Mengenal Perbedaan Forklift dan Reach Truck

Dalam bisnis warehouse atau pergudangan, forklift dan reach truck adalah dua alat berat yang sudah lazim ditemui. Penggunaan dua alat berat ini memang sedikit mirip satu sama lain namun ternyata fitur utamanya sangat berbeda. Sehingga keduanya digunakan untuk kebutuhan yang berbeda pula. Secara umum, forklift digunakan untuk mengangkat beban yang berat sedangkan reach truck digunakan untuk mengangkat benda di ketinggian. Berikut ini beberapa penjelasan singkat tentang forklift dan reach truck.


Forklift dan reach truck

Apa Itu Forklift?

Forklift adalah salah satu jenis alat berat yang umum digunakan untuk mengangkat beban berat. Pada perusahaan atau gudang, forklift digunakan untuk memindahkan, menumpuk, dan mengangkat benda atau palet dengan berat hingga 10 ton. Bentuk forklift ini identik dengan garpu di bagian depan yang digunakan untuk mengangkat beban. Alat berat yang satu ini bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan dan fleksibel untuk berbagai jenis pekerjaan.


Forklift sendiri memiliki beragam jenis. Jenis forklift disesuaikan dengan kapasitas dan kebutuhannya. Kapasitas mengangkat forklift ini berbeda-beda tergantung dengan jenisnya mulai dari yang terendah sekitar 2 ton hingga mencapai 10 ton.


Apa Itu Reach Truck?

Berbeda dengan forklift, reach truck ini mempunyai ukuran yang lebih kecil dibanding dengan forklift sehingga bisa digunakan di area yang lebih sempit. Biasanya reach truck digunakan di sela-sela diantara rak gudang. Sesuai namanya, reach truck digunakan untuk mengangkat benda di ketinggian. Alat berat ini mempunyai banyak fitur seperti kamera yang menunjang jarak pandang operator ketika memindahkan barang.


Reach truck ini bisa mengangkat benda pada ketinggian hingga 11 meter namun tinggi maksimal per alat tergantung dengan jenis dan merknya. Alat berat ini dibuat dengan menggunakan baterai dan listrik sebagai sumber energi sehingga tidak menghasilkan emisi gas. Tidak heran bila reach truck banyak digunakan untuk pekerjaan indoor atau dalam ruangan.


Perbedaan Forklift Dan Reach Truck

Meskipun kedua alat berat sama-sama digunakan untuk mengangkat barang, namun fungsinya tentu berbeda. Berikut ini beberapa perbedaan forklift dan reach truck.


1. Kapasitas

Karena fungsi yang berbeda, kapasitas reach truck pun berbeda dengan forklift. Reach truck hanya mampu mengangkat beban sekitar 3 ton, sedangkan forklift bisa mengangkat beban hingga 10 ton tergantung dengan jenis forklift.


2. Jarak pandang

Forklift menggunakan fitur jarak pandang yang lurus ke depan dimana operator bisa melihat apa yang ada didepannya. Meskipun ketika mengangkat beban berat jarak pandang bisa saja terhalang beban, namun operator forklift tetap bisa melihat ke depan dengan mudah. Sedangkan reach truck mempunyai banyak fitur untuk menunjang jarak pandang karena beban yang diangkat ke atas sedangkan alat berat banyak yang menghadap ke samping.


3. Radius berputar

Tergantung dengan desainnya, reach truck mempunyai radius putar yang lebih sedikit dibanding dengan forklift. Hal ini karena reach truck banyak digunakan pada area yang lebih sempit.


4. Energi

Semua reach truck menggunakan baterai dan listrik sebagai sumber energi. Sedangkan forklift bisa menggunakan energi dari diesel, bensin, LPG, dan juga listrik tergantung dengan jenisnya.


Forklift dan reach truck

Kapan Harus Menggunakan Forklift?

Forklift ini lebih cocok digunakan untuk mengangkat beban yang berat. Biasanya forklift lebih cocok digunakan di lokasi konstruksi, gudang, bongkar muat, dan tempat lain yang membutuhkan mengangkat dan memindahkan barang berat. Alat berat ini juga membutuhkan lokasi kerja yang lebih luas. Bahkan forklift juga bisa digunakan di luar ruangan dengan medan yang susah sekalipun.


Baca juga: 4 Alasan Kenapa Anda Perlu Forklift


Kapan Harus Menggunakan Reach Truck?

Berbeda dengan forklift, reach truck lebih cocok digunakan untuk pekerjaan dalam ruangan. Alat berat ini juga tidak bisa mengangkat beban seberat forklift namun bisa mengangkat barang di ketinggian. Sehingga reach truck lebih cocok digunakan untuk gudang dengan rak yang tinggi dan sela-sela rak yang sempit. Karena menggunakan baterai, reach truck sebaiknya hanya digunakan di dalam ruangan saja.


Meskipun sama-sama berfungsi mengangkat barang, namun forklift dan reach truck mempunyai fitur yang berbeda-beda. Memilih alat yang tepat sangat penting untuk memastikan bila alat bisa digunakan dengan baik. Jika Anda membutuhkan jasa sewa forklift, jangan ragu untuk segera menghubungi Ashe Forklift.



3 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua