Bagaimana Perawatan Forklift yang Benar?

Forklift merupakan alat berat untuk material handling yang berbentuk mobil kecil dengan 2 garpu besi untuk mengangkat barang. Peran forklift ini sangat penting untuk berbagai industri karena berfungsi untuk memindahkan dan mengangkat barang. Oleh karena itu forklift harus selalu dalam kondisi baik agar bisa berfungsi dengan maksimal. Perawatan forklift menjadi salah satu prioritas yang tidak boleh dilewatkan.


Sama halnya dengan alat berat lain, forklift juga bisa mengalami kerusakan apabila tidak dirawat dengan baik. Perawatan forklift bukanlah hal yang rumit hanya saja perlu ketelitian dan ketelatenan. Perawatan dan perbaikan forklift dibagi berdasarkan jenis forkliftnya yaitu forklift diesel dan elektrik.

Bagaimana Perawatan Forklift yang Benar?

Perawatan forklift Diesel

Forklift diesel merupakan salah satu jenis forklift yang paling banyak digunakan sebelum adanya jenis elektrik. Sesuai namanya, forklift ini menggunakan diesel sebagai bahan bakar sehingga ada banyak bagian yang perlu perawatan seperti mesin dan bagian yang lain. Berikut ini beberapa cara perawatan forklift diesel.


1. Pemeriksaan bahan bakar

Pemeriksaan utama yang harus dilakukan adalah pemeriksaan bahan bakar dan cairan lain yang digunakan untuk operasional forklift seperti cairan transmisi, minyak pelumas, dan hidrolik. Memastikan semua bahan bakar dan lainnya dalam kondisi standar sesuai dengan spesifikasi alat membantu forklift berfungsi dengan maksimal dan menghindari kerusakan. Selalu pastikan forklift sudah terisi bahan bakar sebelum digunakan agar bisa berfungsi dengan baik.


Sama seperti kendaraan lain, oli pada forklift juga harus diganti secara berkala. Selalu cek bila oli forklift sudah menjadi kental dan berwarna pekat karena harus diganti dengan yang baru. Oli pada forklift yang tidak diganti secara berkala akan menyebabkan korosi dan kerusakan pada mesin.


Baca juga: Kapan Ganti Oli Forklift ? Simak Jadwal Selengkapnya


2. Perawatan accu

Accu atau baterai merupakan salah satu komponen penting pada forklift. Bagian ini harus selalu diperiksa untuk memastikan forklift dalam kondisi baik. Air aki harus dalam batas standar dan tidak boleh terlalu banyak atau kurang. Selain itu, aki juga harus diisi daya secara berkala untuk memastikan fungsinya. Jangan menunggu air accu menjadi kering sepenuhnya sebelum mengisinya kembali karena akan menyebabkan kerusakan.

Selain itu, pastikan juga kabel pada accu terpasang dengan baik. Aki juga harus dalam keadaan bersih kering sehingga harus selalu diperiksa setidaknya satu minggu sekali.


3. Mengganti pelumas

Forklift mempunyai bagian yang bergerak seperti rantai sendi pada penyangga garpu depan. Selalu pastikan bila bagian ini mempunyai sudah cukup pelumas. Bila tidak mempunyai cukup pelumas akan mempengaruhi kinerja garpu hidrolik dan menyebabkan kerusakan.


4. Pemeriksaan hidrolik alat

Forklift menggunakan sistem hidrolik untuk menggerakkan garpu. Pemeriksaan hidrolik alat harus dilakukan secara berkala untuk menghindari kebocoran pada lift dan tilt silinder. Selain itu, selalu periksa pompa dan mesin hidrolik termasuk mengecek level cairan apakah sudah sesuai dengan standar.


Perawatan forklift Elektrik

Forklift elektrik menjadi salah satu jenis forklift yang banyak digunakan terutama untuk pekerjaan di dalam ruangan karena tidak mengeluarkan emisi gas seperti forklift diesel. Dari segi perawatan, forklift elektrik juga harus selalu diperiksa untuk memastikan fungsinya.


1. Perawatan baterai

Baterai pada forklift merupakan salah satu komponen penting yang paling mahal. Setidaknya baterai ini mempunyai harga seperemat hingga seperlima dari harga keseluruhan unit. Oleh karena itu baterai harus menjadi prioritas perawatan pada forklift elektrik. Baterai harus diisi daya secara berkala tanpa menunggu kapasitasnya habis. Isi ulang baterai forklift setidaknya ketika kapasitas daya masih 20% dan prosesnya jangan dihentikan sebelum baterai terisi penuh. Hal ini akan mempengaruhi usia dan kualitas baterai.


Selain itu, pastikan tutup baterai dalam keadaan terbuka untuk menghindari temperature panas. Pastikan tegangan listrik untuk pengisian daya sudah sesuai agar baterai tidak terbakar. Baterai forklift harus dibersihkan dengan rutin untuk memastikan tidak ada benda asing atau dalam keadaan basah yang bisa menyebabkan kerusakan.

Perawatan forklift Elektrik

2. Pemeriksaan berkala

Pemeriksaan forklift secara berkala harus menjadi bagian dari perawatan terutama untuk controller


dan baterai yang menjadi komponen paling mahal. Kerusakan pada komponen forklift menyebabkan unit tidak bisa berfungsi dengan baik. Pemeriksaan sebaiknya dilakukan setidaknya setiap 200 jam pemakaian atau satu bulan sekali.


3. Perawatan controller

Kontroler juga menjadi salah satu bagian paling mahal pada forklift namun perawatannya lebih mudah daripada baterai. Pastikan bila controller dalam keadaan kering untuk menghindari kerusakan dan bisa berfungsi dengan normal.


4. Perhatikan penyimpanan

Ketika tidak digunakan, forklift sebaiknya disimpan pada tempat yang tidak terkena sinar matahari dan hujan langsung. Begitu juga ketika digunakan, forklift elektrik lebih cocok digunakan di area dalam ruangan karena komponen kelistrikan mudah rusak bila terpapar cuaca.


Baca juga: Mengetahui 5 Hal Menyebabkan Kerusakan Forklift


Hal yang harus diperhatikan saat perawatan forklift

Baik forklift diesel atau elektrik, keduanya perlu perawatan secara rutin untuk memastikan tidak ada kerusakan. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat perawatan forklift.


1. Pemeriksaan sebelum digunakan

Setiap hari atau sebelum digunakan sebaiknya forklift harus diperiksa. Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah sejak awal pada mesin misalnya rem yang tidak berfungsi atau kebocoran selang. Tidak hanya untuk memastikan kondisi, namun pemeriksaan ini merupakan prosedur keamanan sebelum menggunakan forklift. Memeriksa unit dan mengidentifikasi masalah lebih awal membantu menghemat uang dan waktu untuk perbaikan daripada menunggu kerusakan unit yang lebih parah.


2. Ikuti petunjuk maintenance

Bila ditemukan ada kerusakan, sebaiknya hanya melakukan maintenance seperti yang sudah disarankan oleh pabrik. Sebagian besar unit forklift direkomendasikan untuk pemeriksaan dalam jangka waktu penggunaan tertentu. Pemeriksaan ini memastikan hal mendasar seperti perubahan kondisi cairan, penggantian oli, perbaikan rem, dan sejenisnya dilakukan tepat waktu.


3. Periksa kondisi ban

Selain bagian mesin dan kelistrikan, ban pada forklift juga harus diperiksa sebelum digunakan. Sama seperti kendaraan otomotif lainnya, ban forklift menjadi kunci agar unit bisa berfungsi dengan baik. Namun ban forklift lebih cepat rusak dibanding dengan kendaraan biasa karena area penggunaan yang berbeda.


Selain itu, ban forklift juga bisa bocor, kempis, dan kerusakan lain yang menyebabkan unit tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu ban pada forklift harus diperiksa termasuk memeriksa tekanan ban dan servis ban.


4. Bersihkan forklift setiap minggu

Menjaga kebersihan forklift menjadi salah satu prosedur perawatan unit. Forklift bisa dibersihkan setidaknya satu minggu sekali. Meskipun dari luar terlihat bagus namun unit bisa saja mengalami kerusakan pada bagian dalam karena penggunaan yang rutin. Selain itu, debu dan kotoran juga bisa menjadi penyebab kerusakan seperti penyumbatan pada radiator.


Membersihkan unit secara berkala seperti meniup radiator, mengganti filter, dan sejenisnya membantu menjaga fungsi forklift. Selain itu, menghindari penumpukan kotoran juga menghindari kerusakan atau aus yang disebabkan karena faktor eksternal.


5. Segera perbaiki bila ada masalah

Meskipun sudah melakukan pemeriksaan berkala, namun potensi kerusakan masih tetap ada terutama karena unit digunakan setiap hari. Bila ada kerusakan, sekecil apapun, sebaiknya segera diperbaiki karena kerusakan kecil menjadi awal kerusakan yang besar. Bila tidak segera diperbaiki, kerusakan kecil akan mempengaruhi kinerja forklift dan juga menyebabkan kerugian yang lebih besar. Oleh karena itu jangan menunggu forklift rusak parah untuk melakukan perbaikan karena biaya perawatan yang tidak sedikit.


Perawatan forklift menjadi bagian penting yang harus diperhatikan secara khusus. Forklift menjadi salah satu alat berat yang menjadi kunci kelancaran bisnis oleh karena itu fungsinya harus selalu diperhatikan dengan baik. Pemeriksaan harian forklift bisa dilakukan oleh karyawan namun untuk perbaikan alat sebaiknya dilakukan oleh teknisi ahli. Hal ini juga berlaku untuk servis rutin juga sebaiknya dilakukan oleh teknisi ahli.


Forklift menjadi salah satu unit penting di hampir semua bisnis. Menyewa forklift bisa menjadi salah satu solusi karena perawatan dan perbaikan forklift bukanlah hal yang mudah. Asheforklift.com menyediakan kebutuhan forklift dengan berbagai jenis dan tipe yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Dengan menggunakan jasa sewa forklift, anda tidak perlu lagi pusing dengan Perawatan forklift yang harus dilakukan secara rutin karena forklift yang digunakan sudah dipastikan dalam keadaan baik. Anda tinggal menggunakan unit saja sesuai dengan kebutuhan bisnis.

29 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua