Mengenal Forklift Merk CAT dan TCM Yang Banyak Di Indonesia

Di Indonesia, merk forklift Cat dan TCM menjadi 2 merk yang paling terkenal dan saling bersaing. Bisa dibilang, kedua merek tersebut adalah perusahaan yang memproduksi dan menjual alat berat seperti truck, container, forklift serta kebutuhan-kebutuhan industri lainnya yang pertama dan masih bertahan hingga saat ini.


Tidak seperti Toyota dan Isuzu, Cat dan TCM bergerak khusus di bidang produksi alat berat. Sehingga banyak orang yang tidak meragukan lagi kualitas produk-produk konstruksi dan industri dari kedua merk tersebut.


Tetapi jika diminta memilih salah satu dari merk forklift Cat dan TCM, maka kira-kira yang paling bagus? Baik dari segi kualitas, harga maupun variasi pilihan dan ketersediaan di Indonesia.


merek forklift cat dan tcm

Baca juga: Mana Lebih Baik Forklift Bekas vs Forklift Baru


Nah untuk menemukan jawabannya, mari kita pelajari dulu tentang merk forklift Cat dan TCM dalam artikel berikut ini.


Brand Forklift Caterpillar

Nama "Cat" sebenarnya diambil dari nama lengkap perusahaan yaitu Caterpillar. Seperti yang sudah dikatakan tadi, Caterpillar merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi dan penjual alat berat seperti traktor, forklift, dan lain sebagainya.


Di Indonesia sendiri, sudah banyak agen maupun distributor resmi yang sudah bekerja sama dengan Cat. Sehingga tidak sulit untuk menemukan forklift dengan merk ini. Dan karena sudah banyak dipasaran, tentunya harga forklift Caterpillar juga bersaing dengan merk-merk lainnya.


Bahkan di awal tahun 2020 lalu, forklift Cat menjadi salah satu yang paling laris sepanjang tahun. Padahal pada masa itu, pasar alat berat tengah melemah karena pandemi yang sudah dimulai di Amerika Serikat, negara asal sekaligus tempat produksi seluruh forklift dari Cat.


Sejarah Forklift CAT di Indonesia


Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, Caterpillar lahir di Amerika Serikat. Tepatnya di California, USA, pada tahun 1925. Berdasarkan Wikipedia, perusahaan ini berfokus pada produksi alat-alat kontruksi, industri, pembangunan dan pertanian.


Di Indonesia, produk-produk Caterpillar dijual melalui distributor resmi yaitu Trakindo. Mengutip dari situs resmi Trakindo, perusahaan ini berhasil membawa dan mendirikan dealer Cat pertama di Indonesia pada tahun 1988. Dimana pada masa itu pembangunan infrastruktur negeri tengah sangat gencar. Khususnya di kota-kota besar serta daerah yang menjadi


jalur perdagangan.


Jenis Forklift Cat yang Tersedia di Indonesia


Caterpillar juga menyediakan berbagai macam jenis forklift dengan spesifikasi dan tipe yang berbeda-beda. Mulai dari yang bisa mengangkut beban 2 ton hingga lebih dari 15 ton.


Tetapi jenis forklift Cat yang paling laris di Indonesia adalah yang bisa mengangkut beban 3 ton. Karena multifungsi serta harganya yang bisa dibilang terjangkau oleh pengusaha UMKM yang masih baru maupun yang sudah lama membutuhkan alat ini. Selain dari forklift 3 ton, Caterpillar juga menyediakan forklift tipe lain seperti:

· DP15N, 1,5 Ton bertenaga Diesel

· DP25N, 2,5 Ton bertenaga Diesel

· DP50N, 5 Ton bertenaga Diesel

· DP100N, 10 Ton bertenaga Diesel

· Dp150N, 15 Ton bertenaga Diesel



Kenapa Harus Pilih Forklift Cat?


Beberapa dari Anda mungkin tahu bahwa kualitas barang hasil produksi negara barat seperti Amerika Serikat, German, Belanda dan negara-negara Eropa lainnya terkenal awet dan tahan lama. Termasuk juga pada forklift yang diproduksi oleh Caterpillar ini — yang mana berasal dari Amerika.


Jadi jika Anda ingin menggunakan forklift untuk jangka panjang, maka Caterpillar adalah pilihan terbaik. Dan dengan adanya Trakindo sebagai distributor resmi, tentunya proses pembelian forklift Cat menjadi jauh lebih murah, cepat dan terjangkau. Anda tidak perlu lagi mengurus pengiriman dari USA, surat-surat, pajak dan lain sebagainya.


