6 Tips Penting Untuk Merawat Hand Pallet Anda

Agar alat ini bisa bertahan lama, Anda perlu tahu bagaimana cara merawat hand pallet dengan benar. Karena berbeda dengan forklift yang berupa lift truck, hand pallet memiliki jangka waktu penggunaan dan umur yang jauh lebih panjang.


Jika dilansir dari situs Certify Me, truk forklift bisa bertahan dari 10 ribu jam hingga 20 ribu jam dengan pemakaian normal setiap hari. Sedangkan untuk hand pallet, masa gunanya bisa bertahan 2x lebih lama.


Hal ini dikarenakan hand pallet tidak memiliki komponen mesin sebanyak forklift lainnya. Sehingga lebih sedikit kemungkinan alat ini untuk rusak dan tidak bisa dioperasikan sama sekali. Tapi tentunya, hand pallet hanya akan bertahan lama jika dirawat dan digunakan sesuai aturan.


Baca juga : Mengetahui 5 Hal yang menyebabkan kerusakan forklift


apa-itu-hand-pallet

Apa itu Hand Pallet?


Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara perawatan hand pallet yang benar, kita bahas dulu sedikit mengenai alat ini.


Beberapa dari Anda pasti sudah tahu bahwa hand pallet merupakan salah satu tipe forklift yang digunakan untuk mempermudah ketika mengangkut barang berat. Anda yang belum pernah bekerja di gudang atau industri sekalipun pasti pernah melihat alat yang satu ini.


Karena berbeda dengan tipe forklift yang lainnya, hand pallet ini sangat mudah ditemui di tempat umum. Bahkan kebanyakan mall, super market dan mini market sekalipun sudah banyak memiliki alat ini.


Dan dibandingkan dengan tipe forklift lain seperti industrial lift truck, hand pallet ini memiliki ukuran yang paling kecil dan mudah digunakan dimana saja, tanpa keahlian khusus dari sang operator, serta tanpa perlu sertifikat dan surat izin dari instansi tertentu.


Baca juga : Cara kerja Hand Pallet


Bagaimana Cara Merawat Hand Pallet?


Dikutip dari situs Sarana Lifting, setidaknya ada 6 cara merawat hand pallet yang bisa Anda lakukan agar alat ini tidak cepat rusak. Mulai dari dengan memperhatikan ketentuan dan kemampuan alat, membersihkan secara berkala hingga melakukan general check up.


Untuk lebih jelasnya, silahkan terapkan langkah-langkah perawatan hand pallet yang sudah kami jabarkan berikut ini.


1. Gunakan di Tempat yang Sesuai Ketentuan


Perlu diketahui, tidak semua hand pallet bisa digunakan di berbagai jenis permukaan jalan. Ada hand pallet yang hanya bisa digunakan di lantai pelur atau plester dan ada pula yang hanya bisa digunakan untuk permukaan jalan beraspal atau jalanan outdoor.


Memaksa hand pallet yang dibuat khusus untuk lantai plester di jalanan aspal akan merusak roda alat tersebut. Selain itu, Anda juga akan sulit mengendalikan alat ini karena jalannya menjadi lambat dan sering goyang.


Oleh karena itu pahami dulu medan tempat hand pallet yang Anda miliki bisa digunakan. Beberapa jenis hand pallet juga ada yang bisa digunakan untuk indoor maupun outdoor. Sehingga bisa digunakan di lantai mulus maupun yang tidak rata.


2. Jangan Membawa Beban Melebihi Batas


Cara merawat hand pallet yang berikutnya adalah dengan memperhatikan beban maksimal yang bisa diangkut. Sama seperti jenis forklift lainnya, alat ini juga memiliki batas maksimal beban yang bisa dibawa.


Biasanya hand pallet bisa mengangkut beban dari 1 ton hingga 3 atau 5 ton saja. Berbeda dengan jenis forklift truk yang bisa mengangkut lebih dari 25 ton beban secara bersamaan.


Memaksa hand pallet mengangkut barang dengan berat melebih batas maksimal akan membuat garpu atau fork menjadi bengkok dan cepat patah. Itulah mengapa jika Anda membeli hand pallet baru, terdapat buku panduan yang mengatakan agar hanya mengangkut beban di bawah batas maksimal.


3. Selalu Periksa dan Ganti Oli Secara Berkala


Layaknya kendaraan maupun jenis forklift yang lain, hand pallet juga perlu diganti oli secara berkala. Sebab oli pada alat ini sangat memengaruhi performanya. Jika oli sudah habis atau sudah berubah kekentalannya, maka roda pada hand pallet akan lebih sulit digerakan.


Kebanyakan hand pallet sendiri sudah dilengkapi dengan skala oli hidrolik di bagian bawah atau samping. Ketika Anda melihat skala pada oli sudah berubah, segera ganti oli di alat tersebut.


Sedangkan jika hand pallet yang Anda miliki tidak punya alat untuk menandakan kekentalan oli, maka cara yang paling mudah adalah dengan mengganti olinya minimal 2 atau 3 bulan sekali. Jangan lupa untuk selalu menggunakan oli hidrolik khusus untuk forklift.


hand-pallet-membawa-barang

4. Bersihkan Hand Pallet Minimal 2 Kali Dalam Sebulan


Selalu menjaga kebersihan juga menjadi cara merawat hand pallet yang paling mudah untuk dilakukan. Karena meskipun hanya dipakai dalam ruangan, namun alat ini bisa dipenuhi debu dan kotoran dari jalanan yang Anda lewati setiap hari.


Membersihkan hand pallet sebenarnya tidak sulit. Anda hanya perlu membersihkan bagian piston silinder-nya saja. Karena jika tidak dibersihkan, kotoran ini akan merusak seal di piston silinder dan membuat hand pallet tidak bisa bekerja dengan baik.


Jangan lupa untuk berhati-hati ketika membersihkan bagian ini agar tidak terluka atau tersangkut pada piston silinder.


5. Jangan Tinggalkan Hand Pallet dalam Keadaan Mengangkut Beban


Meninggalkan hand pallet dalam keadaan masih mengangkut beban mungkin sudah jadi kebiasaan yang sering dilihat. Padahal kebiasaan seperti ini bukan hanya bisa merusak forklift, namun juga membahayakan karyawan yang lain.


Hand pallet merupakan alat yang sangat mudah bergerak sendiri, khususnya di permukaan tanah mulus namun tidak miring.


Ketika ditinggalkan dalam keadaan masih mengangkut beban, besar kemungkinan alat ini akan bergerak sendiri dan menabrak benda lainnya. Kebanyakan kasus hand pallet patah biasanya disebabkan karena kecerobohan seperti ini.


6. Segera Periksakan ke Teknisi Bila Hand Pallet Tidak Bekerja dengan Benar


Cara merawat hand pallet yang terakhir adalah dengan langsung membawa ke teknisi atau profesional bila mana alat tidak bisa bekerja dengan baik. Hal ini akan mencegah kerusakan hand pallet jadi semakin parah karena dipaksa bekerja dalam keadaan bermasalah.


Biasanya kendala yang paling sering dialami ketika menggunakan hand pallet adalah roda yang tidak bisa berputar dengan baik, stir macet, menjadi lebih berat ketika didorong, dan masih banyak lagi.


Saat ini, sudah banyak pula bengkel dan tempat reparasi forklift, termasuk hand pallet. Pastikan Anda memeriksakan alat ini ke teknisi yang khusus menangani forklift.


Tempat Rental Hand Pallet yang Masih Terawat


Setelah tahu mengerti bagaimana cara merawat hand pallet, sekarang waktunya memilih tempat rental forklift dan hand pallet yang berkualitas dan terpercaya di daerah Jakarta. Contohnya seperti Ashe Forklift yang sudah beroperasi selama bertahun-tahun.


CV. Ashe Forklift selalu merawat seluruh forklift, hand pallet, lift truck dan produk lainnya yang mereka sediakan. Sehingga alat yang Anda pakai selalu dalam keadaan sempurna, tidak ada cacat, tidak ada kendala, serta yang pasti layak pakai sesuai standar keamanan international.


Ashe Forklift juga selalu memastikan semua forklift yang mereka sewakan masih layak dengan waktu pemakaian di bawah 20 ribu jam. Dan demi memastikan kepuasan pelanggan, Anda juga bisa mencoba forklift atau hand pallet yang ingin disewa sebelum produk tersebut dikirim.


Itulah dia sedikit tips tentang cara merawat hand pallet agar tidak cepat rusak meskipun digunakan setiap hari. Jika Anda ingin bertanya-tanya lebih lanjut mengenai forklift dan hand pallet.


Baca Juga : 5 Tips Penting sebelum menggunakan jasa rental forklift

108 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua