top of page

Ini Dia Sejarah Forklift Dan Perkembangannya

Diperbarui: 20 Jan 2021

Dikenal dengan nama fork truck, sejarah forklift telah hadir sejak 80 tahun yang lalu atau bahkan lebih. Sejak dulu keberadaan alat yang satu ini memang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan industri. Meskipun tidak diketahui dengan pasti siapa penemu alat yang satu ini, namun pihak perusahaan yang memproduksi alat tersebut untuk pertama kali diketahui berasal dari Clark Company yang mulai diproduksi olehnya pada tahun 1917.


Dengan fungsi yang dimilikinya, tak perlu lama untuk memperkenalkan alat ini pada seluruh penjuru dunia. Pasalnya banyak sekali bidang perindustrian yang mulai tertarik untuk menggunakannya. Hal ini terbukti dari banyaknya perusahaan yang turut menggunakan alat berat tersebut hingga saat ini.


Sejarah Penggunaan Forklift

Sementara itu, banyak pula di antaranya masyarakat yang tidak tahu dengan pasti bahwa forklift yang sekarang berbeda dengan jenis forklift sebelumnya. Hal ini berkaitan dengan tingkat kecanggihan teknologi masa kini. Sehingga banyak bagian yang mulai dieliminasi dan diupgrade dengan beberapa bagian baru lainnya.



Sejarah forklift pada awal penemuannya


Untuk jenis truck fork pertama kali yang digunakan adalah jenis truk tangan. Alat yang satu ini dibuat dengan menggunakan roda besi cor serta as dari besi tempa. Dengan alat tersebut, tentunya para pekerja pun tidak perlu lagi menggunakan akat pengangkut beroda empat. Bahkan para pekerja yang melakukan aktivitas di dermaga pun tidak perlu merasa khawatir kembali akan terkena cedera karena harus mengangkat beragam jenis benda atau barang dengan ukuran besar.


Sementara itu, memasuki tahun 1887, model dari truck fork mulai dibuat untuk pertama kalinya. Alat yang satu ini dikenal dengan kemampuannya yang dapat mengangkat beban pada platform tertentu dangan jarak beberapa inci dari bagian tanah. Setelah itu, di tahun 1909 mulai hadir versi terbaru yang dimilikinya yang dibuat dengan model truck fork. Sedangkan bahan yang digunakannya adalah besi. Alat ini mulai dikomersilkan meski keberadaannya berada dalam jumlah sedikit. Hal ini berkaitan dengan kekuatannya yang masih lemah.


Setelah itu, di tahun 1917, perusahaan Clark Company mulai memperkenalkan mesin terbaru yang mulai diproduksi olehnya. alat tersebut dikenal dengan nama tructractor yaitu jenis kendaraan pengangkut yang memiliki keseimbangan tinggi dan dapat digunakan di area pergudangan atau bahkan pabrik.


Pada mulanya Clark tidak berencana untuk melakukan penjualan dari jenis kendaraan tersebut. Pasalnya tructractor yang dimilikinya hanya ditujukan untuk penggunaan secara peibadi di dalam perusahaan yang dimilikinya saja. Namun setelah banyak orang yang melakukan kunjungan dan melihat kendaraan tersebut, mereka meminta Clark untuk menjualnya.


Dari permintaan tersebutlah perusahaan yang satu ini mulai membuat alat tersebut secara masal dan melakukan penjualan atasnya. Dengan demikian, sejarah mengenai penggunaan forklift pun dimulai dari saat ini. Meskipun desain yang dimilikinya semula berbeda dengan jenis forklift yang ada saat ini. Namun keberadaannya telah menginspirasi hadirnya alat forklift yang banyak digunakan pada saat ini.


Keberadaan truck fork yang semakin canggih dan bertenaga


Seiring dengan perkembangan zaman seta teknologi yang semakin canggih. Truck ini pun mengalami perubahan yang terlihat dari segi kekuatannya. Seperti di tahun 1920, truck ini mulai menggunakan sistem hidraulik sehingga menjadikannya sebagai alat yang lebih kuat dalam mengangkut beban. Tidak hanya itu, komponen listrik juga mulai digunakan pada alat ini, utamanya pada bagian derek kecil yang berfungsi sebagai alat untuk mengangkat beban ke bagian dasar truck.

Forklift lama

Dalam perkembangan lainnya, juga terlihat dari segi kecepatan truk. Jika sebelumnya truk tersebut memiliki kecepatan yang lambat. Kini truk tersebut semakin cepat sekali pun kehadirannya disertai dengan beban yang berat.



Penambahan cantilever sebagai pengakut barang secara vertikal


Cantilever dikenal sebagai tiang pengangkat yang dapat digunakan secara vertikal. Alat ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1923 oleh para insinyur yang berasal dari Universitas Yale. Alat tersebut dibuat dengan menggunakan arus listrik yang dapat digunakan dengan cara mengangkat bagian garpu serta muatan yang ada padanya dengan melalui tiang cantilever itu tadi.

Alat inilah yang kemudian dikenal sebagai awal mula dari forklift yang ada saat ini. Meski demikian kehadiran alat tersebut dinyatakan kurang populer. Hal ini berkaitan dengan salah satu kekuatan yang dimilikinya. Kekurangannya tersebut berasal dari bagian palet yang terlalu lebar atau bahkan terlalu kecil, sehingga kurang efektif untuk digunakan mengangkut barang.


Dari penjelasan di bagian atas tadi, tentunya Anda dapat melihat bahwa forklift yang ada saat ini berawal dari sebuah truk yang mungkin kehadirannya memiliki bentuk berbeda dengan forklift saat ini. Meski demikian, penggunaannya jelas ditujukan untuk hal yang sama.


Karena itulah jika dilihat dari segi fungsi atau penggunaan tentunya tidak ada banyak perubahan dari sejarah forklift tersebut. Pasalnya penggunaan forklift tetap ditujukan untuk hal yang sama yaitu membantu bidang perindustrian di area pergudangan dan lainnya.


Sementara itu, bagi Anda yang membutuhkan forklift dengan harga terjangkau. Cobalah untuk menggunakannya dengan cara sewa di Asheforklift. Selain dikenal dengan penawaran harga menarik, forklift yang ditawarkannya pun cukup beragam. Lihat Ukuran Forklift yang Ashe Forklift sediakan.

574 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
Post: Blog2_Post
bottom of page