top of page

Manajemen Gudang Kecil, Sewa Forklift Gudang Kecil Saja

Mungkin Anda tidak asing saat mendengar Forklift. Forklift adalah suatu alat yang sering digunakan dan dijumpai di dunia Industri dan Logistik. Pada artikel sebelumnya kita telah memahami kalau forklift adalah salah satu perangkat vital dalam dunia Industri dan Logistik yang digunakan untuk memindahkan barang-barang berat. 


Biasanya, Forklift digunakan untuk memindahkan barang-barang di gudang. Namun, kebanyakan orang mengira hanya gudang-gudang dengan kapasitas besarlah yang seharusnya menggunakan forklift. 


Nyatanya, forklift terdiri dari berbagai macam bentuk dan juga daya angkat beban. Dengan begitu, walaupun kita memiliki gudang yang kecil, kita dapat memanfaatkan forklift gudang kecil untuk kemudahan usaha kita. Dengan menggunakan forklift gudang kecil, pekerjaan di gudang Anda bisa semakin efisien. 

Manajemen Gudang Kecil, Sewa Forklift Gudang Kecil Saja

Key Takeaways:

  • Forklift digunakan untuk memudahkan kerja dalam melakukan pengangkatan atau memindahkan barang.

  • Dalam dunia logistik biasanya forklift digunakan untuk menyusun atau mengambil barang di gudang yang sulit dijangkau dengan tangan kosong.

  • Banyak orang berpikir forklift hanya digunakan di gudang yang besar. Namun dengan pemilihan forklift yang baik, forklift juga dapat digunakan untuk efisiensi kerja di gudang kecil.

  • Terdapat beberapa jenis forklift untuk gudang kecil yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan Anda, yaitu Forklift Electric 3 Wheel, Reach Trucks, Stakers, Hand Pallet.


Memilih Forklift yang Sesuai Dengan Kebutuhan Industri atau Logistik Perusahaan

Dalam menggunakan atau mengadakan forklift sebagai alat bantu Industri dan logistik di perusahaan Anda, terlebih dahulu anda harus mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih forklift. 


Menurut artikel Masslift Afrika, Anda perlu menanyakan hal-hal berikut ini untuk mengetahui forklift yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


1. Apa tujuan Anda Menggunakan Forklift?

Pertanyaan ini mungkin cocok bagi Anda yang sudah yakin ingin menggunakan forklift untuk membantu usaha Anda. Pertanyaan pertama adalah apa yang ingin Anda capai dengan menggunakan forklift? 


Kemudian anda juga harus mempertimbangkan forklift ini akan digunakan atau diperlukan dalam situasi dan kondisi yang seperti apa?  Anda juga bisa mulai melakukan listing setiap jenis pekerjaan yang memerlukan bantuan forklift dan tuliskan dalam urutan prioritas. Namun pertanyaan atau hal ini juga dapat digunakan bagi Anda yang masih ragu untuk menggunakan forklift.


Memang terkadang kita sebagai pemilik usaha merasa kapasitas gudang kita yang masih kecil mungkin tidak memerlukan alat bantu seperti forklift. Alasannya bisa berbeda-beda, misalnya gudang yang sempit sementara forklift termasuk alat yang makan tempat. Bisa juga anda berpikir biayanya dapat digunakan untuk optimalisasi pekerjaan lain. 


Namun Anda perlu mengetahui bahwa jika Anda dapat memilih forklift yang sesuai Anda dapat memaksimalkan dan mengefisiensi waktu dalam mengorganisir barang didalam gudang. 


2. Berapa banyak dan pada ketinggian berapa Anda perlu menyimpan barang?

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang penting dan krusial. Dengan menjawab pertanyaan ini, Anda bisa mendapatkan forklift yang jelas sesuai dengan kebutuhan Anda.


Tentukanlah berapa ketinggian maksimum tempat penyimpanan barang Anda dan hitung juga berat maksimum barang yang perlu Anda angkat ke ketinggian tersebut.


Dengan menjawab pertanyaan tersebut, Anda dapat menentukan forklift dengan daya angkat berapa dan tinggi maksimum angkat berapa yang Anda butuhkan. Biasanya, semakin kecil kapasitas luas atau tinggi rak penyimpanan, semakin kecil juga berat barang yang dipindahkan Dengan begitu ukuran forklift akan menyesuaikan pada daya angkat dan ketinggian angkat sehingga tidak perlu khawatir forklift akan memakan banyak ruang di gudang Anda. 


