top of page

Pentingnya Gudang Logistik untuk Keberlanjutan Suatu Perusahaan

Dalam dunia usaha, penyimpanan stok barang memiliki peran yang penting untuk menjaga keseimbangan bisnis. Barang yang tidak disimpan dengan baik dapat menyebabkan kerusakan atau kadaluarsa, sehingga dapat merugikan bagi pihak perusahaan.


Oleh karena itu, perlu adanya area khusus penyimpanan yang biasa disebut gudang untuk menyimpan dan menangani barang. Terdapat beberapa fungsi gudang, yakni tempat penyimpanan barang hingga proses pengiriman kepada pihak konsumen.


Bagi Anda yang ingin memilih lokasi gudang, perlu dipertimbangkan dengan memperhatikan akses jalan yang strategis. Pemilihan ini berdasarkan cakupan jangka panjang, kondisi jalan menuju gudang, jauh dari area rawan bencana, dan lain-lain.


Pemilihan lokasi gudang dapat mempengaruhi proses pendistribusian barang, lokasi yang strategis dapat mempermudah dan keamanannya terjamin.


Untuk mengetahui tentang fungsi, manfaat, dan jenis gudang logistik lebih lanjut, simak artikel berikut! 

Pentingnya Gudang Logistik untuk Keberlanjutan Suatu Perusahaan

Key Takeaways:

  • Gudang logistik memiliki fungsi penting seperti mengelola barang yang masuk dan keluar, selain itu juga menyediakan informasi stok barang secara akurat.

  • Terdapat berbagai jenis gudang logistik seperti gudang pusat distribusi, gudang umum, gudang pribadi, dan lain-lain.

  • Mengapa perlu adanya gudang logistik? 


Mengapa Fungsi Gudang Logistik Menjadi Hal yang Penting?

Gudang logistik merupakan sebuah fundamental dalam rantai pasok suatu bisnis, yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan berbagai komoditas hasil produksi sebelum akhirnya dikirimkan ke konsumen.


Di dalam alur gudang terdapat sederet proses, mulai dari barang yang disimpan sampai dengan distribusi ke pelanggan yang perlu dilakukan secara terorganisir dan tidak sembarangan.


Stok yang disimpan bisa berupa jenis barang bahan baku atau bahan mentah, produk jadi, serta produk setengah jadi, in-process, dan distribusi barang sudah siap.


Barang yang datang ke gudang akan melalui beberapa proses dimulai dari penerimaan raw material atau setengah jadi, penyimpanan, hingga mengirimkannya kembali ke lokasi yang dituju. 


Dalam proses penerimaan dan pengiriman dari satu tempat ke tempat tujuan lainnya, tentu membutuhkan alat transportasi baik yang dijalankan secara manual maupun otomatis.


Dalam menjalankan pengelolaan gudang, terdapat istilah manajemen pergudangan di dunia logistik. Manajemen pergudangan memiliki peran untuk mengelola operasional gudang logistik, biaya operasional, pengiriman barang, distribusi barang, hingga pemenuhan pesanan sesuai dengan supply chain.


Dengan pengelolaan gudang, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam penyimpanan dan distribusi.


Manajemen pergudangan melibatkan berbagai aspek, seperti pemeliharaan kondisi bendayang disimpan, pengorganisasian stok, pengaturan ruang gudang, dan pengawasan atas masuk dan keluarnya.


Variasi Jenis-Jenis Gudang Logistik

Variasi Jenis-Jenis Gudang Logistik

Gudang logistik merupakan kunci dari kelancaran arus produk, dari penerimaan awal hingga proses pendistribusian dalam rantai pasok. Terdapat beragam jenis-jenis gudang yang disesuaikan dengan kebutuhan, berikut jenis-jenis yang perlu Anda ketahui:


1. Penyimpanan Bahan Baku

Gudang penyimpanan bahan baku digunakan sebagai tempat penyimpanan seperti bahan baku karet, bijih besi, kapuk, dan lain-lain. Gudang jenis Ini termasuk salah satu jenis yang umum ditemukan di kawasan industri.


Gudang ini memiliki harga sewa yang erbilang relatif murah, karena tidak memerlukan fasilitas yang terlalu banyak.


2. Fulfillment

Gudang ini memiliki peran penting dalam mendukung proses pengiriman produk dari berbagai supplier. 


Biasanya digunakan oleh pusat jual beli online atau penyedia jasa dropship, gudang ini menyimpan bermacam jenis untuk mempermudah proses pengiriman ke tujuan akhir.


Alur proses yang terorganisir menjadi kunci kelancaran dalam pencarian produk yang dipesan oleh pelanggan


3. Barang Setengah Jadi

Gudang penyimpanan barang setengah jadi biasanya menjadi tempat pencadangan barang-barang logistik, pengemasan ulang, pengecekan stok, dan kepentingan pelabelan.


Gudang jenis ini memiliki tarif sewa yang relatif lebih mahal, sebab Anda tidak hanya mengeluarkan biaya untuk sewa saja melainkan biaya untuk tenaga kerja juga.


Tenaga kerja bertugas untuk memberi label pada barang-barang, dan menyimpannya sesuai dengan rak penyusunan.


4. Penyimpanan Bahan Hasil Produksi

Jenis gudang berikutnya adalah gudang penyimpanan bahan hasil produksi, gudang ini merupakan tipe gudang logistik yang digunakan setelah gudang barang setengah jadi.


Biasanya gudang ini menyimpan stok barang dengan jumlah yang lebih untuk mengantisipasi jika nantinya ada lonjakan permintaan dari pihak pelanggan.


Sistem pembayaran sewa gedung relatif beragam, mulai dari mingguan, dan ada juga yang per bulan.


5. Pusat Sortir

Jenis yang kelima terdapat gudang pusat sortir, gudang ini biasanya banyak disewa atau digunakan oleh para penyedia jasa ekspedisi.


Fungsi dari gudang yang satu ini adalah untuk mengorganisir dengan cara mengelompokkan macam pesanan yang ada di dalam gudang. Berdasarkan lokasi tujuan, kode wilayah (kode pos), dari tujuan akhir pengiriman.


Kemudian proses terakhir, pesanan tersebut akan dikirim sesuai dengan lokasi tujuan kepada pihak pelanggan. Umumnya gudang ini paling sering ditemui disekitar Anda.


6. Pusat Distribusi atau Rantai Pasok

Gudang pusat distribusi merupakan gudang yang digunakan untuk menyimpan logistik dalam waktu yang singkat. Dengan kata lain, jenis ini menjadi tempat penyimpanan sementara, sebelum akhirnya logistik akan didistribusikan ke berbagai titik.


Walaupun sifatnya sementara, namun tetap membutuhkan kapasitas daya tampung yang besar, biasanya jangka waktu hanya satu hari saja.


Gudang ini menampung berbagai jenis logistik yang tiba pada pagi hari, dan kemudian didistribusikan pada sore hari.


Karena sifatnya sementara, jam kerja yang ada terbilang cukup padat dan terbatas. Maka fasilitas yang digunakan juga akan disesuaikan dengan kebutuhan.


7. Pusat Transhipment

Jenis gudang yang terakhir memiliki fungsi yang mirip seperti gudang Cross Docking. Dimana gudang akan menerima bahan produksi dari berbagai macam supplier, setelah itu akan disortir menjadi jumlah yang lebih sedikit.


Nantinya barang-barang tersebut akan dikirimkan ke berbagai macam titik pemasaran dan berbagai pihak. Walaupun cara kerjanya sederhana, namun ukuran gudang jenis ni terbilang cukup besar.


Peran Penting Gudang Logistik

Untuk menjaga kelancaran rantai pasok, Anda perlu memiliki sistem gudangyang terorganisir dan aman. Dengan adanya fasilitas gudang logistik, Anda tidak perlu khawatir terkait pengelolaan stok  barang. Gudang logistik akan memberikan informasi detail mengenai keberadaan inventaris. Berikut peran penting dari gudang logistik:


1. Tempat Sementara

Gudang logistik berfungsi untuk menyimpan barang sementara waktu, sebelum nantinya dilanjutkan ke proses tahap pengiriman barang. Fungsi ini dapat menjadi fungsi distribusi untuk lebih hemat biaya pengiriman. Jika dibandingkan dengan mengirimkan barang langsung ke lokasi yang dituju.


2. Terminal Konsolidasi

Gudang logistik memiliki fungsi sebagai terminal konsolidasi yang berguna untuk mengumpulkan sejumlah barang dari beberapa lokasi yang akan didistribusikan ke tempat lain.


Setiap gudang mempunyai lokasi dan barang produksi berbeda, sehingga barang akan dikumpulkan dalam jumlah yang besar sebelum akhirnya dikirimkan.


3. Tempat Break-Bulk Operation

Gudang logistik juga berfungsi sebagai tempat untuk proses break-bulk operation. Proses yang dimaksud adalah pemecahan dari jumlah pesanan yang besar dan kemudian dibagi menjadi lebih kecil. Tujuan proses ini adalah untuk menghemat biaya pengiriman.


4. Tempat Kombinasi Barang

Peran gudang logistik selanjutnya adalah sebagai tempat untuk mengkombinasikan barang dari lokasi awal ke lokasi akhir pelanggan. Barang akan lebih terorganisir sehingga proses pengiriman juga menjadi lebih mudah dan praktis.


5. Tempat Sortir Barang

Proses pengambilan stok barang menjadi pesanan tiap pelanggan sering terjadi apabila perusahaan mendapatkan jumlah barang yang dikeluarkan dalam jumlah satuan, sehingga perlu adanya proses sortir terhadap berbagai barang dalam jumlah besar.


Dari penjelasan artikel diatas, kini Anda telah mengetahui segala sesuatu tentang gudang logistik. Untuk membantu berjalannya proses pergudangan, Anda perlu memenuhi sarana transportasi pengelolaan yang baik. Salah satunya dengan menggunakan forklift sebagai alat pengangkut barang.


Forklift adalah alat bantu yang cocok untuk Anda yang ingin mengelola inventaris secara terstruktur dan cepat. Dengan mendengar kebutuhan para pengusaha, Ashe Forklift hadir menjadi solusi terpercaya dengan menawarkan jasa penyewaan forklift dengan berbagai ukuran.Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat mengunjungi website Ashe Forklift dan mendapat tawaran yang menarik. Klik link berikut ini!

2 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

コメント


コメント機能がオフになっています。
Post: Blog2_Post
bottom of page