5 Tips Penting Sebelum Menggunakan Jasa Rental Forklift

Demi mendapatkan produk terbaik dan bisa membantu efektivitas kerja para karyawan, Anda perlu tahu beberapa tips rental forklift yang aman. Mengingat harga lift truck yang terlalu tinggi dan tidak bisa dijangkau oleh pengusaha UMKM atau mereka yang baru memulai bisnis, tidak ada salahnya untuk menyewa forklift dulu hingga mampu beli sendiri.


Dalam bisnis yang berhubungan dengan gudang penyimpanan untuk bahan produksi maupun untuk produk yang akan didistribusikan, penggunaan forklift akan sangat penting. Sebab alat yang merupakan satu dari 20 penemuan paling dicari dalam dunia industri ini dipercaya bisa meningkatkan efisiensi waktu kerja berkali-kali lipat.


Nah dalam kesempatan kali ini, mari kita bahas tips rental forklift yang aman dan tepat sesuai kebutuhan bisnis Anda.


Cara Menemukan Jenis Forklift yang Sesuai


Sebelum membicarakan tentang tips rental forklift yang aman, Anda perlu tahu dulu jenis lift truck mana yang ingin disewa. Karena ada banyak sekali pilihan truk dengan tersedia dan memiliki berbagai macam fungsi.


Bukan hanya itu, beberapa jenis lift truck juga hanya bisa beroperasi di medan jalanan tertentu saja. Artinya bila salah memilih forklift, bisa-bisa mesin tersebut tidak bisa digunakan sama sekali meskipun hanya sekedar mengantarkan barang dari rak ke luar gudang.


Oleh sebab itu berikut ini kami bagikan sedikit tips tentang hal apa saja yang perlu Anda pertimbangkan agar menemukan forklift yang tepat berdasarkan arahan dari situs Large Lift Truck.



Perhatikan Jenis Barang yang Akan Diangkut


Jika Anda memiliki usaha di bidang bahan-bahan konstruksi, artinya barang yang akan diangkut oleh forklift adalah pipa, besi atau benda-benda lain yang bentuknya berbeda-beda.


Sedangkan jika Anda memiliki usaha di bidang produksi ubin lantai, spare part kendaraan atau barang-barang elektronik, artinya sebagian besar barang yang diangkut berbentuk kotak kardus di dalam box.


Kenapa hal seperti ini perlu diperhatikan?


Sebab tidak semua lift truck dibuat untuk mengangkut box kardus saja. Tidak sedikit pula jenis lift truck seperti industrial forklift yang didesain agar bisa membawa pipa berukuran raksasa atau karpet yang besar.


Ketahui Medan Jalanan Tempat Forklift Digunakan


Forklift juga tidak bisa berjalan di semua jenis jalanan. Contohnya seperti lift truck jenis order picker yang hanya bisa berjalan di atas permukaan lantai plester. Sedangkan bila berjalan permukaan aspal, ban pada forklift ini bisa menjadi cepat rusak dan aus.


Oleh karena itu, ketahui medan jalanan tempat forklift akan digunakan. Jika memang Anda memiliki usaha di bidang konstruksi atau pembangunan yang bekerja secara outdoor, maka pilihlah forklift yang bisa bekerja di luar ruangan.


Sebaliknya, pilih juga forklift yang bisa digunakan di dalam ruangan bila bisnis Anda bergerak di bidang distribusi dan menghabiskan banyak waktu dalam gudang.


Perhitungkan Beban dan Jumlah Barang yang Akan Diangkut


Terakhir, Anda perlu memperhitungkan berapa berat beban barang yang akan diangkut oleh tiap forklift dan berapa banyak barang yang dibawa secara bersamaan. Sebab tiap lift truck punya kemampuan mengangkut barang yang berbeda-beda.


Umumnya satu forklift bisa mengangkut minimal 3 ton hingga 5 ton beban. Sedangkan untuk industrial forklift, beban yang bisa dibawa mencapai lebih dari 20 ton.


Selain itu, perhitungkan juga berapa banyak box kira-kira akan dibawa. Jika dalam 3 ton tersebut ada lebih dari 5 box, maka Anda membutuhkan forklift dengan ukuran garpu yang lebar dan agak tinggi demi bisa mengangkut semua barang dengan seimbang.


Tips Rental Forklift yang Aman


Setelah menentukan lift truck mana yang akan disewa, sekarang waktunya Anda menerapkan tips rental forklift yang aman di bawah ini.


1. Tentukan Berapa Lama Sewa Forklift


Agar tidak terjadi pembengkakan biaya, ada baiknya Anda langsung tentukan berapa lama sewa truck lift. Perlu diketahui, kebanyakan penyedia rental forklift menyediakan durasi penyewaan mulai dari 6 bulan hingga di atas 5 tahun.


Beberapa perusahaan tempat rental forklift juga memberikan harga yang lebih murah bila Anda menyewa dengan durasi yang lebih lama.


Tapi jangan lupa, selama menyewa lift truck tersebut Anda juga harus merawat dan mengeluarkan biaya maintenance sendiri.


