tenaga manusia. Untuk pengangkutan barang berukuran kecil, forklift sanggup mengangkat barang sekaligus sementara barang bertonase forklift memiliki kemampuan memindahkan hingga 20 ton.


Meskipun tidak ada rilis resminya, tetapi peningkatan produktivitas pengangkutan barang dalam jarak pendek menggunakan forklift bisa meningkat hingga puluhan kali lipat dibandingkan dikerjakan secara manual.


2. Akurasi


Menggunakan tenaga manusia dalam pengangkutan dan pemindahan barang sudah sampai pada tahap dimana masalah ketepatan atau akurasi sering dipertanyakan. Human Error dalam industri, bisnis dan pabrik bisa menyebabkan masalah berdampak besar. Misalnya proses pemindahan barang dengan menggunakan tenaga manusia mempunyai kelemahan seperti daya tahan dan daya angkut.


Jika tidak menggunakan forklift, maka pemindahan barang tersebut akan dilakukan secara parsial. Masalah yang akan timbul bisa pada susunan barang yang telah dirombak untuk memudahkan proses perpindahan.


Bandingkan jika menggunakan Forklift. Dengan kemampuan atau kapasitas angkut mencapai 20 Ton, Forklift mampu memindahkan barang secara utuh/satu kesatuan tanpa membongkar barang yang berukuran besar.


3. Efektivitas & Efisiensi


Ini adalah dua hal yang selalu dihadirkan oleh teknologi, yakni bukan hanya kemudahan melainkan lebih dari itu soal efektivitas dan efisiensi. Bidang industri kargo dan logistik misalnya, membutuhkan kecepatan perpindahan barang karena padatnya jalur distribusi.


Dengan forklift, tujuan dan target perusahaan dalam bidang usaha terkait bisa terpenuhi sesuai waktu yang ditentukan. Dalam hal efisiensi, forklift secara langsung meningkatkan kinerja perusahaan secara maksimal menyangkut pengangkutan dan pemindahan barang.


Bagusnya, perusahaan pembuatan Forklift menyediakan berbagai jenis forklift dengan fitur dan ukuran berbeda untuk menyanggupi permintaan yang berbeda, bahkan hingga untuk area pergudangan yang sempit sekalipun.


4. Kecepatan


Dengan menggunakan moda angkutan berupa forklift, suatu bidang industri dan bisnis yang membutuhkan pengangkutan dan pemindahan barang mampu mengatur kecepatan distribusi.


Dengan kecepatan yang tepat, maka target bisa dicapai. Manajemen logistik dan gudang membutuhkan teknologi semacam ini agar sistem yang dibuat bisa bekerja optimal. Selain kecepatan, forklift juga menawarkan akselerasi di saat yang dibutuhkan.


Tersedianya forklift dalam berbagai ukuran, memungkin perusahaan bisa menggunakan jenis yang berbeda jika ingin mempercepat pemindahan barang. Misalkan menggunakan forklift yang berkapasitas lebih besar dari sebelumnya agar mampu memindahkan barang bertonase tinggi sehingga tidak perlu membutuhkan banyak waktu.


baca juga: 4 alasan kenapa anda memerlukan Forklift untuk Bisnis anda


Mengapa sewa Forklift lebih menguntungkan?


Dengan berbagai manfaat di atas maka kebutuhan akan forklift sifatnya wajib untuk beberapa bidang bisnis yang memiliki alur distribusi barang. Lalu bagaimana untuk mendapatkan forklift?


Pertama, tentu saja membelinya. Dan kedua, menggunakannya dari penyewa. Dari dua cara tersebut, sewa forklift akan lebih masuk akal ketimbang membelinya. Mengapa demikian? Berikut keuntungan sewa forklift dalam bisnis.


1. Harga beli forklift tergolong mahal


Kecuali bahwa perusahaan tersebut telah bergerak di bidang bisnis yang membutuhkan forklift untuk waktu yang lama, maka membeli sendiri unit-unit forklift berguna dalam pemakaian jangka panjang.


Namun, pada perusahaan tertentu membeli beberapa unit forklift sekaligus akan membutuhkan pendanaan yang tinggi. Satu unit forklift tidaklah cukup untuk bekerja dalam jangkauan perusahaan yang luas, sehingga jika harus membelinya harus membeli dalam jumlah lebih dari satu.


Pertimbangan tersebut membuat sewa forklift lebih menjadi pilihan ketimbang membelinya. Harga sewa forklift di pasaran masih sangat terjangkau sehingga perusahaan mampu menyewanya hingga beberapa unit sekaligus.


2. Praktis


Dengan sewa forklift artinya perusahaan tidak perlu memikirkan biaya pemeliharaan. Pemeliharaan termasuk penggantian spare part adalah tanggung jawab dari perusahaan sewa forklift.


Selain itu, untuk menjaga kenyamanan klien, perusahaan yang menyediakan jasa sewa forklift memasukan pemeliharaan ke dalam paket sewa untuk menjamin dan menggaransi keamanan kerja kliennya.


Satu lagi yang membuat sewa forklift lebih praktis adalah tersedianya operator forklift yang berpengalaman dari perusahaan jasa sewa forklift, yang mana pada pekerjaan pengangkutan yang rumit klien tidak perlu mengkhawatirkan kinerja dari staf operator tersebut.


3. Tepat guna


Menyewa forklift berdasarkan tingkat kebutuhan sangat efektif dalam mengatur budgeting. Bandingkan dengan membeli sendiri unit forklift yang belum tentu bisa melakukan semua pekerjaan karena spesifikasi yang berbeda-beda (kecuali perusahaan tersebut mampu mengadakan sejumlah forklift yang berbeda tipe).


Jika melihat forklift yang beredar di pasaran, maka setiap kebutuhan yang berbeda memerlukan forklift dari jenis yang berbeda. Forklift pada area dalam gudang berbeda dengan forklift pada luar ruangan. Dengan cara menyewa, perusahaan hanya akan menyewa jenis yang tepat sesuai kebutuhan sehingga tidak perlu ada forklift yang nganggur.


4. Kualitas dan keamanan yang lebih terjamin


Perusahaan yang menyediakan jasa sewa forklift bertanggung jawab atas kualitas forklift mereka. Setiap unit harus selalu dipastikan dalam keadaan baik dan optimal. Dengan perawatan yang rutin, forklift akan bekerja secara maksimal di lapangan.


Jika ada unit yang rusak dalam pemakaian, maka perusahaan pemilik forklift akan menganalisis kerusakan lalu menggantinya tanpa mengenakan biaya sewa ulang kepada klien kecuali jika kerusakan yang dimaksud ada unsur kesengajaan.


Kualitas forklift juga dipengaruhi oleh merek dari forklift itu sendiri. Karena persaingan harga sewa, klien bisa mendapatkan forklift dari merek terkenal dengan harga yang terjangkau.


Demikian keuntungan-keuntungan dari sewa forklift untuk peningkatan bisnis. Sejak awal pemasarannya, forklift telah mengambil peran penting dalam dunia usaha di seluruh dunia serta memberikan dampak langsung terhadap peningkatan jenis usaha yang menggunakannya.


2 tampilan