3. Apakah Anda perlu membongkar dan memuat truk?

Jika Anda perlu membongkar dan memuat truk dari luar dan membawa muatan tersebut ke gudang untuk disimpan, maka anda perlu menggunakan forklift listrik roda 3. Cari tahu dengan tepat tugas apa yang harus dilakukan oleh forklift gudang kecil Anda untuk mendapatkan forklift yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.


4. Apakah gudang Anda memungkinkan menyimpan bahan bakar? Bolehkah ada asap di gudang Anda?

Jika Anda memilih forklift berbahan bakar bensin atau solar, apakah Anda dapat menyimpan bahan bakar pada gudang Anda yang berskala kecil? Jika Anda bekerja di industri FMCG, Anda mungkin tidak diperbolehkan mengeluarkan asap knalpot, dalam hal ini forklift terbaik untuk Anda adalah forklift listrik.



Jenis Forklift yang Dapat Anda Pilih untuk Gudang Kecil

Jenis Forklift yang Dapat Anda Pilih untuk Gudang Kecil

Berikut adalah jenis forklift yang dapat anda pilih untuk efisiensi kerja gudang kecil Anda. Forklift dibawah ini memiliki daya angkat dan tinggi maksimum angkat yang rendah namun hal ini membuat forklift berukuran lebih kecil dan juga memiliki radius putar yang lebih kecil sehingga cocok untuk penggunaan di ruangan yang luasnya terbatas.


1. Forklift Electric 3 Wheel

Forklift ini memiliki lingkaran putar yang sangat baik berkat desainnya. Forklift ini biasanya digunakan dalam aplikasi rak tinggi dimana pelanggan memiliki lorong sempit dan membutuhkan forklift dengan kemampuan manuver yang sangat baik. 


Forklift ini sangat cocok digunakan untuk permukaan yang datar dan untuk penggunaan di dalam ruangan. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan forklift yang mumpuni untuk mengangkat barang, tapi tetap bisa bebas bergerak di dalam gudang yang ukurannya kecil.


2. Reach Trucks

Reach Trucks atau Truk penjangkau dapat memberikan kemampuan manuver yang sangat baik dan ketinggian angkat yang besar sebagai alat berat. Dengan kemampuannya, Reach Trucks tergolong memiliki bentuk yang ramping.


Dengan kemampuannya menjangkau menggunakan garpu, Reach Trucks mampu beroperasi di lingkungan yang sangat sempit hingga ketinggian 13 meter tanpa mengurangi stabilitas.


3. Stacker

Stacker sangat dikenal dengan alat yang Ringkas, mudah digunakan dan sangat serbaguna. Stacker sendiri telah dikembangkan untuk menghasilkan produktivitas yang tinggi di setiap situasi.


Desainnya yang ergonomis dan sangat ringkas, dipadukan dengan sasis yang sangat sempit dan jarak pandang yang sangat baik, memastikan kemampuan manuver terbaik di ruang sempit. Hal ini menjadikan stacker sebagai pilihan yang baik untuk gudang kecil.


4. Hand Pallet

Jika pekerjaan di gudang anda tidaklah memerlukan forklift yang mampu mengakomodir banyak barang dan perpindahan dari satu titik ke titik yang lain di gudang anda masih terjangkau, Anda dapat menggunakan Hand Pallet.


Hand Pallet memiliki daya angkat bervariasi mulai dari 2 sampai 5 ton. Hand Pallet sangat cocok untuk digunakan di gudang yang berskala kecil dan juga tidak memerlukan perpindahan yang berarti.



Jangan Ragu Sewa Forklift Untuk Gudang Kecil

Setelah menyimak san memahami artikel di atas, Anda pasti sudah tidak ragu lagi untuk mengoptimalkan kerja gudang kecil anda menggunakan forklift. Jika Anda telah mengetahui forklift jenis apa yang anda butuhkan, Anda dapat segera melakukan pengadaan forklift untuk gudang kecil Anda.


Tidak perlu khawatir, selain membelinya, Anda bisa menyewa forklift untuk gudang kecil Anda di tempat layanan sewa forklift yang terpercaya. 


Ashe Forklift menyediakan berbagai macam forklift yang dapat Anda sewa sesuai dengan kebutuhan Anda. Ashe Forklift sudah berpengalaman menyediakan jasa sewa forklift lebih dari 30 tahun dan memiliki track record yang baik hingga dipercaya oleh berbagai partner ternama. 


Tunggu apa lagi? Segera sewa forklift kamu di Ashe Forklift. Hubungi kami untuk info lebih lanjut. 

2 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


Commenting has been turned off.
Post: Blog2_Post
bottom of page