Penggunaan Forklift Untuk Shipping Container

Forklift merupakan moda transportasi dalam dunia industri untuk memindahkan barang dalam satuan jarak pendek.


Karena kegunaannya yang beragam, Forklift sudah menjadi alat angkut multimoda. Dikenal pula sebagai truk garpu, Fork Truck, Jitney atau Forklift Truck, alat ini biasanya ditemukan pada perusahaan logistik, industri kargo, pergudangan hingga perusahaan ritel.



Fungsi Forklift


Fungsi utama Forklift adalah untuk memindahkan barang bertonase tinggi yang tidak efektif jika menggunakan tenaga manusia. Pada industri kargo, Forklift digunakan untuk memindahkan barang dengan muatan berat baik dari atas moda transportasi kargo maupun sebaliknya.


Untuk keperluan seperti, membutuhkan Forklift yang berkapasitas besar. Sementara itu, pada pergudangan dimana jalur distribusinya lebih sempit memerlukan Forklift yang sedang atau lebih kecil agar bisa meletakan hingga ke posisi yang sempit.


Keberadaan Forklift atau alat angkut jenis ini telah sangat memudahkan manajemen logistik dan manajemen gudang dengan peningkatan kecepatan perpindahan barang serta akurasinya. Untuk mendapatkan akurasi peletakan dan penataan barang, biasanya Forklift dihubungkan dengan sistem digital.


Jenis Forklift


Khusus dari TOYOTA, terdapat banyak jenis Forklift untuk menyanggupi berbagai kebutuhan baik dalam ruangan maupun luar ruangan. Secara umum, ada 3 jenis Forklift Toyota berdasarkan bahan bakar atau sumber energinya. Forklift yang menggunakan BBM disebut Internal Combustion (IC) Forklift, sementara Forklift yang tidak menggunakan BBM adalah forklift listrik.


1. IC Cushion Tire Forklift

Dari jenis Internal Combustion Forklifts yang didesain untuk penggunaan dalam ruangan. Permukaan ban dari karet halus memudahkan perpindahan forklift di atas ubin yang licin. Jenis ini juga dibuat untuk belok dengan mudah pada jalur sempit di antara rak-rak. Yang masuk ke dalam tipe ini adalah Core IC Cushion Forklift, Large IC Cushion Forklift, Box Car Special Forklift, dan Paper Roll Special Forklift.


2. IC Pneumatic Forklift

Dari jenis Internal Combustion Forklifts yang didesain untuk penggunaan di luar ruangan. Forklift jenis ini didesain untuk mampu memindahkan beban yang berkapasitas besar. Yang masuk ke dalam tipe ini adalah Core IC Pneumatic Forklift, Mid IC Pneumatic Forklift, dan Large IC Pneumatic Forklift.


3. Electric Forklift

Forklift ini menggunakan energi dari baterai dan sangat efisien digunakan di dalam ruangan untuk menghindari polusi khususnya pada industri makanan. Karena sifatnya yang demikian, forklift listrik umumnya dipakai juga dalam industri manufaktur, distribusi makanan dan minuman, di dalam gudang, ritel hingga beberapa industri yang membutuhkan mesin pemindah barang yang berkapasitas ideal.


Yang masuk ke dalam tipe ini adalah 3-Wheel Electric Forklift, Core Electric Forklift, Large Electric Forklift, Stand-Up Rider Forklift, dan Electric Pneumatic Forklift.


Masing-masing jenis Forklift di atas bisa dipakai untuk kebutuhan outdoor dan indoor. Namun agar fungsinya lebih efektif dan efisien maka pakailah berdasarkan kualifikasi tipe yang sudah disebutkan yang mana untuk kebutuhan berat dan di luar ruangan lebih cocok Forklift besar dari tipe nomor 2, untuk indoor dari tipe nomor 1 dan untuk kebutuhan ringan pada tipe nomor 3.


Pentingnya Forklift dalam bongkar muat barang Container


Container atau peti kemas digunakan dalam industri kargo untuk pengiriman barang dalam jumlah banyak atau bertonase tertentu. Sebagian besar kontainer terbuat dari bahan baja sehingga meskipun dalam keadaan kosong, container tetap terlalu berat untuk diangkat menggunakan tenaga manusia.


Peti kemas sudah merupakan alat pengangkutan yang sudah memenuhi standarisasi ISO yang mana perangkat ini digunakan untuk menyimpan barang muatan untuk diangkut dengan berbagai moda transportasi besar seperti kapal kontainer laut, truk peti kemas, dan kereta api. Terdapat 3 ukuran standar peti kemas yaitu peti kemas 20 kaki, peti kemas 40 kaki, dan peti kemas 45 kaki.


Jenis container bermacam-macam tergantung fungsinya dalam pengangkutan seperti container barang yang berfungsi untuk diisikan berbagai jenis barang seperti drum, container tangki untuk memuat tangki dengan bahan berbahaya seperti minyak dan gas, container berpendingin untuk mengangkut bahan makanan seperti sayur dan daging, container curah untuk beras atau gandung, serta container generator.


Berkembangannya industri kargo atau pengiriman ke kondisi yang lebih baik, membuat penggunaan container semakin umum. Di sisi yang sama, peningkatan penggunaan container memicu pertumbuhan perekonomian menjadi lebih baik. Maka dari itu, industri kargo dan logistik mendapatkan perhatian yang cukup besar dari berbagai pihak termasuk dari industri transportasi dan alat angkut.


Baca juga: mengenal 5 hal tentang kapasitas forklift berdasarkan jenisnya


Manfaat Forklift Untuk Bongkar Muat Barang Pada Container


Berbagai jenis forklift telah sangat bermanfaat dalam shipping container, baik untuk memindahkan barang dari kontainer saat proses pembongkaran maupun untuk membawa barang dari gudang menuju container.


Toyota mendesain setiap jenis forklift-nya untuk digunakan untuk setiap kebutuhan meskipun untuk kebutuhan shipping container akan lebih mudah menggunakan tipe IC Pneumatic Forklift.


Tipe ini sangat cocok untuk kebutuhan luar ruangan karena bertenaga besar, mampu mengangkat beban yang berat, serta memiliki daya tahan unggul. Forklift dari tipe IC Cushion Tire Forklift dan Electric Forklift tetap bisa dipakai untuk pekerjaan jenis ini, namun harus memperhatikan kapasitas serta daya tahannya. Penggunaan Forklift yang tidak tepat, membuat alat angkut ini cepat rusak.


Jenis Forklift Toyota yang sekira cocok untuk proses bongkar muat barang peti kemas adalah High-Capacity Cushion Forklift, High-Capacity Large Cushion Forklift, High-Capacity Adjustable Wheelbase, High-Capacity Core IC Pneumatic, High-Capacity IC Pneumatic, High-Capacity Electric Cushion Forklift, Loaded Container Handler, Loaded Container Handler, dan Reach Stacker Container Handler.


Jenis-jenis ini dibuat untuk proses perpindahan barang yang besar dan berat untuk kondisi luar ruangan.


Dalam penggunaannya, tidak mesti hanya menggunakan satu jenis forklift saja. Perpaduan beberapa jenis dari moda angkutan ini justru menambah efisiensi. Misalnya memindahkan barang dari container menuju gudang membutuhkan dua jenis forklift yang berbeda, yang pertama untuk angkut barang bongkaran dari kontainer menuju muka gudang, yang kedua untuk memindahkan barang dari muka guang ke dalam gudang penyimpanan. Dengan cara yang benar, penggunaan forklift sangat meningkatkan kinerja perusahaan angkutan barang.


Bila anda membutuhkan jasa sewa forklift di Jakarta, Tangerang, Bogor dan sekitarnya anda dapat menghubungi CV. Ashe Forklift untuk mendapatkan penawaran terbaik dari kami.


11 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua