Mana Lebih Baik Forklift Bekas vs Forklift Baru

Hingga saat ini masih banyak orang yang memperdebatkan antara forklift bekas vs baru. Mengingat harga truk ini cukup mahal, tidak sedikit pengusaha yang membeli forklift bekas meskipun untuk pemakaian jangka panjang. Sedangkan pendapat lain mengatakan hal tersebut tidak aman dan membahayakan operator maupun karyawan yang lain.


Tetapi apakah benar forklift bekas tidak aman untuk digunakan? Apakah satu-satunya jalan yang ada hanya dengan membeli forklift baru yang harganya selangit? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita pelajari bersama mengenai forklift bekas vs baru dalam artikel berikut ini.


forklift bekas vs forklift baru

Kelebihan dan Kekurangan Forklift Bekas vs Baru


Untuk menemukan mana yang lebih baik antara forklift bekas vs baru, kita perlu membuat sebuah perbandingan. Perbandingan ini akan menunjukan keuntungan maupun kekurangan membeli lift truck yang masih baru dan yang sudah bekas.


Jadi sebelum memutuskan untuk beli, silahkan lihat dulu apa saja kekurangan dan kelebihan yang akan Anda dapatkan.


Kelebihan Beli Forklift Baru


Keuntungan membeli forklift baru yang paling utama pastinya adalah garansi. Seperti yang dikatakan tadi, harga forklift 1 ton sekalipun bisa berada di angka ratusan juta. Oleh karena itu garansi menjadi hal yang paling penting ketika membeli benda ini.


Sehingga ketika ada kerusakan atau cacat pabrik yang baru diketahui setelah beberapa hari pemakaian, Anda sebagai pembeli bisa mengajukan klaim garansi untuk ditukar dengan yang baru.


Bukan hanya itu, seluruh part dalam forklift yang baru juga masih fresh tanpa ada bekas service-an orang lain. Dengan begitu standar keamanan untuk setiap bagian forklift pun masih terjamin. Hal inilah yang membuat banyak orang berpikir membeli lift truck baru lebih aman dibandingkan yang bekas.


Jadi jika disimpulkan, berikut ini adalah kelebihan beli forklift baru yang akan Anda dapatkan.


Bergaransi

Semua part masih baru dengan standar keamanan international


Kekurangan Beli Forklift Baru


Dibalik kelebihan tadi, ada juga kekurangan yang akan Anda rasakan ketika membeli forklift baru. Yang pertama adalah mahalnya biaya baik ketika membeli produk, pengurusan surat-surat, biaya pengiriman, dan lain-lain. Karena ternyata, membeli forklift baru tidak semudah membeli mobil atau motor.


Selain itu, jenis forklift baru yang tersedia di showroom juga cenderung terbatas. Biasanya, perusahaan-perusahaan yang menjual lift truck ini hanya menyediakan truk jenis 3 ton atau 2 ton. Sebab harga forklift 2 ton dan 3 ton adalah yang paling terjangkau dan paling banyak dicari.


Sedangkan jika Anda perlu model lain, maka perlu dilakukan pre-order dengan biaya pengiriman yang ditanggung oleh pembeli melalui penjual. Selain mahal, pre-order forklift baru juga memakan waktu hingga berbulan-bulan. Jadi jika disimpulkan, kekurangan dari beli forklift baru adalah:

  • Mahal

  • Pengurusan surat-surat dan dokumen yang rumit

  • Pilihan terbatas

  • Perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk pre-order

  • Lama

Baca juga: Mengetahui 7 Jenis Forklift berdasarkan kegunaannya


Kelebihan Membeli Forklift Bekas


Demi membuat perbandingan yang seimbang antara forklift bekas vs baru, kita juga perlu mengetahui apa saja kelebihan membeli forklift bekas.


Salah satu kelebihan yang paling utama dari lift truck bekas tentunya adalah harga yang lebih terjangkau. Jika dihitung, Bahkan Anda bisa mendapatkan forklift dengan tipe yang sama hanya dengan setengah harga normal jika membeli bekas.


Selain itu, forklift bekas juga punya pilihan model yang lebih banyak. Hal ini dikarenakan banyak perusahaan yang sudah collapse yang menjual alat-alat mereka dengan berbagai macam jenis.


Terakhir, menemukan forklift bekas juga tidak sesulit mencari yang baru. Karena stoknya selalu tersedia dalam jumlah banyak dan terus bertambah. Jadi jika disimpulkan, kelebihan membeli forklift bekas yang bisa Anda rasakan adalah seperti berikut.

