top of page

Jenis Layanan Logistik dan Pentingnya Bagi Pebisnis

Istilah layanan logistik dapat ditemukan di mana pun Anda berada. Umumnya logistik sering dipakai untuk rangkaian perencanaan, pengawasan, hingga suatu proses perpindahan. Sebagai contoh, layanan logistik yang paling sering dijumpai adalah jasa pengiriman barang dengan jangkauan di dalam kota maupun antar kota.


Layanan logistik memiliki beberapa jenis yakni proses logistik pihak ketiga, perantara pengiriman barang, hingga layanan gudang. Umumnya orang yang terlibat dalam layanan logistik akan menjalani proses training terlebih dahulu.

Jenis Layanan Logistik dan Pentingnya Bagi Pebisnis

Key takeaways:

  • Layanan logistik adalah jasa pengiriman barang serta mengatur manajemen barang, misalnya pengiriman hingga pengawasan.

  • Ada beragam jenis layanan logistik, salah satunya adalah layanan gudang dan jasa bongkar muatan.

  • Salah satu cara yang harus dipahami saat hendak membangun bisnis logistik adalah membuat rencana kegiatan operasional.


Sejarah Logistik 

Kata logistics pertama kali muncul pada awal Januari 1810 di salah satu majalah dengan judul Scots Magazine and Edinburgh Literary Miscellany for January 1810. Jika dilihat pada halaman 286, seorang dokter yakni Dr. William Muller yang mengajar ilmu militer di Universitas Gottingen, sedang berencana meluncurkan buku berjudul "The Elements of the Art of War".


Dari buku tersebut kata logistics pertama kali muncul. Buku ini membahas strategi-strategi militer untuk prajurit infanteri, kavaleri, artileri, dan pontonier. Kemudian pada 1905, kata supply chain muncul pertama kali di koran The Independent, Inggris.


Singkatnya setelah perang dunia II selesai, peran logistik beralih dari peperangan ke bisnis komersial. Distribusi barang dimulai pertama kali yang fokus pada kegiatan outbond. 


Manajemen logistik semakin berkembang lantaran meningkatnya permintaan dan kebutuhan atas suatu barang. Tak hanya mengawasi dan memastikan barang sampai ke tujuan dengan selamat, tetapi logistik juga memperhatikan aspek kualitas, kuantitas, jarak, dan ketepatan waktu pengiriman dan penerimaan barang.


Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan logistik adalah layanan yang dibuat untuk mewujudkan sebuah pergerakan barang, agar dapat berpindah secara efektif dan maksimal melalui semua proses. Termasuk perencanaan, pelaksanaan, dan monitor yang jelas dari tempat pemberangkatan hingga tujuan.

Tujuan Logistik

1. Efisiensi Operasional

Tujuan logistik yang pertama adalah meningkatkan efisiensi operasional dalam rantai pasok. Caranya adalah dengan mengoptimalkan aliran barang dan informasi, operasional logistik dapat mempersingkat waktu, menghindari stok berlebih, dan meminimalkan biaya operasional secara keseluruhan.


2. Melayani Pelanggan dengan Baik

Logistik bertujuan untuk memberikan pelayanan kepuasan pelanggan yang lebih baik, dengan memastikan produk atau layanan yang menyediakan dengan waktu yang tepat. Hal ini mencakup pengiriman tepat waktu, penanganan pesanan yang efisien, serta pemenuhan permintaan pelanggan dengan baik.


3. Pengendalian Persediaan Kebutuhan

Tujuan logistik yang terakhir adalah mengendalikan persediaan dengan baik. Dengan memonitor persediaan secara efektif, logistik dapat menghindari stok berlebih atau kekurangan persediaan. Tak hanya itu, mengendalikan persediaan juga dapat mengurangi kerugian karena kerusakan atau kepunahan produk.


Cara Membangun Bisnis Logistik

1. Tentukan Jangkauan Usaha Logistik 

Dalam industri logistik, Anda tentunya akan terlibat dalam kegiatan pengiriman barang yang memiliki cakupan dari berbagai lokasi dan wilayah. Namun, tidak semua pelaku bisnis dalam sektor memiliki kapasitas untuk mengirimkan paket ke setiap lokasi. Oleh karena itu, langkah awal penting yang harus dilakukan adalah adalah menetapkan batasan jangkauan pengiriman layanan kargo. 


2. Ketahui Bentuk Usaha yang Dimiliki

Langkah selanjutnya dalam memulai bisnis logistik adalah menentukan bentuk perusahaan jasa untuk mengirimkan barang atau paket yang akan didirikan. Pilihan ini tergantung pada jumlah sumber daya yang hendak dimiliki seperti modal finansial, kendaraan, dan karyawan. Setiap jenis badan usaha layanan perusahaan logistik memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.


3. Buat Rencana Kegiatan Operasional Bisnis 

Salah satu langkah tambahan yang harus dicoba saat memulai bisnis logistik adalah mengembangkan rencana bisnis atau Standar Prosedur Operasional (SOP). Rencana ini berfungsi untuk mengatur penugasan khusus dalam setiap tugas, serta menetapkan tujuan pengiriman yang spesifik untuk setiap paket barang yang diterima. 


Selain itu penting bagi Anda untuk menyusun jadwal layanan pengiriman pada hari-hari tertentu. Langkah tersebut sangat membantu dalam menetapkan target harian atau mingguan yang harus dicapai. 


4. Menghitung Modal Usaha yang diperlukan

Selanjutnya adalah menghitung modal usaha yang diperlukan. Aspek modal usaha merupakan hal penting yang tidak boleh terlewat. Modal tersebut mencakup berbagai biaya misalnya pengeluaran untuk kendaraan, biaya sewa tempat, serta biaya perizinan usaha. Hal-hal tersebut harus dianalisis secara teliti dan tercatat dalam catatan keuangan.


Pastikan untuk memisahkan biaya peralatan kantor seperti alat pengukur barang, perlengkapan kantor, dan komputer dari biaya sewa tempat usaha. Selain itu, pastikan juga untuk memiliki dana cadangan yang dapat digunakan dalam situasi darurat. 


5. Daftarkan Bisnis Untuk Mendapatkan Izin Resmi

Langkah berikutnya dalam memulai bisnis perusahaan logistik adalah melakukan pendaftaran identitas bisnis kepada otoritas yang berwenang. Setiap perusahaan harus memiliki surat izin resmi untuk dapat menjalankan operasinya. 


Dalam dunia bisnis, istilah yang umum adalah Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP. SIUP berbentuk formulir yang memuat informasi penting seperti nama perusahaan, nomor identifikasi perusahaan, dan alamat kantor pusat. 



Jenis Layanan Perusahaan Logistik

Jenis Layanan Perusahaan Logistik

1. Logistik Pihak Ketiga atau Third Party Logistic (3PL)

Jenis layanan 3PL dapat membantu dalam outsource proses seperti penyimpanan barang, manajemen inventaris, dan pemenuhan pesanan ke penyedia layanan bongkar muat pelabuhan. Hal tersebut dikarenakan jenis layanan logistik ini memiliki jenis layanan logistik dalam bidang usaha yang kecil, sehingga perusahaan e-commerce fokus pada aspek lain dari bisnis yang utama.


Namun penggunaan fasilitas 3PL mampu berpotensi menghemat biaya dan mengurangi kontrol atas proses logistik. Sehingga, layanan ini cocok untuk dimiliki oleh pebisnis yang marginnya belum begitu besar serta daya angkut yang masih bisa dipertimbangkan.


2. Layanan Kurir Perantara Pengiriman Barang (Freight Forwarding)

Perusahaan pengiriman barang bertugas untuk memastikan pengiriman dari produsen ke pusat pemenuhan. Hal ini membuat Anda harus menangani segala sesuatu termasuk pengiriman jarak jauh, identifikasi jenis barang, memastikan barang sampai secara real time ke tangan pelanggan, hingga memilih sistem moda pengiriman (full truck load, kereta api, kapal laut, atau pesawat terbang) serta mengurus dokumen bea cukai dan kewajiban lainnya. 


3. Jenis Layanan Gudang (Warehouse Services)

Layanan gudang meliputi pengiriman, penyimpanan, dan pengemasan hingga layanan pengiriman barang produk ke pelanggan. Hal ini sangat penting untuk bisnis e-commerce, yakni dapat membantu dalam pengelolaan inventaris yang efisien serta mengurangi biaya pengiriman. 


Jenis layanan logistik yang satu ini harus memiliki jasa ekspedisi, yang biasanya harus menyimpan barang dalam jangka waktu sementara sebelum dikirimkan ke lokasi selanjutnya. Adanya gudang sangat penting sebagai tempat transit barang atau penyimpanan in house.



4. Layanan Pelabuhan (Port Services)

Layanan pelabuhan menjadi komponen yang penting dalam pengiriman barang via laut. Karena layanan pelabuhan mencakup berbagai fasilitas, termasuk jasa pemeriksaan barang. Hal tersebut berguna untuk memastikan meningkatkan kualitas yang lebih baik dan mendeteksi produk yang rusak sebelum pengiriman lebih lanjut. 


5. Jasa Bongkar dan Penanganan Layanan Kargo (Stevedoring & Cargo Handling)

Layanan ini mencakup pemuatan dan pembongkaran barang dari kapal, bertujuan untuk memastikan transportasi yang aman dan efisien dari satu titik ke titik lainnya dalam rantai pasokan. 


Layanan logistik termasuk dalam wadah pelayanan pelabuhan, di mana hal ini menjadi layanan yang kompleks lantaran harus menawarkan berbagai jasa sekaligus. Jasa yang dimaksud yakni mulai dari bongkar muat, cargo handling, hingga  penyimpanan barang saat turun dari kapal. 


6. Pengiriman Kurir (Courier Shipping)

Layanan kurir menawarkan pengiriman cepat dan aman untuk pesanan kecil, walaupun dengan tarif yang lebih tinggi. Aspek ini termasuk dalam menyediakan fasilitas dengan cara memilih sistem untuk mengirimkan barang berharga atau berkaitan dengan waktu pengiriman.


Dalam segmen bidang usaha yang kecil misalnya manajemen moda transportasi armada kapal laut atau kurir, mampu menjadi pertimbangan untuk menyediakan fasilitas pengantaran barang sampai tepat waktu dan terbebas dari kerusakan. Sehingga dalam layanan ini dapat ditambahkan biaya asuransi dan pengemasan ulang sampai dengan pelacakan pengiriman.


7. Perangkat Lunak Layanan Logistik TMS

Sistem Manajemen Transportasi (TMS) adalah perangkat lunak yang memfasilitasi perencanaan, eksekusi, dan optimalisasi kegiatan transportasi. TMS memberikan Anda alat untuk memaksimalkan keuntungan dan mengurangi masalah. 


Mulai dari adopsi teknologi pengelolaan transportasi seperti TMS dari EasyGo. Langkah ini menjadi langkah revolusioner dalam menghadapi isu pengemudi truk yang berkurang, memastikan retensi pengemudi yang lebih baik, dan efisiensi keseluruhan yang meningkat.


Kapan Waktu yang Tepat Untuk Menggunakan Logistik?

Tentunya layanan logistik tidak dapat digunakan begitu saja. Harus ada perancangan dan alur yang mantap. Menurut kami, logistik sangat dibutuhkan saat Anda Jika Anda bingung kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya, berikut beberapa panduan yang dapat diikuti.

  • Saat membutuhkan pengiriman Internasional

  • Saat membutuhkan layanan pengiriman dengan skala besar

  • Membutuhkan efektivitas tarif dan waktu

  • Perusahaan Anda ingin membebaskan waktu dan sumber daya agar mampu fokus pada inti bidang usaha


Selain itu, logistik juga memerlukan pemindahan barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Misalnya layanan gudang. Untuk itu, forklift berperan penting dalam mewujudkannya. Perkenalkan, Asheforklift.com merupakan solusi dari permasalahan yang efektif untuk Anda gunakan.


Ashe forklift merupakan perusahaan penyewaan forklift yang dapat memudahkan pekerjaan layanan logistik Anda. sehingga tidak perlu lagi untuk memikirkan tarif perawatan dan biaya penyimpanan, cukup menggunakan jenis forklift yang dibutuhkan serta berkualitas dari kami.


1 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Commentaires


Les commentaires ont été désactivés.
Post: Blog2_Post
bottom of page