Jenis Peralatan Material Handling Dalam Dunia Industri

Pernahkah Anda merasa penasaran bagaimana pabrik dan industri besar lainnya memanajemen barang mereka? Bagaimana cara mereka menata barang yang banyak dalam waktu singkat? Mungkin Anda harus mengenal peralatan material handling yang bisa membantu Anda.


Material handling adalah peralatan yang digunakan untuk gerakan, penyimpanan, hingga mengatur beragam produk yang dimiliki oleh gudang atau pabrik secara aman. Dengan peralatan material handling ini, diharapkan proses pemindahan hingga penataan akan lebih cepat dan efektif tanpa banyak menggunakan bantuan tenaga manusia.


Sayangnya, harga peralatan material handling ini tidaklah murah. Untuk itu, anda harus mengetahui kebutuhan Anda agar tidak salah membeli. Apa saja?

Jenis Peralatan Material Handling Dalam Dunia Industri

1. Lifting Scissors

Bagaimana cara Anda meletakkan barang pada suatu tempat yang tinggi? Jika di rumah mungkin Anda hanya memerlukan kursi agar Anda bisa menjangkau area yang tinggi. Namun, pernahkah terbayang dalam dunia industri, seperti gudang, bengkel, dan tempat lainnya bagaimana cara mereka menjangkau area tinggi yang sulit untuk dijangkau?

Dalam dunia industri, Anda tidak bisa menggunakan tangga dengan jangkauan terbatas, untuk itulah dibutuhkan alat bantu untuk mempermudah proses ini. Alat ini dinamakan scissor lift.

Salah satu peralatan material handling ini dioperasikan menggunakan baterai lengkap dengan Pump Hydraulic. Umumnya alat digunakan untuk membantu petugas untuk membersihkan bangunan tinggi, seperti apartemen, hotel, dan bangunan tinggi lainnya.

Menurut cara pengoperasiannya, scissor lift dibedakan menjadi dua jenis, yaitu manual dan electric. Pengoperasian secara manual dilakukan dengan hydraulic yang dipompa manual untuk mengangkat beban di ketinggian hingga 2 meter. Sedangkan electric menggunakan hydraulic, namun dengan sistem yang lebih modern menggunakan bantuan listrik.

Harga scissor lift ini terbilang mahal, sepadan dengan fungsinya. Namun, jika Anda hanya membutuhkan scissor lift dalam keadaan darurat atau saat tertentu saja, Anda bisa sewa scissor lift, sehingga pengeluaran dapat ditekan. Banyak jasa sewa scissor lift yang siap menyewakan scissor lift nya.


2. Hand Pallet

Anda yang bekerja di bidang retail dan supermarket pastilah sudah akrab dengan alat yang satu ini. Hand pallet menjadi salah satu peralatan material handling yang digunakan dalam dunia industri. Umumnya hand pallet digunakan oleh supermarket, pabrik, dan lainnya untuk memindahkan stok barang dari satu tempat ke tempat lain, misal rak

Ciri khas hand pallet sendiri biasanya dapat dilihat pada bentuk fisiknya yang memiliki dua tiang besi yang berguna sebagai titik tumpu saat proses pengangkatan beban dilakukan. Tiang besi inilah yang dapat diatur sesuai kebutuhan, sehingga proses pemindahan barang dari satu tempat ke tempat lainnya akan lebih cepat, mudah, dan efektif berkat bantuan hand pallet.

Hand pallet sendiri bekerja dengan sistem hydraulic, sehingga memungkinkan kita untuk mengangkat beban ratusan kilo bahkan hingga ton, tergantung jenis hand pallet dan spesifikasi yang dipilih.


3. Hand Stacker

Penggunaan hand stacker sangat direkomendasikan dalam dunia industri, terutama pabrik skala besar. Tak mungkin jika Anda hanya mengandalkan tenaga manusia (manual) untuk melakukan pekerjaan pabrik skala besar. Hand stacker sangat membantu Anda menghemat tenaga dan waktu.

Proses pengoperasian hand stacker juga terbilang mudah, karena cukup dengan menaik turunkan tuas menggunakan sistem pompa dan pedal yang diinjak untuk mengatur ketinggian sesuai kebutuhan.

Tak hanya ketinggiannya saja yang dapat diatur, namun lebar fork pada hand stacker ini juga dapat disesuaikan dengan lebar barang yang akan diangkat, sehingga proses pengangkutan akan lebih mudah dilakukan.


4. Forklift

Jenis Peralatan Material Handling Dalam Dunia Industri

Forklift sendiri adalah kendaraan yang memiliki tampilan menyerupai mobil, namun ia memiliki dua besi di bagian depan yang menyerupai garpu. Besi inilah yang berguna untuk meletakkan barang yang akan diangkat nantinya.

Proses pemindahan barang dengan forklift dilakukan dengan meletakkan barang yang akan diangkat pada bagian garpu (palet), barulah barang akan diangkat dan dipindahkan dengan mengatur ketinggian yang diinginkan.

Ada beberapa jenis forklift, mulai dari forklift dengan bahan bakar solar dan gasoline yang umumnya digunakan untuk membantu pemindahan barang di luar ruangan, sedangkan forklift dengan betray dan gas umumnya digunakan untuk memindahkan barang di dalam ruangan karena tidak menghasilkan polusi seperti forklift berbahan solar dan gasoline.


Baca juga: Alat Pengangkat Barang Berat untuk Memudahkan Memindahkan Barang


Setelah mengetahui beberapa jenis peralatan material handling, jangan lupa melakukan perawatan secara berkala dengan mengecek keseluruhan bagian peralatan. Cairan, seperti oli, bahan bakar, transmisi, hidrolik, dan lainnya harus dicek secara berkala agar peralatan dapat bekerja dengan baik dan maksimal.


Beberapa peralatan material handling memiliki bagian yang selalu aktif digunakan, seperti bagian palet (garpu) dna pedal. Kedua komponen ini harus selalu licin karena rentan terkena gesekan yang jika kering justru akan membahayakan pengguna dan orang disekitarnya.

Sumber :

https://www.sml.co.id/apa-itu-scissor-lift-mari-mengenal-lebih-dekat

https://www.safetyshoe.com/mengenal-jenis-alat-material-handling-yang-biasa-digunakan-di-industri/

https://blog.klikmro.com/hand-pallet-dan-hand-stacker-untuk-mobilisasi-barang-di-gudang/

https://www.forkliftsemarang.com/perawatan-hand-stacker/

https://www.indotara.co.id/mengenal-lebih-dalam-tentang-forklift-dan-jenisnya&id=245.html




79 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua