top of page

Reach Truck: Pengertian, Jenis, dan Manfaat

Gudang mengoptimalkan produktivitas dan ruang dengan menggunakan berbagai jenis peralatan. Ini biasanya berupa sistem rak, palet, sistem manajemen gudang, dan juga peralatan penanganan material handling equipment (MHE). Salah satu jenis MHE yang umum adalah reach truck.

Reach Truck: Pengertian, Jenis, dan Manfaat

Key Takeaway:

  • Reach trucks adalah forklift yang cocok untuk digunakan di lorong sempit, seperti gudang atau ruangan indoor.

  • Jenis reach truck dibagi menjadi pantograph reach truck, moving mast reach truck, dan konfigurasi alternatif lainnya.

Apa itu Reach Truck?

Reach trucks adalah forklift yang digunakan dalam aplikasi lorong sempit, seperti gudang atau ruangan indoor. Forklift ini dirancang untuk memiliki dua kaki luar yang membantu mendistribusikan beban dan satu set roda di belakang.

Roda terletak di bawah operator, yang membantu menciptakan radius belokan yang lebih rapat. Hal ini memungkinkan operator menavigasi ruang yang lebih kecil, dan masih dapat menjangkau dan mengangkat barang ke rak yang lebih tinggi.


Jenis-Jenis Reach Truck

Reach truck tersedia dalam berbagai jenis untuk memenuhi gudang dan aplikasi spesifik Anda. Berikut jenis-jenis reach truck yang paling umum

1. Pantograph Reach Trucks

Forklift reach truck ini menggunakan desain gunting. Mekanisme jangkauannya memperluas forklift ke depan sehingga memungkinkannya menjangkau rak dengan desain konfigurasi jangkauan tunggal atau ganda.

Dirancang untuk penggunaan di dalam ruangan, alat ini memiliki konfigurasi posisi maju atau samping, bersama dengan berbagai fitur opsional yang tersedia.

2. Moving Mast Reach Trucks

Jenis forklift ini menggunakan sistem hydraulic, berdasarkan rel, yang memungkinkan seluruh tiang bergerak maju.

Truk ini biasanya memiliki ground clearance yang lebih besar berkat roda yang berdiameter besar, dan dapat dioperasikan secara efektif di dermaga maupun di gang sempit.

3. Konfigurasi Alternatif

Konfigurasi yang paling umum adalah reach straddle truck. Ini memiliki kaki yang terpisah dan lebih lebar, memungkinkan kaki forklift mengelilingi dan mengangkangi palet.

Karena paletnya tidak dapat ditumpuk dengan rapat, jenis konfigurasi ini kemungkinan besar akan memerlukan ruang penyimpanan yang lebih besar.


Apa Persyaratan Lebar Lorong Minimum Untuk Reach Truck?

Ada berbagai jenis truck dan setiap model memiliki spesifikasi dan fitur yang berbeda. Setiap truck akan memiliki kapasitas di mana ia dapat beroperasi secara efektif, seperti lebar lorong minimum.

Reach truck yang memiliki lebar total 1 hingga 1,5 meter umumnya membutuhkan lebar lorong minimal 2 hingga 2,5 meter. Memastikan lorong cukup lebar sangatlah penting, karena hal ini tidak hanya dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas reach truck tetapi juga mengurangi risiko kecelakaan.

Sangat disarankan untuk memeriksa ulang keseluruhan rencana warehouse sebelum membeli segala jenis peralatan penanganan material (MHE) dan melakukan uji coba.


Keuntungan Menggunakan Reach Truck

Berikut adalah beberapa manfaat terbesar menggunakan forklift reach truck, terutama saat menghadapi tantangan ruang di gudang Anda.

Keuntungan Menggunakan Reach Truck
image source: freightcourse

1. Memungkinkan Anda memaksimalkan ruang.

Reach truck memungkinkan Anda memanfaatkan ruang penyimpanan sebaik-baiknya, terutama jika lorongnya sempit. Karena sempit, ini memungkinkan Anda untuk memaksimalkan ruang penyimpanan tanpa mengkhawatirkan cara memindahkan atau memuat dan membongkar barang.

2. Meningkatkan produktivitas

Dengan memiliki reach truck sebagai bagian integral dari operasi sehari-hari, Anda dapat meningkatkan produktivitas dalam jangka panjang. Alat ini menghemat banyak waktu dan energi terkait operasi yang membutuhkan tenaga kerja, dan menghemat karyawan dari kemungkinan cedera akibat aktivitas berat.

3. Dapat menavigasi ruang sempit

Salah satu manfaat utama reach truck adalah kemampuannya untuk bermanuver di ruang sempit dan sempit. Karena radius belok truk penjangkau kurang dari forklift lantai pabrik/gudang standar, ini menjadikan reach truck salah satu jenis yang paling cocok untuk ruang kecil.


Tingkatkan Produktivitas Gudang Anda dengan Ashe Forklift

Forklift reach truck memungkinkan Anda untuk meningkatkan penggunaan ruang penyimpanan gudang Anda tanpa perlu memperluas ruang Anda.

Jenis forklift reach truck yang Anda pilih juga dapat membantu Anda mencapai tujuan seperti memanfaatkan penyimpanan palet dalam ganda atau menangani material dengan lebih cepat dan efisien.

Namun, sebelum Anda mencari penyedia jasa forklift, Anda bisa menghubungi dealer yang andal seperti Ashe Forklift. Kami dapat menyediakan berbagai forklift yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


224 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


Commenting has been turned off.
Post: Blog2_Post
bottom of page