top of page

Kepala Gudang Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Tugasnya

Diperbarui: 30 Jul 2023

Secara umum di dalam dunia pekerjaan kita mengenali dua jenis bidang pekerjaan yang umum nya diketahui, yaitu industri jasa dan bidang produksi. Pekerjaan yang bergerak di industri jasa adalah pekerjaan yang fokusnya adalah memberikan sebuah layanan atau jasa, bukan sebuah barang produksi, sedangkan industri produksi adalah sebuah pekerjaan yang fokusnya mengelola bahan mentah menjadi barang atau stok yang dapat didistribusikan kepada konsumen atau vendor.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih detail mengenai industri produksi dalam hal ini adalah kepala gudang yang bertugas sebagai penanggung jawab di sebuah gudang. Di dalam sebuah gudang, tentu terdapat sebuah manajemen gudang yang dapat memastikan kelancaran seluruh proses bisnis yang ada pada gudang, terdapat beberapa jenis pekerjaan yang tersedia di gudang, mulai dari staff gudang, asisten kepala gudang, hingga kepala gudang itu sendiri.

Kepala gudang adalah salah satu jenis pekerjaan yang diminati, hal ini juga sejalan dengan perkembangan industri produksi di Indonesia. Agar dapat memahami lebih lanjut mengenai apa itu kepala gudang, fungsi, serta tanggung jawabnya, simak penjelasannya di bawah ini.

Kepala Gudang Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Tugasnya

Key Takeaways:

  • Gudang merupakan fasilitas yang penting untuk dimiliki jika berbicara mengenai industri produksi.

  • Sebuah gudang akan dipimpin oleh seorang kepala gudang yaitu seseorang yang bertugas mengawasi semua pekerjaan yang berhubungan dengan gudang untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.


Kepala Gudang Adalah?

Kepala gudang adalah seseorang yang bertugas mengawasi semua pekerjaan yang berhubungan dengan gudang untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan yang telah ditetapkan oleh perusahaan, karena penting bagi perusahaan yang memiliki gudang untuk memiliki sosok seorang kepala gudang.

Secara umum, seorang kepala gudang bertanggung jawab atas seluruh kegiatan operasional pada gudang tersebut, misalnya saja melakukan perencanaan pengadaan stok barang dan mengawasi proses arus logistik yang masuk dan keluar gudang.


Tugas dan Tanggung Jawab Kepala Gudang

Setelah mengetahui tugas dan tanggung jawab kepala gudang secara umum di atas, kini kita akan membahas lebih jauh apa tugas sebenarnya yang harus dilakukan oleh seorang kepala gudang.

1. Menilai dan Mengawasi Segala Kegiatan di Dalam Gudang

Sebuah gudang, di dalamnya pasti terdapat sebuah sistem manajemen gudang, baik yang bersifat manual atau sudah bersifat komputerisasi. Tugas seorang kepala gudang adalah mengawasi jalannya setiap kegiatan yang terjadi di dalam gudang, misalnya saja kegiatan barang yang masuk atau sebaliknya. Adanya proses pengawasan ini bertujuan untuk menjaga mutu dan standar minimal gudang yang telah ditetapkan oleh perusahaan, yang pada akhirnya akan berujung pada kepuasaan pelanggan.

Sebagai seorang pemimpin gudang, Anda wajib melakukan laporan evaluasi berkaitan dengan proses bekerja yang terjadi di dalam periode tertentu, tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas bekerja dan memperbaiki segala kekeliruan yang mungkin ditimbulkan oleh staff gudang atau warehouse.

2. Menjalankan SOP yang Berlaku

Penting untuk selalu menjalankan segala bentuk SOP (standard operating procedure) untuk menjamin kualitas serta hasil kerja selama berada di dalam gudang, biasanya sebuah sop sudah ditentukan oleh perusahaan, sehingga bagi kepala gudang dan staff gudang hanya perlu menjalankannya saja.

Salah satu jenis SOP yang biasa terdapat di dalam gudang adalah SOP penerimaan barang, karena kegiatan utama di dalam gudang selain melakukan penyimpanan adalah mengatur arus barang masuk dan barang keluar, di sinilah peran SOP penerimaan barang sangat diperlukan. Dengan adanya SOP penerimaan barang, segala arus barang masuk dan keluar tentu saja akan terdata dengan baik, dengan data yang baik maka sistem manajemen gudang otomatis akan berjalan dengan optimal juga.

Pada akhirnya, penerapan SOP harus dilaksanakan oleh berbagai stakeholder terkait demi menjalankan setiap kegiatan sesuai dengan standar yang berlaku dan demi kepuasan konsumen.

3. Keahlian Dalam Menyusun Rencana

Aktivitas di dalam warehouse atau gudang mungkin sebagian besar akan berfokus kepada aktivitas penerimaan penyimpanan barang, aktivitas pendistribusian produk atau material, serta aktivitas pergudangan lainnya seperti proses logistik barang masuk dan juga keluar.

Sebagai seorang kepala gudang, Anda harus mampu untuk melakukan perencanaan yang di dalamnya termasuk aktivitas merencanakan persediaan barang, karena sebuah gudang memiliki tujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan stok barang kepada konsumen atau vendor.

Selain melakukan perencanaan stok barang, seorang kepala gudang juga bertanggung jawab atas jalur pendistribusian yang berlaku, jangan sampai dengan adanya kesalahan pada jalur distribusi dapat merugikan perusahaan. Kepala gudang dengan segudang pengalaman yang dimiliki harus menjadi panutan bagi seluruh jajaran pekerja gudang, baik itu staff gudang, admin gudang, dan posisi lainnya yang terdapat di gudang.

4. Mengawasi Alur Distribusi Barang

Tugas terakhir seorang kepala gudang adalah untuk memastikan bahwa alur masuk barang dan keluar barang harus dipastikan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat sebelumnya dalam hal ini seorang kepala gudang harus memiliki sifat teliti yang baik, hal ini untuk memastikan ketersediaan barang sesuai dengan perencanaan atau pesanan.

Selain itu, tujuan dari adanya pengawasan dalam hal distribusi barang adalah supaya terciptanya data yang akurat berkaitan dengan stok barang yang ada pada gudang, biasanya hal ini disebut dengan aktivitas stock opname, serta dengan adanya data yang akurat maka persediaan stok barang dan perencanaan nya dapat dilakukan dengan lebih maksimal.


Kualifikasi dan Gaji Kepala Gudang

Kepala Gudang Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Tugasnya

Dengan sederet tanggung jawab yang akan diemban oleh kepala gudang, tentu saja terdapat beberapa kriteria dan kualifikasi yang harus dipenuhi oleh kepala gudang. Berikut ini merupakan kualifikasi umum yang wajib dipenuhi untuk menjalankan tugas kepala gudang.

1. Minimal Kualifikasi Akademik

  • Pendidikan minimal SMA/D3 sederajat.

  • Memiliki pengalaman sebagai admin minimal 1 tahun.

  • Memiliki pengetahuan lebih mengenai bidang warehouse atau pendistribusian.

  • Dapat mengoperasikan komputer, khususnya aplikasi Microsoft Office/Excel.

2. Minimal Kualifikasi Perilaku

  • Memiliki solidaritas, disiplin, dan dapat dipercaya.

  • Mempunyai pengetahuan mendalam seputar pergudangan.

  • Disiplin, tekun, gesit, dan rajin.

  • Dapat membuat keputusan dengan cepat dan hati-hati.

  • Berani mengambil dan menerima risiko.

  • Memiliki ketekunan dan kepercayaan diri dalam bekerja.

  • Dapat menemukan ide pemecahan masalah.

  • Bersedia bekerja keras dan dapat berbicara dengan semua unit bisnis.

  • Memiliki tanggung jawab tinggi selama bekerja.

Adapun gaji rata-rata yang akan diterima oleh kepala gudang berkisar antara Rp3.000.000 s.d. Rp5.000.000 berdasarkan data dari situs Indeed pada akhir tahun 2022, walaupun memang angka tersebut tidak bersifat final, melainkan tergantung di mana Anda melamar posisi kepala gudang dan lokasinya.


Hasil Kerja Kepala Gudang

Sebagai seseorang yang bertanggung jawab atas seluruh pekerjaan dan seluruh staff gudang, seorang kepala gudang tentu memiliki tugas untuk membuat sebuah laporan dalam suatu periode tertentu yang akan diberikan kepada pihak perusahaan. Hal ini diperlukan oleh perusahaan agar mampu menilai hasil kinerja seluruh staff gudang.

Adapun beberapa jenis laporan yang biasanya akan dihasilkan oleh seorang kepala gudang:

  • Laporan penerimaan seluruh barang yang terdiri dari barang masuk dan barang keluar.

  • Laporan stock opname yang merupakan hasil perhitungan fisik barang pada toko atau gudang.

---

Temukan berbagai artikel lainnya mengenai industri dan pergudangan di blog Ashe Forklift.




Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários


Os comentários foram desativados.
Post: Blog2_Post
bottom of page