  • Murah

  • Ada banyak pilihan model

  • Mudah didapatkan


tips membeli forklift

Kekurangan Forklift Bekas


Sekarang tentang kekurangan membeli forklift bekas. Beberapa dari Anda pastinya sudah tahu jika membeli barang bekas-dalam bentuk apapun- pasti akan lebih cepat rusak. Karena barang yang kita beli sudah pernah digunakan oleh orang lain yang mungkin kurang apik dalam merawatnya.


Selain itu, forklift bekas juga bisa jadi sudah pernah diservis karena kerusakan tertentu. Sedangkan hasil servis tersebut belum tentu bisa bertahan lama seperti barang yang masih baru.


Sedangkan ketika membeli forklift bekas, Anda tidak akan mendapatkan garansi reparasi maupun ganti baru. Beberapa penjual mungkin akan memberi garansi. Tapi biasanya, garansi tersebut hanya berlaku untuk 2 atau 3 bulan setelah pembelian. Jadi jika disimpulkan, berikut ini adalah kekurangan dari membeli forklift bekas.

  • Barangnya sudah tua

  • Tidak bergaransi


Tips Beli Forklift Bekas


Setelah melihat perbandingan forklift bekas vs baru di atas, dapat disimpulkan bahwa membeli forklift bekas tidak selamanya buruk. Barang yang akan Anda dapatkan memang sudah tua, tetapi ada keuntungan lain seperti harganya lebih murah dan banyak pilihan.


Tetapi dikutip dari situs Ritchie Bros Auction, ada beberapa hal penting yang perlu Anda periksa ketika membeli lift truck bekas, di antaranya:


Cek Atap dan Protector Operator


Memeriksa atap dan bagian-bagian yang berkaitan dengan safety untuk operator sangatlah penting. Namun sering kali hal ini dilakukan terakhir, setelah memeriksa kondisi mesin dan lainnya.


Padahal demi memprioritaskan keselamatan pekerja, hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika membeli forklift bekas adalah dengan memeriksa bagian pengaman pada truck, khususnya di bagian atap. Pastikan kondisi atap tersebut masih normal, belum pernah terbanting oleh beban dan belum memiliki bekas retakan, benturan maupun penyok.


Periksa Fungsi Umum


Setelah memastikan safety masih bagus, berikutnya periksa fungsi umum pada forklift. Misalnya berjalan dengan kecepatan normal, mengangkat hidrolik tanpa beban, memeriksa kondisi stater mesin dan lainnya.


Tahap pemeriksaan ini tidak jauh berbeda dengan ketika Anda mengecek fungsi-fungsi umum saat ingin membeli mobil bekas.


Cek Kekuatan Hidrolik dan Silinder


Berikutnya, Anda perlu menguji kekuatan hidrolik dan silinder pada forklift. Karena umumnya, forklift bekas yang sudah pernah mengalami kebocoran hidrolik tidak akan bisa mengangkut beban sesuai dengan beban maksimal yang tertera.

Hal seperti itu wajib Anda ketahui agar tidak terjadi kerusakan lanjutan yang bisa membahayakan pekerja. Jika masih ada pilihan lain, silahkan pilih forklift yang hidrolik dan silindernya belum pernah rusak.


Periksa Garpu dan Tiang


Terakhir, periksa garpu atau fork dan tiang pada forklift. Pastikan tidak ada tanda seperti lekukan, miring, bekas las, mapun retak di kedua bagian ini.


Sebab tanda-tanda tersebut mengartikan forklift sudah digunakan untuk pekerjaan berat yang tidak sesuai ketentuan. Bengkok atau lekukan pada garpu hanya akan terjadi bila forklift mengalami overload saat mengangkut beban melebihi batas.


Baca juga : 6 bagian pada Forklift Diesel


Tempat Beli Forklift Bekas di Jakarta


Jika setelah membaca perbandingan forklift bekas vs baru tadi Anda masih ingin beli yang bekas, namun bingung dimana tempat beli forklift bekas di Jakarta dan sekitarnya, maka jawabannya adalah Ashe Forklift.


Ashe Forklift merupakan tempat rental sekaligus penjual forklift resmi dan bersertifikat yang beroperasi di Jakarta dan sekitarnya. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai macan lift truck dengan harga yang sangat terjangkau.


Itulah dia perbandingan forklift bekas vs baru dan tips membeli lift truck bekas agar tetap aman. Jika ingin berkonsultasi dulu mengenai forklift mana yang paling cocok untuk bisnis Anda, jangan ragu untuk menghubungi Ashe Forklift.

43 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua