Yuk, Kenali Seluk Beluk Forklift Industri!

Forklift industri kadang juga disebut sebagai truk pengangkut karena banyak digunakan di industri terutama untuk memindahkan, menaikkan, atau menurunkan material. Forklift ini tidak tercipta secara instan dan tiba-tiba sehingga dapat dijadikan sebagai alat bantu di dunia industri. Pada kesempatan ini Anda akan mendapatkan informasi mengenai apa itu forklift dan seluk beluknya.


forklift industri


Sejarah Forklift Industri

Seperti halnya sebuah teknologi yang terus berkembang dari masa ke masa, forklift industri juga mengalami pembaruan dan penyesuaian agar fungsinya dapat beroperasi maksimal seperti sekarang ini.


Truk tangan adalah forklift pertama yang digunakan di dermaga. Alat berat ini didesain dengan pemanfaatan roda besi cor dan juga besi tempa. Jadi, barang bisa diangkut dan dipindahkan tanpa perlu menggunakan gerobak roda empat. Selain itu, kemungkinan terjadinya cedera pada para pekerja yang mengangkat alat-alat berat juga berkurang. Lebih lengkapnya simak sejarah dan perkembangan forklift berikut ini:


1. Tahun 1887 truk pertama

Alat berat dengan model truk “fork” atau garpu dibuat untuk pertama kalinya di tahun 1887. Pada saat itu, forklift hanya mampu mengangkat sebuah beban dengan ketinggian beberapa inci saja dari permukaan tanah. Ketahanannya pun belum terlalu kuat dan jumlah armadanya hanya terbatas.


2. Tahun 1909 truk besi

Pada tahun 1909 model truk forklift telah diperbarui dengan versi besi. Alat berat ini juga dikomersilkan sehingga jumlahnya lebih banyak daripada versi yang pertama.


3. Tahun 1917 trucktractor

Clark Company membuat alat bernama “trucktractor” yang merupakan sebuah kendaraan yang dapat mengangkut beban namun memiliki tempat duduk yang seimbang. Di sinilah turning point sebuah forklift karena Clark Company memfokuskan penggunaan forklift untuk kegiatan di gudang dan pabrik.


4. Tahun 1920 truk fork bertenaga

Kendaraan berat ini mengalami pembaruan sehingga menjadikannya semakin kuat. Selain itu, mesin hidrolik juga ditambahkan dalam mekanisme forklift sehingga dapat mempermudah dalam proses pengangkutan muatan. Di masa 1920an juga telah dikembangkan forklift dengan mesin derek.


5. Tahun 1923

Komponen utama forklift secara resmi ditingkatkan dengan penambahan cantilever atau tiang pengangkat. Sistemnya juga diperbarui dengan menciptakan arus listrik sehingga garpu dapat mengangkat muatan. Tetapi ada masalah serius yang dihadapi yaitu pallet atau garpu ukurannya terlalu besar atau terlalu kecil sehingga alat mengalami kesulitan pengambilan barang.


6. Tahun 1930an

Pada tahun ini muncul solusi bagi varian forklift sebelumnya. Munculnya standarisasi untuk ukuran garpu mulai dari panjang, lebar dan juga jarak fork satu dengan fork lainnya. Jadi, ukuran fork pada alat berat ini mulai disamakan.


7. Era Perang Dunia II

Pada era ini ternyata forklift semakin dikenal publik sehingga permintaannya juga meningkat. Tidak di sangka, selain senjata untuk menyerang, kemiliteran juga perlu forklift untuk memindahkan muatan ke kapal serta pesawat.


forklift industri

Jenis-jenis Forklift Industri

Berkembangnya teknologi membuat jenis forklift menjadi berbagai macam sehingga dapat digunakan pada berbagai lokasi industri. Berikut adalah beberapa macam forklift yang kerap dijumpai di dunia perindustrian:


1. Forklift Diesel

Pada umumnya memiliki kapasitas hingga 10 ton dengan level ketinggian mencapai 6 meter. Jenis ini paling sering digunakan karena harganya terjangkau. Tidak cocok digunakan di industri kuliner atau obat-obatan.


2. Forklift Elektrik

Kendaraan berat paling ramah lingkungan adalah jenis forklift elektrik karena ia tidak mengeluarkan asap hasil emosi. Pada umumnya forklift versi elektrik digunakan pada sektor industri konsumsi karena kehigienisan dan tidak mengkontaminasi produk dengan asap yang dikeluarkan pasca pembakaran, Kapasitasnya mencapai 5 ton dan ketinggiannya mencapai 6 m.


3. Forklift LPG

Jenis ini dapat mengangkat beban hingga mencapai 2 ton dengan level ketinggian mencapai 2 m.


4. Forklift Reach Truck

Alat berat ini dapat mengangkut hingga 2,5 ton dengan level ketinggian yang mumpuni. Ia dapat mengangkat atau memindah barang yang memiliki ketinggian mencapai 8.5 dan 12 m.


Demikianlah informasi mengenai forklift industri mulai dari sejarah dan perkembangannya dari masa ke masa hingga jenis-jenis forklift yang kerap digunakan di ranah perindustrian. Jika Anda ingin menyewa forklift usaha Anda, segera hubungi Ashe agar kami dapat merekomendasikan forklift sesuai dengan kebutuhan dan keadaan perusahaan Anda.




2 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua