Cari Tahu Mekanisme Forklift dan Komponennya di Sini!

Apa itu forklift? Forklift adalah kendaraan berat yang digunakan untuk mengangkat atau memindahkan beban berat hingga menyentuh satuan massa ton. Bagaimana mekanisme forklift hingga dapat mengangkat begitu banyak muatan?


Mekanisme Forklift

Mekanisme Forklift

Forklift atau yang biasa disebut sebagai lift truck ini adalah alat wajib yang harus dimiliki di industri logistik atau pergudangan. Sebelum memilih forklift, sebaiknya Anda perlu mengetahui mekanisme forklift yang cocok dengan sektor industri perusahaan Anda. Mekanismenya terbagi menjadi tiga yaitu:


1. Mekanisme hidrolik

Jika lift handle ditekan maka pompa udara listrik yang ada di bawah forklift akan menarik udara luar melalui filter dan mengirimkannya ke silinder hidrolik melalui sebuah tabung. Silinder hidrolik ini akan menangkap udara dan menguncinya melalui dasar silinder sehingga tidak terjadi kebocoran gas.

Volume gas di dalam silinder menaikkan tekanan di dalamnya. Kemudian tekanan ini akan menghasilkan gaya ke atas sehingga kepala piston dapat bergerak ke atas untuk meningkat volume gas dan meminimalisir tekanan yang terjadi. Kondisi ini akan menciptakan keseimbangan fisik pada ketinggian forklift dan gaya yang setara dari gas dan beban forklift.


2. Mekanisme katrol rantai

Sistem forklift ini terkadang disebut sebagai roller chain pulley. Pada mekanisme ini, piston hidrolik melekat pada dua struktur vertikal utama yang dikenal sebagai "tiang". Garpu yang digunakan untuk mengangkat beban bisa bekerja karena terdapat sepasang rol katrol rantai titik tumpunya membentuk roda gigi di atas tiang. Oleh karena itu, ketika piston hidrolik mendorong tiang ke atas maka roda gigi pada tiang ditekan akan ditekan rantai roller.

Cara agar tiang dapat bergerak ke atas adalah ketika rantai pada gear yang terpasang berputar searah jarum jam dan menarik garpu ke atas. Mekanisme ini penting karena dapat menjauhkan garpu dari jangkauan silinder. Jika tidak menggunakan sistem ini katrol rantai ini maka forklift akan membutuhkan silinder yang lebih tinggi untuk mengangkat beban dengan level ketinggian yang setara.


3. Mekanisme kontrol

Cara kerja forklift sebenarnya mirip dengan kereta golf karena memiliki roda kemudi, pedal akselerasi, rem, gigi mundur dan gigi maju. Forklift sendiri menggunakan kemudi roda belakang sehingga saat forklift dihidupkan, roda di poros belakang mulai berputar maju mundur. Mekanisme ini diterapkan pada forklift agar operator dapat mengambil tingkat rotasi dan presisi yang lebih besar saat mengambil atau memindahkan barang. Kontrol pengangkatan pada forklift umumnya terdiri dari dua tuas, yaitu tuas untuk pergerakan atas bawah dan tuas untuk memiringkan beban serta pergerakan maju mundur. Anda bisa melihat cara mengontrol forklift di sini.


Mekanisme Forklift

Komponen Forklift

Forklift memiliki rangkaian komponen penting. Kinerja mekanisme forklift juga didukung berbagai elemen berikut ini. Jadi, pastikan bahwa Anda memahami dan mengetahui bagian apa saja yang terdapat pada forklift. Berikut adalah daftar komponen forklift dan fungsi forklift:


1. Rangka kendaraan

Komponen paling vital yang menjadi dasar alat berat. Pada bagian ini terpasang rangkaian komponen utama lainnya termasuk roda, counterweight dan tiang.


2. Beban penyeimbang

Terdapat pemberat besi yang terpasang di bagian belakang forklift. Tujuan dipasangnya penyeimbang untuk mengimbangi beban yang diangkat di bagian depan forklift. Pada forklift elektrik, beban penyeimbang dipasang pada baterai.


3. Sumber daya

Forklift dapat beroperasi dengan mesin pembakaran internal. Pada umumnya bahan bakar yang digunakan adalah LPG, CNG, solar dan gas alam. Pada forklift listrik, daya diperoleh dari sel bahan bakar atau Baterai Asam Timbal.


4. Pengangkut

Kerangka pengangkut adalah komponen dasar untuk sebuah forklift. Kerangka ini dipasang pada rel tiang sehingga dapat dengan mudah dipindahkan ke atas dan ke bawah.


5. Tiang

Tiang adalah bagian vertikal yang mengangkat dan menekan beban. Komponen ini terdiri dari Rel Saling untuk pergerakan dan kontrol horizontal. Seperti kerangka pengangkut, tiang dapat dilengkapi dengan rol.


Demikianlah informasi mengenai mekanisme forklift. Pastikan bahwa komponen forklift sudah terpasang dan tidak ada kerusakan sehingga forklift bisa dioperasikan untuk memindahkan muatan yang ada di gudang pabrik perusahaan Anda. Jika Anda membutuhkan jasa sewa forklift, jangan ragu untuk segera menghubungi Ashe Forklift.


Baca juga: 8 Cara Mengoperasikan Forklift yang Benar

7 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua