Kenali Forklift Counterbalance dan Cara Kerjanya!

Forklift counterbalance adalah salah satu alat atau kendaraan berat yang kerap digunakan pada ranah industri seperti pabrik, gudang ataupun warehouse. Secara umum forklift digunakan sebagai alat untuk memindahkan barang atau muatan berskala besar. Lalu apa bedanya forklift counterbalance dengan jenis forklift lainnya?

Forklift Counterbalance

Apa itu Forklift Counterbalance

Forklift counterbalance adalah forklift yang paling sering dijumpai di lokasi perindustrian. Forklift ini memiliki bobot pemberat penyeimbang di bagian belakang. Fitur ini memiliki fungsi sebagai penyeimbang dari barang-barang yang akan diangkut forklift di bagian depan. Jadi, forklift akan tetap seimbang dan tidak akan terbalik ketika mengangkat beban.


Oleh karena itu, forklift counterbalance ini dirancang dengan desain garpu yang menonjol keluar di bagian depan kendaraan. Kaki dan lengan portable yang dapat dibongkar pasang tidak ditambahkan pada jenis forklift ini.


Ternyata terdapat jenis forklift lain yang sering dibandingkan dengan forklift counterbalance, yaitu reach truck. Jadi, counterbalance forklift vs reach truck mana yang lebih baik? Simak informasi reach truck di sini.


Forklift counterbalance sendiri dibagi dalam dua kategori berdasarkan emisi, yaitu elektrik dan propana. Dari depan, keduanya terlihat hampir identik dan memiliki jok dan setir yang mirip. Namun, ada beberapa perbedaan dalam desain di antara keduanya. Secara fungsi, kedua jenis ini memiliki kegunaan utama sebagai media untuk memindahkan beban. Tetapi masing-masing memiliki keunggulan yang berbeda.


Baca juga: Mengenal Perbedaan Forklift dan Reach Truck


Keunggulan Forklift Counterbalance Propana

Anda bisa mempertimbangkan beberapa kelebihan forklift counterbalance propana berikut ini:


1. Empat tuas Hidrolik

Forklift ini memiliki jumlah kontrol hidrolik lebih banyak daripada forklift elektrik. Level hidroliknya meliputi tuas atas/bawah, tuas kemiringan untuk memiringkan beban yang diangkat, tuas pemindah sisi untuk memindahkan beban Anda dari sisi satu ke sisi lainnya dan kontrol attachment untuk memasang benda-benda seperti klem gulungan atau klem kotak.


2. Rem beringsut

Forklift counterbalance memiliki pedal akselerator dan rem seperti mobil. Alat berat ini didesain dengan tambahan pedal di sebelah kiri rem yang disebut rem beringsut. Anda dapat melepaskan transmisi secara hidrolik dengan menggunakan rem ini. Penambahan rem beringsut ini memungkinkan Anda melakukan pergerakan menaikkan atau menurunkan garpu dengan aman tanpa menggerakkan truk ke depan.


3. Pedal rem darurat

Salah satu kelebihan lainnya adalah fitur pedal rem darurat yang ada di sebelah rem beringsut.


4. Kontrol kolom kemudi

Terdapat kontrol arah dan pelepas rem darurat yang terletak di atas kolom kemudi.


5. Tahan lama

Forklift jenis ini dapat digunakan dengan durasi cukup panjang. Jadi apabila perusahaan Anda menjalankan sistem shift untuk bekerja sepanjang waktu, maka forklift counterbalance inilah yang tepat digunakan karena propananya bekerja jauh lebih baik daripada jenis lainnya. Pengisian bahan bakarnya pun mudah sehingga tidak menguras banyak waktu.


6. Level ketahanan tinggi

Forklift counterbalance ini memiliki propana lebih kuat. Alat ini mampu mengangkat beban lebih banyak jika dibandingkan jenis forklift listrik.


Forklift Counterbalance

Keunggulan Forklift Counterbalance Elektrik

Sedikit berbeda dari jenis propana, forklift counterbalance elektrik memiliki kelebihan berikut:


1. Cocok untuk sektor kuliner

Jika perusahaan Anda bergerak di bidang kuliner atau sesuatu yang dikonsumsi maka sebaiknya gunakan forklift counterbalance tenaga listrik. Jenis ini tidak mengeluarkan karbon hasil emisi sehingga tidak dapat membahayakan atau mengkontaminasi produk.


2. Lebih tenang

Penggunaan forklift counterbalance elektrik lebih tenang jika dibandingkan dengan jenis propana. Oleh karena itu jenis ini cocok digunakan untuk di dalam ruangan.


3. Lebih simpel dengan tiga tuas

Terdapat tiga tuas yang digunakan pada jenis elektrik, yaitu tuas penggerak dari atas ke bawah, tuas miring untuk memiringkan beban yang diangkat dan tuas pemindah sisi.


4. Penggunaan mudah

Tidak seperti versi propana, forklift counterbalance elektrik ternyata lebih mudah dioperasikan. Hal ini terjadi karena garpu akan naik dengan cepat sehingga Anda tidak perlu menekan pedal gas untuk menaikkan garpu sebagaimana pengoperasian jenis propana.


5. Rem tangan darurat

Rem darurat yang dimiliki forklift jenis ini berada di bagian tangan. Saat ini forklift elektrik banyak dijadikan pilihan karena keunggulan forklift elektrik sangat banyak dan membantu meringankan pekerjaan kita.


Demikianlah informasi mengenai forklift counterbalance. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membuat Anda mengetahui dan paham mengenai kebutuhan alat berat yang dapat mempermudah berjalannya bisnis Anda. Jika Anda membutuhkan jasa sewa forklift, jangan ragu untuk menghubungi Ashe Forklift.

2 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua