Cari

5 Hal yang wajib dihindari saat sewa forklift harian

Logistik adalah salah satu sektor bisnis yang justru meraup peningkatan penghasilan di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Tak heran kalau pelaku bisnis logistik mulai mempertimbangkan untuk mencari jasa sewa forklift harian, demi memenuhi kebutuhan logistik yang semakin meningkat.


Hanya saja supaya proses distribusi barang maksimal, Anda pun harus memilih operator yang tepat.


Pada dasarnya untuk bisa mengoperasikan mesin forklift, tidak boleh dilakukan sembarangan atau menyerahkan secara sembrono kepada siapapun.



Jika menurut Anda orang yang bisa mengendarai kendaraan bermotor dengan aman adalah seorang sopir forklift yang hebat, maka itu salah besar. Mengoperasikan forklift membutuhkan kemampuan dan kestabilan supaya forklift tidak oleng.


Tentunya ketika forklift kelebihan muatan, tidak hanya mengancam jiwa sang operator mesin, tapi juga bisa merusak barang. Anda tentu tak mau dong sudah susah-susah sewa forklift harian tapi malah merugi karena operator tidak cakap menggunakan forklift?


baca juga: cara kerja forklift yang benar dan aman


Untuk itulah ada baiknya, Anda meminta setiap sopir forklift menghindari kesalahan-kesalahan berikut ini:

1. TAK PAHAM BEBAN

Pada umumnya forklift memang dirancang untuk membawa muatan dalam jumlah besar. Namun mesin ini tetap memiliki batas beban angkat maksimal. Jika sopir forklift tidak paham batas ini, maka bisa membuat forklift tidak stabil lantaran kelebihan muatan dan bukan tak mungkin kalau forklift akhirnya terguling.

2.TAK PAHAM RUTE

Kendati terdengar sepele, setiap operator forklift harus paham rute yang mereka lewati entah area sempit, area banyak orang lewat, permukaan tidak rata hingga area yang dipenuhi muatan. Karena itulah seorang sopir forklift harus menjaga jarak aman setidaknya tiga meter, demi menjaga momen inersia agar forklift tidak mudah terguling.

3. CEROBOH ANGKUT MUATAN

Tidak selamanya muatan yang diangkut forklift berbentuk simetris. Ada kalanya muatan itu berbentuk panjang bahkan tak beraturan. Supaya tidak terjadi kesalahan, sopir forklift tidak boleh ceroboh saat mengangkat, memindahkan hingga menurunkan muatan dengan forklift.

4. OPERATOR TIDAK CEK FORKLIFT

Saat Anda memilih sewa forklift harian, pengecekan adalah hal yang wajib dilakukan. Contohnya mengenai daya aki pada forklift matic hingga keberadaan cairan hidrolik. Karena kalau cairan hidrolik sampai kosong hingga aki mendadak habis, tentu akan membahayakan forklift yang sedang membawa muatan.

5. OPERATOR TIDAK DISIPLIN

Nah, inilah kesalahan yang wajib dihindari seorang operator entah menggunakan forklift milik pribadi atau menyewa. Ketidakdisiplinan sopir forklift seperti memacu forklift dengan kecepatan tinggi, parkir sembarangan, tidak memposisikan fork dengan benar, tidak mematikan mesin atau mencabut kunci, jelas memicu bahaya dan berujung pada kerugian.



Tentunya agar Anda yang sudah sewa forklift harian tidak merugi, sebisa mungkin menghindari kesalahan-kesalahan yang sudah dibahas di atas. Karena meskipun beberapa terdengar sepele, justru dapat membuat bisnis logistik merugi.


Ingin sewa forklift? Ashe Forklift siap membantu Anda. Ashe Forklift menyediakan unit forklift dan hand pallet dengan daya angkat yang bervariasi dan mempunyai berbagai kapasitas dari 2,5 ton sampai dengan 20 ton. Forklift yang Kami miliki menggunakan kendaraan buatan Jepang dan Amerika yang kualitasnya tentu tidak diragukan lagi.

CV Ashe Forklift adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penyewaan dan rental forklift dengan pengalaman lebih dari 30 tahun yang menjadikan kami sebagai jajaran perusahaan jasa terpercaya di Indonesia. Kami sudah bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan besar baik nasional maupun internasional.


baca juga : 5 tips perawatan yang wajib dilakukan oleh pemilik rental forklift

 

Our Locations

  • Facebook asheforklit
  • LinkedIn asheforklift
  • Instagram Asheforklift

GUNUNG PUTRI BOGOR
Jln. Raya Gunung Putri KM 6
Gunung Putri, Bogor, 16961
(Depan Jalan Cagak)
Phone: (021) 8686-2525, (021) 8686-2526
Fax: (021) 8686-2526

JAKARTA - TANGERANG SELATAN
Jln. Rawa Buntu Selatan No.21A
Serpong, Tangerang Selatan, Banten 15310
Phone: (021) 2966-2278(021) 2966-2279
Fax: (021) 2966-2279

JAKARTA - TANGERANG
Jln. Raya Gatot Subroto KM 5, RT001/RW001
Jatiuwung, Tangerang, Jawa Barat 15138
(Seberang R.M. Remaja Kuring)
Phone: (021) 5565-0606, (021) 5565-0608
Fax: (021) 5565-061

E-mail : Asheforklift@gmail.com

©2020 Asheforklift by Grow & Bless.