Cari

Keunggulan Forklift Electric dan Fungsinya

Sudahkah Anda tahu bahwa forklift electric merupakan sebuah temuan terbaru masa kini dimana temuan ini akan mempermudah kinerja manusia terutama dalam hal industri dan manufacture yang dijalankan. Bentuk dari inovasi yang satu ini semakin hari semakin meningkatkan inovasinya untuk menghindari kerusakan dan kerugian yang tidak diinginkan.

Forklift sendiri sudah berkembang cukup pesat sampai terciptanya tipe elektric yang menggunakan tenaga batere sebagai penggeraknya. Tipe ini dirasa cukup efektif untuk digunakan karena lebih ramah lingkungan dan hemat dalam hal biaya perawatannya dibandingkan Forklift Diesel.

Baca juga : Tugas dan Tanggung Jawab Operator Forklift di dunia Industri


Mengenal Bagian dari Forklift Electric dan Fungsinya

Secara umum forklift sendiri memang memiliki bagian-bagian khusus sebagai pendukung gerakannya, seperti halnya dengan forklift tipe electric yang satu ini. Forklift elektrik ini ternyata dibagi menjadi beberapa bagian penting yang memiliki fungsinya tersendiri. Berikut merupakan beberapa bagian lengkap dengan fungsi forklift yang perlu diketahui:


a. Counterweight

Bagian pertama ini memiliki fungsi sebagai penyeimbang berat dari forkliftnya agar tidak mudah goyang ketika digunakan. Dengan adanya counterweight ini membuat setiap beban yang diangkat oleh forklift menjadi lebih stabil dan tidak mudah terjatuh nantinya.

Bagian ini juga merupakan bagian terpenting dari forklift sehingga penggunaannya bisa lancar dan tidak menimbulkan masalah. Untuk itu disarankan untuk melakukan pengecekan secara berkala pada bagian ini ketika menggunakannya.

b. Overhead Guard

Bagian selanjutnya yang penting dakam forklift electric ini adalah sebagai pelindung yang menjalankan mesin saat memindahkan barang. Bagian ini memastikan setiap barang berat yang dipindahkan tidak akan mengenai operator yang menjalankannya. Seberat apapun barang tersebut asalkan sesuai dengan muatannya tetap aman untuk dipindahkan.

Bagian ini cukup krusial keberadaannya sehingga juga membutuhkan perhatian khusus dalam hal pemeriksaan fungsi dan juga tampilannya. Jika dirasa ada yang kurang berjalan dengan baik dari mesinnya lebih baik segera diperbaiki untuk keselamatan operator yang menggunakannya.

c. Carriege

Bagian penting berikutnya adalah carriege dimana bagian ini berfungsi sebagai penghubung atau jembatan antara fork dan mask yang juga merupakan bagian dari forklift ini. Carriage membuat setiap barang yang diangkut lebih aman dengan menjadi sandaran barang tersebut.

Hal ini tentunya juga krusial ketika barang yang diangkat kemudian terlepas dengan paksa dan berceceran tidak sesuai dengan tujuan awal. Adanya carriege ini juga mencegah hal-hal tidak diinginkan terjadi dari barang yang telah dipindahkan tersebut.

d. Mask

Bagian selanjutnya yang tak kalah penting adalah mask dimana mask ini nanti akan menjalankan fork. Sebenarnya dua bagian ini saling melengkapi dan tidak bisa dipisahkan keberadaannya sebagai sebuah komponen hidrolik untuk menggerakkannya.

Bisa disimpulkan dalam hal ini fungsi dari mask adalah sebagai tilting dan lifting. Bagian ini juga harus selalu diperhatikan fungsinya agar tetap berjalan dengan baik beriringan dengan bagian lain sebagai penunjangnya.

e. Fork

Jika dilihat dari artiannya fork ini adalah garpu dimana bagian fork ini adalah bagian terpenting dan wajib ada dalam forklift electrik ini. Bagian fork memiliki fungsi yang cukup banyak dibandingkan dengan beberapa bagian lainnya. Beberapa fungsi tersebut yakni menopang, mengangkat, membawa sampai dengan memindahkan suatu barang dari satu tempat ke tempat yang lainnya.


Baca juga : 5 tips Perawatan yang Wajib Dilakukan Pemilik Rental Forklift



Keuntungan Menggunakan Forklift Electric


Adapun ketika pengguna memilih menggunakan forklift elektrik akan mendapatkan beberapa keuntungan sebagai berikut:

a. Limbah Lebih Sedikit

Keuntungan pertama yang didapatkan tentu saja cukup baik untuk lingkungan dimana inovasi elektrik ini tidak membuat limbah yang banyak. Limbah yang diberikan biasanya berupa minyak yang bisa merusak lingkungan dan juga tidak baik untuk makhluk hidup di sekitarnya.

Dengan menggunakan tipe elektrik ini pengguna sama saja menyelamatkan lingkungan dari serangan limbah yang memprihatinkan. Belum lagi ketika penanganan limbahnya asal-asalan dan tidak memperhatikan pembuangan atau pengolahan yang benar dari limbah yang dihasilkannya.

b. Tidak Memiliki Mesin dan Transmisi

Dalam hal ini tipe elektik tidak tergantung dengan mesin dan juga transmisi di dalamnya sehingga lebih hemat ketika digunakan. Hal ini didukung dengan tidak dibebaninya pengguna dengan biaya service yang harus dilakukan rutin untuk memastikan setiap mesin yang terpasang masih dalam kondisi yang bagus.

c. Tidak Perlu Bahan Bakar

Dikarenakan sudah memakai batrei sebagai alat penggeraknya sehingga pengguna tidak perlu memakai bahan bakar yang cenderung menggunakan minyak bumi. Dimana selain memiliki harga yang mahal minyak bumi memiliki limbah yang tidak baik untuk lingkungan.

Penggunaan batrei ini juga dirasa lebih efektik dan aman ketika tidak ada ketersediaan bahan bakar untuk menggerakkannya.

d. Tidak Beremisi

Yang paling membuat takjub adalah dimana tipe electric ini tidak akan mengeluarkan emisi dalam bentuk apapun sehingga lebih sehat ketika digunakan baik untuk operator yang menjalankan maupun pekerja lain yang menggunakannya.

Itulah beberapa hal yang bisa dipelajari mengenai forklift electric yang satu ini.

 

Our Locations

  • Facebook asheforklit
  • LinkedIn asheforklift
  • Instagram Asheforklift

GUNUNG PUTRI BOGOR
Jln. Raya Gunung Putri KM 6
Gunung Putri, Bogor, 16961
(Depan Jalan Cagak)
Phone: (021) 8686-2525, (021) 8686-2526
Fax: (021) 8686-2526

JAKARTA - TANGERANG SELATAN
Jln. Rawa Buntu Selatan No.21A
Serpong, Tangerang Selatan, Banten 15310
Phone: (021) 2966-2278(021) 2966-2279
Fax: (021) 2966-2279

JAKARTA - TANGERANG
Jln. Raya Gatot Subroto KM 5, RT001/RW001
Jatiuwung, Tangerang, Jawa Barat 15138
(Seberang R.M. Remaja Kuring)
Phone: (021) 5565-0606, (021) 5565-0608
Fax: (021) 5565-061

E-mail : Asheforklift@gmail.com

©2020 Asheforklift by Grow & Bless.