2. Pilih Layanan Full Service


Seperti yang dikatakan tadi, Anda perlu mengeluarkan biaya untuk maintenance sendiri untuk merawat mesin dan berbagai macam bagian dalam forklift. Dengan begitu, alat ini tidak akan rusak ketika masa rental masih berlaku dan mengakibatkan Anda perlu membayar biaya ganti rugi untuk kerusakan tersebut.


Kecuali jika perusahaan tempat Anda rental forklift menyediakan layanan full service, dimana semua kerusakan yang terjadi akan ditanggung dan langsung diperbaiki oleh pihak perusahaan.


Oleh karena itu tips rental forklift yang aman berikutnya adalah dengan memilih layanan full service bila tersedia. Dengan layanan ini Anda tidak perlu repot lagi memperbaiki bila ada kerusakan atau khawatir dengan biaya ganti rugi yang terlalu mahal.


3. Kemampuan Operator


Sebelum memutuskan untuk sewa forklift, Anda juga tidak boleh lupa mengenai ketersediaan SDM untuk mengoperasikannya. Karena meskipun terlihat mudah, tapi dibutuhkan keahlian dan ilmu khusus agar bisa menggunakan forklift dengan benar.


Oleh karena itu pastikan Anda sudah punya operator yang siap bekerja untuk mengoperasikan forklift ini. Jika belum ada, silahkan ikuti atau masukan salah satu karyawan yang Anda percaya ke dalam pelatihan penggunaan forklift alias training forklift terdekat.


Biasanya training ini berlangsung selama 2 minggu hingga 1 bulan. Peserta juga akan diuji serta mendapatkan sertifikat jika sudah lulus.



4. Perhitungkan Biaya Rental


Tips rental forklift yang aman berikutnya adalah dengan memperhitungkan seluruh biaya untuk penyewaan alat angkut ini. Mulai dari berapa biaya rental selama waktu yang ditentukan, berapa biaya untuk maintenance, dana cadangan yang perlu disiapkan bila ada kerusakan, serta biaya pelatihan jika perlu.


Seperti yang dikatakan sebelumnya, biaya rental forklift biaya dihitung per jam atau per hati. Sedangkan untuk sewa jangka panjang, durasi yang disediakan biasanya mulai dari 6 bulan hingga 5 tahun.


5. Pilih Penyedia Forklift yang Terpercaya


Terakhir, Anda perlu memilih penyedia rental forklift yang terpercaya dan sudah berpengalaman dalam menangani klien. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir dan menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan ketika mengantar forklift, truck lift yang tidak terawat, dan lain sebagainya.


Baca juga : 5 Tips perawatan yang wajib dilakukan pemilik rental forklift


Dimana Tempat Rental Forklift Terpercaya di Indonesia?


Untuk Anda yang ingin menyewa forklift di tempat yang sudah berpengalaman dan terpercaya, maka segera hubungi Ashe Forklift. Karena di sini, terdapat berbagai macam pilihan forklift yang bisa Anda sewa sesuai dengan kebutuhan.


Ashe Forklift juga sudah berpengalaman selama bertahun-tahun dalam melayani penyewaan forklift mulai dari untuk kebtuhan konstruksi, gudang maupun pabrik. Jadi Anda tidak perlu ragu lagi mengenai masalah profesionalitas bila menyewa lift truck di sini.


Saat ini, Ashe Forklift ada di 3 lokasi:

1. Ashe Forklift - Tangerang di daerah Gatot Subroto, Tangerang.

2. Ashe Forklift - Bogor di daerah Gunung Putri

3. Ashe Forklift - Tangerang Selatan di daerah Serpong dan BSD


Tetapi kami juga melayani pesanan dari luar kota dengan pengiriman yang terjamin keamananya.


Itulah dia kumpulan tips rental forklift yang aman beserta dimana Anda bisa menyewa alat ini. Jika ingin berkonsultasi mengenai forklift mana yang cocok untuk bisnis Anda, jangan ragu untuk menghubungi dan bertanya kepada Ashe Forklift melalui media sosial maupun situs resminya.


3 tampilan
 

Our Locations

  • Facebook asheforklit
  • LinkedIn asheforklift
  • Instagram Asheforklift

GUNUNG PUTRI BOGOR
Jln. Raya Gunung Putri KM 6
Gunung Putri, Bogor, 16961
(Depan Jalan Cagak)
Phone: (021) 8686-2525, (021) 8686-2526
Fax: (021) 8686-2526

JAKARTA - TANGERANG SELATAN
Jln. Rawa Buntu Selatan No.21A
Serpong, Tangerang Selatan, Banten 15310
Phone: (021) 2966-2278(021) 2966-2279
Fax: (021) 2966-2279

JAKARTA - TANGERANG
Jln. Raya Gatot Subroto KM 5, RT001/RW001
Jatiuwung, Tangerang, Jawa Barat 15138
(Seberang R.M. Remaja Kuring)
Phone: (021) 5565-0606, (021) 5565-0608
Fax: (021) 5565-0611

E-mail : Asheforklift@gmail.com

©2020 Asheforklift by Grow & Bless.