Brand Forklift TCM



Karena kita sedang membicarakan merk forklift Cat dan TCM, maka berikutnya kita akan membahas juga tentang lift truck merk Toyo Carriers Manufacturing alias TCM. Sama seperti Cat, TCM juga bergerak khusus di bidang produksi alat berat seperti truck, forklift, traktor dan mesin untuk kebutuhan konstruksi, pertambahan serta pembangunan yang lainnya.


Toyo Carriers Manufacturing sendiri merupakan salah satu anak perusahaan dari Mitsubishi, perusahaan yang memproduksi otomotif lainnya seperti mobil dan motor. Dan karena sama-sama diproduksi di Asia, maka lebih mudah mencari forklift TCM dibandingkan merk Cat.


Sejarah Forklift TCM


Baik Toyo Carriers Manufacturin maupun Mitsubishi juga sama-sama lahir di negara yang sama, yaitu Jepang. Perusahaan ini pertama kali berdiri di tahun 1949 dengan 4 hasil produksi pertama yang dikirim ke Kobe, Osaka.


Jika Cat masuk ke Indonesia melalui Trakindo, TCM didistribusikan di negeri ini melalui perusahaan Kasana Teknindo Gemilang. Walaupun sebenarnya membeli forklift TCM langsung ke negri asalnya tidak sesulit ketika Anda ingin membeli produk Caterpillar.


Baca juga: Ini dia sejarah forklift dan perkembangannya


Jenis Forklift TCM yang Ada di Indonesia


Dibandingkan Cat, jenis forklift TCM yang ada di Indonesia jauh lebih bervariasi. Hal ini juga dipengaruhi dengan ciri khas perusahaan asal Jepang, China dan Korea yang selalu berekperimen dan menciptakan fitur-fitur baru untuk setiap produk mereka.


Sehingga meskipun semua forklift memiliki kegunaan yang kurang lebih sama, tetapi tiap jenis punya kelebihan dan keunggulannya masing-masing. Nah, berikut ini adalah jenis-jenis forklift dari Toyo Carriers Manufacturing yang bisa Anda temukan di Indonesia.

· PAW18T Pedestrian Pallet Truck

· Order Pickers

· PAP25T-ES Pallet Truck with Platform

· 18T-B Straddle Stacker

· STW15T Pedestrian Stacker

· Pallet Stackers

· Pallet Trucks


Anda juga bisa melakukan pemesanan secara pre-order bila ada forklift yang Anda inginkan namun tidak tersedia oleh Kasana Teknindo Gemilang.


Kenapa Harus Pilih Forklift TCM?


Karena diproduksi di Asia, maka biaya pengiriman forklift TCM jauh lebih murah daripada Caterpillar yang dikirim dari Amerika Serikat. Hal ini menjadi perbandingan yang paling terlihat antara merk forklift Cat dan TCM.


Dan seperti yang sudah disinggung tadi, TCM selalu bereksperimen dengan produk-produk yang mereka ciptakan. Sehingga Anda bisa menemukan forklift yang paling cocok dengan kebutuhan sendiri. Tidak seperti Cat yang hanya memproduksi dan menyediakan lift truck untuk general use saja.


Terakhir, produk yang Anda beli dari Toyo Carries Manufacturing ini juga memiliki banyak spare part yang tersedia di Indonesia. Sehingga bila Anda memiliki kerusakan atau kendala pada alat yang sudah tua, tidak perlu lagi melakukan pre-order suku cadangnya dan menunggu hingga berbulan-bulan.


Tempat Sewa Merk Forklift Cat dan TCM di Jakarta


Jika setelah mengetahui perbandingan merk forklift Cat dan TCM di atas Anda memutuskan untuk menyewa daripada membeli, maka Ashe Forklift siap membantu memenuhi keputusan tersebut. Karena Ashe Forklift merupakan salah satu rempat rental forklift terlengkap di Jakarta dan sekitarnya.


CV. Ashe Forklift juga menyediakan merk Cat dan TCM yang bisa disewa. Sehingga Anda bisa melakukan perbandingan dulu dan menentukan mana yang paling cocok sesuai kebutuhan bisnis masing-masing.


Ashe Forklift beroperasi di wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bogor. Perusahaan ini juga sudah dipercaya oleh banyak brand yang menyelenggarakan event besar seperti Big Bad Wolf, Asian Games 2018 dan menjadi partner resmi dari Ice BSD Tangerang.


Oleh karena itu, segera kunjungi situs resmi atau hubungi Ashe Forklift melalui media sosial dan nomor kontak yang tertera di sana untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.


Itulah dia penjelasan dan sedikit perbandingan antara merk forklift Cat dan TCM. Silahkan Anda tentukan sendiri mana yang paling bagus dan cocok untuk kebutuhan maupun budget yang dimiliki.

41 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua