Manajemen Gudang untuk Penyimpanan Stok Barang

Gudang menjadi salah satu komponen penting dalam rantai pasokan. Setiap perusahaan pasti mempunyai gudang untuk penyimpanan. Dengan adanya gudang, barang mentah maupun barang jadi bisa disimpan dengan lebih baik. Tidak kalah penting dari gudang, manajemen gudang juga menjadi faktor yang penting. Gudang memang bisa diatur secara manual, namun kalau bisa dikelola secara otomatis tentu akan lebih baik. Pengelolaan gudang dikenal dengan manajemen gudang atau warehouse management.


Manajemen gudang adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengatur barang masuk dan keluar dan dicatat digudang tempat penyimpanan barang tersebut. Bila pencatatan data yang ada di gudang kurang akurat atau ada kesalahan akan memicu potensi kerugian. Misalnya ada barang rusak yang tidak tercatat dan kemudian ikut dikirim ke pelanggan bersama barang yang lain. Hal ini tentu akan menyebabkan kerugian dan membuat tingkat kepercayaan pelanggan menjadi menurun. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dari pengelolaan gudang.

Manajemen Gudang untuk Penyimpanan Stok Barang

Pentingnya Manajemen Gudang

Ada beberapa alasan mengapa perusahaan perlu menggunakan sistem gudang yang baik. Disamping menghindari kemungkinan kerugian, berikut ini beberapa alasan pentingnya proses pergudangan.


1. Informasi data

Sistem pengelolaan gudang yang baik bisa memberikan informasi data yang akurat. Informasi dari gudang ini biasanya berhubungan dengan stok barang dan data penjualan serta pembelian. Data penjualan pada periode sebelumnya, data penjualan saat ini, dan juga perkiraan penjualan periode selanjutnya sangat penting untuk menentukan target penjualan. Anda tidak bisa menentukan target penjualan tanpa mengetahui data-data penjualan serta pembelian yang akurat dari gudang.


2. Perkiraan persediaan barang

Ketika penjualan barang sedang tinggi, pasti Anda takut untuk kehabisan barang. Dengan data penjualan yang akurat, Anda bisa memperkirakan persediaan barang. Bila tidak menggunakan sistem pergudangan, Andaakan kesulitan melakukan pengecekan barang. Hal ini akan berdampak pada kehilangan stok barang baik sedikit maupun banyak.


3. Menyortir stok barang

Menghitung stok barang tidak hanya berguna untuk menghitung jumlah barang namun juga untuk memisahkan stok lama dan baru. Mencampurkan stok baru dan stok lama akan membuat Anda bingung ketika mengecek barang yang ada digudang. Stok yang tercampur juga akan membuat kualitas barang menjadi kurang bagus.


4. Tata letak gudang

Sistem pengaturan gudang juga membuat tata letak gudang menjadi lebih teratur. Gudang akan ditata berdasarkan kategori barang dan disusun dengan layout yang baik. Layout gudang yang tertata dengan rapi membuat proses pencarian dan pengecekan barang menjadi lebih mudah.


5. Pengecekan barang

Biasanya barang akan dicek berulang sebelum disimpan dalam gudang. Hal ini untuk mencegah barang yang cacat atau rusak bercampur dengan barang yang bagus. Dalam pengecekan ini barang akan ditandai dengan kode khusus berdasarkan kategorinya. Kemudian barang akan disimpan di dalam gudang berdasarkan kategori untuk mempermudah pencarian.


Baca juga: Mengenal Tentang Warehouse dan Seluk Beluknya


Ciri Manajemen Gudang yang Baik

Kini sudah tidak zaman lagi menggunakan kertas dan pulpen untuk mengecek barang yang ada di gudang. Dengan adanya sistem pengelolaan gudang, proses ini menjadi lebih mudah dan cepat. Berikut ini beberapa ciri manajemen gudang yang baik.


1. Mudah digunakan

Sistem pergudangan yang baik harus mudah digunakan. Tujuan sistem pergudangan memang membuat kerja di gudang menjadi lebih mudah sehingga bisa mengurangi waktu untuk melatih karyawan. Selain itu, sistem yang mudah digunakan juga mengurangi waktu yang digunakan untuk mengawasi barang setiap hari. Sistem yang mudah digunakan bisa digunakan semua karyawan untuk meningkatkan produktivitas kerja.


2. Detail

Sistem pergudangan yang bagus harus bisa mengatur dan melacak setiap transaksi yang terjadi di gudang. Sistem yang digunakan harus bisa memberikan informasi yang akurat terkait pergerakan produk, aktivitas karyawan, dan segala hal yang berkaitan dengan gudang.


3. Berfungsi maksimal

Yang tidak kalah penting adalah sistem pergudangan harus berfungsi dengan maksimal untuk meningkatkan efektivitas kegiatan di gudang. Sistem pergudangan yang baik harus bisa mengurangi beban kerja karyawan dan meningkatkan produktivitas kerja serta mengurangi resiko kerugian dan kesalahan.


4. Bisa digunakan dengan software bisnis lain

Sebagai tambahan, sistem pergudangan yang baik juga bisa digunakan bersama dengan software bisnis yang lain. Sehingga data yang dilaporkan dari gudang bisa langsung diakses dari aplikasi lain untuk kebutuhan pelaporan dan sebagainya.


Pelanggan menginginkan permintaan mereka agar bisa dikirim secepatnya. Oleh karena itu Anda membutuhkan sistem pergudangan yang efektif untuk mengatur proses keluar masuk barang dan mencatat stok seakurat mungkin.

Mengelola Manajemen Gudang Yang Baik

Mengelola Manajemen Gudang Yang Baik

Mengelola gudang dengan menggunakan sistem pergudangan memang diharapkan bisa mempermudah pekerjaan. Proses pengecekan barang dan pencatatan stok bisa dilakukan dengan otomatis. Berikut ini beberapa cara mengelola gudang yang baik.


1. Tata letak yang rapi

Memulai mengelola gudang bisa diawali dengan mengatur tata letak gudang. Agar pengecekan barang menjadi mudah, gudang harus ditata dengan rapi untuk memudahkan menyimpan barang. Pengaturan barang harus dibuat sebaik mungkin agar tidak menghambat mobilisasi gudang. Barang bisa ditata berdasarkan kategori atau kode barang untuk mempermudah pencarian dan penataan.


2. Administrasi yang rapi

Selain penataan barang, sistem adminitrasi gudang juga harus dibuat dengan rapi agar mudah untuk melakukan pencatatan barang. Pencatatan data dan logistik harus jelas agar tidak ada selisih dalm penghitungan. Administrasi yang rapi juga akan mempermudah mengecek riwayat barang untuk memudahkan pengecekan stok.


3. Cek barang secara rutin

Mengecek dan mengkategorikan barang bisa dilakukan dengan rutin. Pengecekan barang ini termasuk pemisahan stok lama dan baru, memisahkan barang cacat dan tidak layak jual, dan sebagainya. Pengecekan barang ini berhubungan dengan kualitas barang sehingga harus diperhatikan dengan teliti agar tidak menurunkan kepercayaan pelanggan. Langkah ini juga sangat penting untuk mencegah stok hilang terutama bila gudang memuat stok dalam jumlah besar.


4. Membuat prediksi stok barang

Prediksi stok barang sangat penting untuk mnghindari stok habis. Sistem pergudangan yang efektif akan membantu Anda memperkirakan stok barang sehingga bisa langsung menginformasikan bagian pabrik untuk memproduksi barang. Selain itu, sistem pergudangan juga bisa memperhitungkan kapasitas gudang dengan stok barang. hal ini sangat penting untuk mencegah stok barang bertumpuk terlalu banyak atau overload di gudang.


Menggunakan manajemen gudang sangat penting untuk mengatur mobilisasi gudang yang efektif. Ada banyak metode yang bisa digunakan namun sebaiknya pilih yang mudah digunakan. Tujuan menggunakan sistem pergudangan ini untuk mempermudah kerja karyawan dalam menghitung stok barang. Selain itu, sistem pergudangan juga harus bisa memberikan informasi akurat tentang stok barang dan segala kegiatan yang ada di dalam gudang. Dengan pengelolaan gudang yang baik, Anda bisa membuat perkiraan penjualan dan menghitung stok dengan lebih baik lagi.


Baca juga: Pentingnya Supply Chain Management untuk Warehouse




23 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua