top of page

Yuk, Kenali Forklift Diesel untuk Aktivitas Bisnis Anda!

Proses produksi biasanya membutuhkan berbagai peralatan material, seperti alat angkut forklift yang berfungsi memindahkan barang berukuran besar dan berat. Salah satu jenis forklift modern yang cukup canggih adalah forklift diesel, jenis ini memiliki keunggulan dalam performa yang tinggi.


Forklift diesel merupakan jenis forklift yang cocok Anda gunakan di luar ruangan dengan medan yang berat. Sepresisi.


Untuk memahami forklift diesel lebih lanjut, berikut kami berikan informasi lengkap mengenai forklift diesel hingga Anda dapat menggunakan jenis forklift ini sesuai kebutuhan aktivitas produksi.


Forklift ini dapat Anda gunakan di medan tanah yang berbatu, berbukit, atau medan berat yang tidak stabil. Anda tidak perlu khawatir dalam penggunaan forklift ini, sebab dapat mengangkat beban berat secara efisien dan aman di lingkungan medan berat dengan tenaga dan dan berbagai macam penjelasannya.


Yuk, Kenali Forklift Diesel untuk Aktivitas Bisnis Anda!


Key Takeaways:

  • Forklift diesel merupakan jenis forklift yang memiliki performa tinggi dan bisa digunakan di luar ruangan dengan medan yang berat

  • Salah satu keunggulan menggunakan forklift ini adalah penggunaan bahan bakar yang hemat.

  • Pro dan Kontra penggunaan forklift diesel untuk kegiatan industri


Apa itu Forklift Diesel?

Pada umumnya forklift merupakan alat bantu yang dapat membantu Anda dalam memindahkan barang yang memiliki ukuran dan berat yang besar. Alat ini dapat menjadi solusi yang efektif dalam mendukung aktivitas produksi di area gudang.


Forklift memiliki berbagai jenis berdasarkan kapasitasnya, kelas dan bahkan pasarannya. Dalam artikel ini kami akan membahas forklift jenis diesel yang banyak digunakan untuk medan yang berat dan outdoor.


Forklift diesel merupakan jenis forklift modern yang memiliki kecanggihan dan performa yang tinggi, berfungsi untuk membongkar dan mengangkut barang produksi perusahaan atau industri. Forklift ini juga memiliki keunggulan dalam pemindahan barang yang berukuran besar dan volume yang berat.


Forklift diesel memiliki kapasitas mengangkat beban dari 10-30 ton, dan mampu mengangkat hingga ketinggian mencapai 6 meter.


Pro dan Kontra Forklift Diesel

Dalam penggunaan forklift diesel, terdapat kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakannya. Simak penjelasan berikut:


Kelebihan Forklift Diesel

  • Ukuran

Forklift diesel memiliki ukuran yang lebih besar daripada forklift listrik, sehingga cocok untuk pekerjaan di outdoor yang mungkin membutuhkan kapasitas dan performa yang lebih besar.

  • Kapasitas

Karena ukurannya, forklift diesel dapat memindahkan beban yang lebih besar dan lebih berat daripada forklift listrik, dan juga dapat berakselerasi lebih cepat, sehingga lebih ideal untuk pekerjaan yang lebih besar.

  • Stabilitas

Karena forklift diesel dirancang untuk beroperasi di medan yang kasar dan tidak rata, forklift diesel jauh lebih stabil daripada forklift listrik.

  • Dorongan yang Tinggi

Karena mesinnya yang besar, forklift diesel memiliki kapasitas daya yang lebih tinggi daripada jenis forklift lainnya, sehingga sangat ideal untuk menarik dan bergerak di permukaan yang miring.

  • Bahan Bakar 

Bahan bakar diesel cenderung jauh lebih murah daripada propana, sehingga menghemat lebih banyak uang dari waktu ke waktu.

  • Memiliki Umur yang Panjang

Dikarenakan forklift diesel memiliki kapasitas daya yang lebih tinggi, sehingga cenderung memiliki masa yang lama atau bisa bertahan lebih lama. Sehingga dapat memberikan Anda waktu yang lebih lama untuk mengembalikan investasi.

  • Maintenance yang Mudah serta Harga Jual Lebih Tinggi

Jenis Forklift ini biasanya hanya membutuhkan perawatan lebih sedikit jika dibandingkan oleh forklift jenis propana atau listrik. Sehingga masa pakai atau umurnya lebih panjang dan tahan lama. Selain itu, pada akhir masa penggunaannya forklift diesel memiliki nilai jual yang lebih tinggi jika dibandingkan oleh jenis propana atau listrik.


Pro dan Kontra Forklift Diesel

Kekurangan Forklift Diesel

  • Harga yang Lumayan

Jika Anda akan membeli forklift diesel dengan kondisi yang baru, maka harga yang ditawarkan mungkin akan lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis forklift propana. Walaupun lebih mahal, tetapi forklift diesel memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan oleh jenis forklift listrik.

  • Memiliki Suara yang Bising

Forklift diesel memiliki mesin yang berkapasitas besar, sehingga tidak diragukan lagi jika memiliki suara yang bising. Pembakaran bahan bakar terjadi pada volume tinggi, yang terkadang  agak merepotkan.

  • Berdampak ke Lingkungan

Forklift diesel membutuhkan bahan bakar fosil berupa solar, dimana bahan bakar ini akan melepaskan sejumlah karbon ke atmosfer. Jika dibandingkan dengan bahan bakar lainnya, diesel menjadi bahan yang tidak ramah lingkungan jika dibandingkan  forklift jenis propane dan listrik.

  • Biaya Perawatan yang Lumayan Mahal

Jika dibandingkan forklift jenis listrik, forklift diesel hanya membutuhkan lebih sedikit perawatan. Tetapi saat membutuhkan perawatan, cenderung mengeluarkan biaya yang banyak.

  • Umur Penggunaan

Forklift berjenis listrik memiliki masa beroperasi selama dua belas tahun, hal ini tergolong lama jika dibandingkan forklift berjenis diesel. Untuk forklift diesel, pada umumnya perlu diganti setiap delapan tahun sekali.



Ashe Forklift Solusi Penyedia Forklift Terpercaya!

Forklift diesel menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang tidak memiliki ruang esktra untuk pengisian baterai, sebab forklift diesel dapat diparkir dimana saja.


Salah satu komponen utama yang terpenting adalah fork atau garpu yang memiliki fungsi untuk menopang dan mengambil barang.


Fork atau garpu pada forklift diesel memiliki panjang lurus berkisar 1070 mm yang terlatak pada bagian depan, dengan bahan besi yang dapat menopang berat barang.


Peletakkan barang di atas fork perlu dilakukan secara hati-hati, sebab terkadang panjangnya kurang mencukupi.


Selain fork, komponen utama yang perlu Anda perhatikan adalah mesin sebagai penggerak forklift. Mesin forklift diesel memiliki fungsi sebagai penggerak utama pada sistem transmisi, sistem brake, steering, sistem hidrolik dan lain-lain.


Untuk menjaga performa mesin, Anda dapat melakukan beberapa hal seperti mengganti oli mesin, filter air, filter oli, dan fuel filter.


Untuk Anda yang membutuhkan forklift guna memperlancar aktivitas operasional bisnis. Anda dapat mengunjungi website resmi kami di sini dan temukan berbagai artikel menarik lainnya hanya di Ashe Forklift blog.


Ashe Forklift menyediakan berbagai macam jenis forklift dari yang berkapasitas kecil hingga kapasitas yang besar.


Tentunya dengan kualitas yang terjamin dan terpercaya, jasa forklift ini tersedia di area Jakarta, Bogor, dan Tangerang. Jika Anda tertarik bisa langsung kunjungi website resmi kami. 





7 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
Post: Blog2_Post
bottom of page