Alat Pengangkat Barang Berat untuk Memudahkan Memindahkan Barang

Dalam industri logistik, pabrik, pertambangan, atau bidang lain yang berhubungan dengan barang berat sudah pasti menggunakan alat khusus untuk memindahkan barang. Alat pengangkat barang berat digunakan untuk menggantikan tenaga manusia ketika mengangkat dan memindahkan barang yang sangat berat. Peralatan ini tidak hanya memberikan keamanan dan keselamatan bagi pekerja namun juga menjadikan pekerjaan lebih efisien dan cepat selesai.


Pengadaaan alat pengangkat ini menjadi hal yang mutlak bagi perusahaan yang berhubungan dengan barang-barang yang berat. Meskipun menggunakan alat pengangkat, namun tenaga manusia tetap dibutuhkan untuk mengoperasikan dan mengawasi kinerja peralatan tersebut. Alat pengangkat tersedia dalam berbagai macam jenis yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan dan juga kondisi lapangan.


Alat Pengangkat Barang Berat untuk Memudahkan Memindahkan Barang

Jenis alat pengangkat barang berat

Secara umum fungsi alat pengangkat barang berat memang untuk mengangkat dan memindahkan barang. Namun pada kenyataanya ada banyak jenis alat pengangkat dengan fungsi yang berbeda-beda. Setiap alat pengangkat digunakan untuk keperluan yang berbeda sehingga tidak setiap industri membutuhkannya. Berikut ini beberapa jenis alat bantu angkat barang berat yang umum digunakan untuk mengangkat beban berat.


1. Crane

Crane adalah salah satu alat berat yang digunakan untuk mengangkat barang berat dan memindahkannya ke tempat lain. Alat berat ini mempunyai desain unik dengan tiang pengangkat yang bisa berputar 360 derajat dan menjangkau barang dengan jarak yang jauh. Pada ujung ujung crane dilengkapi dengan tali dan pengait untuk mengangkat dan memindahkan barang. Alat berat ini biasa digunakan untuk pekerjaan luar ruangan seperti pelabuhan, pertambangan, perbengkelan, pergudangan, dan sebagainya. Crane ini mempunyai beberapa jenis seperti berikut ini:

  • Tower cranetower crane digunakan pada proyek jembatan dana pembangunan gedung bertingkat karena mampu mengangkat barang secara horizontal dan vertika menuju lokasi. Karena ukurannya yang besar, pemasangan tower crane harus diperhatikan agar tidak mengurangi fungsinya.

  • Crawler crane – alat berat ini digunakan untuk proyek dengan jangkauan tidak terlalu panjang karena ukuran crane tidak sepanjang tower crane. Meski begitu crawler crane tetap bisa memindahkan barang dengan berat hingga 3.500 ton.

  • Hoist cranehoist crane banyak digunakan di bengkel, gudang, ataupun pabrik dan bisa dipasang di dalam ruangan. Alat ini mempunyai lintasan rel yang dilengkapi dengan roda sehingga bisa memindahkan barang dengan mudah.

  • Mobile crane – sesuai namanya, mobile crane merupakan alat pengangkat yang dipasang pada truk atau mobil sehingga bisa dipindahkan dengan mudah. Fungsinya tetap sama seperti alat pengangkat lain namun bisa digunakan di lokasi yang berbeda.

2. Hand pallet

Hand pallet ini merupakan alat berat yang biasa digunakan untuk mengangkat barang diatas pallet. Alat ini banyak digunakan di pabrik, gudang logistik, industri pengiriman barang, dan sebagainya. Hand pallet berbentuk seperti dongkrak dengan roda kecil dan garpu di bagian depannya. Alat ini menggunakan sistem hidrolik untuk mengangkat dan menurunkan barang. Berat barang yang bisa diangkat oleh hand pallet berkisar antara 1 hingga 5 ton.


3. Drum handler

Sesuai namanya, drum handler ini merupakan alat berat yang digunakan secara khusus untuk mengangkat dan memindahkan drum. Selain itu, drum handler juga mempermudah proses menuang isi drum. Drum handler sendiri terdiri dari beberapa jenis yaitu drum handler stacker, drum porter, dan drum gripper. Alat berat ini dilengkapi dengan roda yang bisa diputar 360 derajat untuk mempermudah operasional.


4. Hand stacker

Sekilas hand stacker ini mirip dengan forklift, namun dengan ukuran yang lebih sedikit dengan bentuk yang tidak terlihat seperti mobil. Fungsi hand stacker ini untuk mengangkat dan memindahkan barang diatas pallet kayu atau plastic. Bagian depan hand stacker dilengkapi dengan garpu atau fork yang bisa diatur lebarnya sesuai ukuran pallet. Beban yang bisa diangkat oleh hand stacker ini sebesar 1 hingga 2 ton dengan jarak pemindahan sepanjang 1 meter hingga 5 meter.


5. Forklift

Forklift merupakan alat berat yang paling umum digunakan untuk mengangkat barang berat. Alat ini banyak digunakan di pabrik, supermarket, ekspedisi, gudang, dan sebagainya. Bentuk forklift ini seperti mobil kecil namun dilengkapi dengan garpu atau fork dibagian depan. Forklift dibedakan berdasarkan operasionalnya yaitu manual dan otomatis. Beban yang bisa diangkat oleh forklift ini sebesar 1 hingga 10 ton dan bisa memindahkan barang dalam radius 3-6 meter.

Jenis alat pengangkat barang berat

Baca juga: Mengetahui 8 Jenis Forklift Berdasarkan kegunaannya


6. Trolley

Trolley adalah alat berat yang digunakan untuk mengangkat barang namun dengan kapasitas yang tidak terlalu besar sehingga masih bisa dioperasikan oleh manusia. Alat berat yang satu ini mempunyai bentuk yang sederhana yaitu rangka besi dengan roda dan juga tuas penarik. Biasanya trolley digunakan di dalam gudang atau penyimpanan dengan jarak yang tidak terlalu besar. Beban yang bisa diangkat oleh trolley ini sekitar 150 kg hingga 500 kg.


7. Webbing sling

Bila ingin mengangkat barang dengan cara manual, webbing sling tentu tidak boleh ditinggalkan. Dikenal juga sebagai lifting straps atau tali pengangkat, alat ini berupa tali atau harness yang kuat. Ada banyak bentuk tali pengangkat yang bisa disesuaikan dengan bentuk barang sehingga barang bisa diangkat dengan mudah oleh dua orang atau lebih. Tali penarik ini membantu mengurangi beban pada punggung sehingga orang yang mengangkat barang tidak mengalami cedera punggung. Selain itu, tali pengangkat juga membuat barang tetap stabil ketika diangkat dan dipindahkan sehingga mengurangi resiko barang rusak dan juga cedera pada karyawan.


Ada banyak jenis alat angkat yang digunakan untuk memindahkan dan mengangkat barang. Setiap industri mungkin membutuhkan jenis alat angkat yang berbeda tergantung dengan kebutuhan masing-masing. Sebaiknya sebelum memutuskan untuk menyewa atau membeli alat pengangkat, pertimbangkan terlebih dahulu kebutuhan di lapangan. Selain itu, perhatikan juga ada atau tidaknya operator untuk mengoperasikan alat berat tersebut. Kesalahan dalam mempertimbangkan faktor seperti ini akan mengurangi fungsi alat berat itu sendiri.


Alat pengangkat barang menjadi salah satu alat yang wajib ada untuk industri dengan banyak barang berat. Menggunakan tenaga manusia untuk mengangkat barang berat tentu tidak efektif karena membutuhkan waktu dan proses yang lama. Belum lagi masalah keselamatan kerja yang harus benar-benar diperhatikan.


Ada banyak jenis alat pengangkat barang berat yang bisa digunakan mulai dari crane, forklift, hand stacker, drum handler, hand pallet, dan sebagainya. Pada dasarnya alat pengangkat ini dilengkapi dengan roda untuk memudahkan pemindahan barang dan juga garpu pengangkat untuk memindahkan barang. Ada juga alat pengangkat yang digunakan secara manual seperti lifting straps dan trolley. Pemilihan alat pengangkat ini sebaiknya memang disesuaikan dengan kebutuhan karena mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Bila membutuhkan alat pengangkat forklift, asheforklift.com mempunyai koleksi forklift yang bisa digunakan untuk segala kebutuhan anda.



Sumber:

https://strong-indonesia.com/artikel/alat-bantu-angkat-barang/#axzz7LNrnNlWl

https://bamcargo.co.id/5-alat-untuk-membantu-proses-handling-handling-eksepedisi-dan-cargo/



9 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua