top of page

Cek Hal Ini Sebelum Melakukan Penyewaan Forklift Durabilitas Tinggi

Bagi Anda seorang pelaku usaha yang menjalankan bisnis di bidang manufaktur, konstruksi, dan sebagainya pasti sering bersinggungan dengan penggunaan peralatan berat, salah satunya adalah forklift. Forklift memang memiliki peran penting dalam sistem operasional sebuah perusahaan, karena penggunaannya sangat membantu meningkatkan efisiensi kerja. 


Sayangnya tidak semua perusahaan dapat langsung membeli forklift karena biayanya yang cukup mahal. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kini sudah banyak perusahaan yang menyediakan jasa penyewaan forklift durabilitas tinggi. Jadi, Anda bisa mendapatkan unit forklift dengan kualitas bagus dengan mengeluarkan biaya yang lebih murah. 


Pada artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai hal yang harus diperhatikan sebelum menyewa forklift serta tips merawat forklift agar durabilitasnya terjaga.

Cek Hal Ini Sebelum Melakukan Penyewaan Forklift Durabilitas Tinggi

Key Takeaways:

  • Durabilitas adalah kemampuan suatu produk, material, atau sistem untuk bertahan dan berfungsi dengan baik pada jangka waktu yang lama tanpa adanya kerusakan yang signifikan.

  • Terdapat beberapa komponen utama dari forklift yang bekerja sama untuk meraih durabilitas yang tinggi, yaitu mulai dari rangka, penyeimbang, mesin, pengangkat, serta tiang penyangga.

  • Sebelum menyewa forklift, ada hal yang harus  Anda perhatikan. Sebagai contoh sertifikasi operator, jenis forklift yang sesuai dengan kebutuhan, dan sebagainya. 

  • Dalam rangka menjaga kinerja forklift, Anda harus melakukan perawatan secara berkala, memeriksa sistem pelumasan, mengganti oli, memeriksa sumber energi, dan, sistem kemudi, dan sebagainya.


Apa Itu Durabilitas?

Durabilitas merupakan salah satu aspek yang penting dalam banyak hal, terutama pada alat yang Anda pakai dalam proses operasional perusahaan. Mengutip dari Zona Tulis, pengertian durabilitas adalah kemampuan suatu produk, material, atau sistem untuk bertahan dan berfungsi dengan baik pada jangka waktu yang lama tanpa adanya kerusakan yang signifikan atau kehilangan kinerja.


Alat yang memiliki durabilitas yang baik biasanya ditandai dengan waktu penggunaan yang lama tanpa perlu perbaikan atau penggantian yang sering. Durabilitas forklift bisa ditandai dengan kinerja alat yang tetap terjaga walau sering digunakan untuk mengangkat barang berat dalam waktu yang lama.


Komponen Utama Forklift

Untuk membuat forklift dengan durabilitas tinggi, pastinya terdiri dari berbagai komponen utama yang bekerja sama agar bisa mengangkat, memindahkan, dan menyimpan beban berat atau besar secara efisien. Dilansir dari Krakatau Jasa Industri, berikut adalah komponen utama dari forklift.

1. Rangka (Sasis)

Rangka truk akan membentuk dasar forklift. Rangka truk akan menyatukan bagian-bagian penting kendaraan lainnya, seperti roda, tiang, dan penyeimbang.


2. Counterweight (Penyeimbang)

Counterweight atau penyeimbang bertujuan untuk mengimbangi bobot yang diangkat kendaraan. Penyeimbang ini terbuat dari besi  tuang dan dipasang di bagian belakang forklift.


3. Mesin

Mesin forklift terdiri dari mesin pembakaran internal, sumber tenaga forklift bisa diisi dengan solar, LPG, gas alam, dan CNG. Untuk forklift bertenaga listrik bisa mendapatkan tenaga dari baterai timbal-asam.


4. Pengangkat (Fork & Lift)

Pengangkat berfungsi sebagai alas forklift yang dipasang ke rel tiang agar mudah bergerak naik-turun ke atas dan ke bawah. Pengangkat merupakan komponen yang penting dan menjadi ciri khas forklift.


5. Tiang Penyangga

Komponen ini memiliki tanggung jawab untuk mengangkat dan menurunkan beban melalui pengangkat. Tiang penyangga juga memiliki rel yang saling mengunci untuk memungkinkan kontrol horizontal. Tiang ini dapat dipasang dengan rol. 


Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menyewa Forklift

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menyewa Forklift

Jika Anda ingin melakukan penyewaan forklift durabilitas tinggi, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak salah langkah. Dikutip dari Equipment Trader, berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda perhatikan sebelum menyewa forklift.


1. Apakah Anda Sudah Memiliki Sertifikat?

Sebelum menyewa forklift, pastikan Anda sudah memiliki operator yang sudah memiliki sertifikat untuk keamanan kerja. Jika Anda belum memiliki operator yang bersertifikasi, ada beberapa perusahaan yang sudah menyediakan operator untuk disewa sekaligus dengan forklift. 


2. Pilih Forklift yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Tidak semua jenis forklift memiliki fungsi yang sama. Oleh karena itu, sebelum Anda menyewa forklift pastikan untuk memilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


3. Lingkungan untuk Beroperasi

Tentukan lingkungan dimana forklift akan beroperasi. Apakah lingkungannya indoor atau  outdoor? Faktor lingkungan ini akan mempengaruhi jenis forklift apa yang bisa Anda sewa. Dua jenis forklift yang umum dipakai adalah cushion tires untuk indoor dan pneumatic tires untuk outdoor.


4. Berat dan Tinggi 

Pastikan kapasitas forklift sebelum menggunakannya. Lagi-lagi, perhatikan seberapa berat barang yang akan diangkat dan seberapa tinggi rak penyimpanan Anda untuk menyimpan barang. 


5. Jenis Bahan Bakar yang Dipakai

Selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah jenis bahan bakar yang dipakai forklift. Jika Anda berada pada perusahaan makanan, maka penggunaan forklift listrik mungkin terbatas. Berbeda dengan perusahaan yang sering berada di outdoor, maka jenis forkliftnya akan berbeda lagi. 


Hal-hal diatas harus Anda perhatikan sebelum melakukan sewa forklift, agar nantinya forklift yang dipakai bisa mempertahankan durabilitasnya dengan baik.



Tips Merawat Forklift agar Durabilitasnya Tinggi

Untuk menjaga durabilitas dari forklift, maka harus dilakukan perawatan yang baik. Kinerja forklift yang baik bukan hanya menghasilkan operasi yang lebih efisien, tetapi juga memperpanjang umur pakai sehingga dapat menghemat pengeluaran. Berdasarkan Kawan Lama, berikut adalah beberapa tips cara merawat forklift.


1. Lakukan Pemeliharaan Rutin

Langkah pertama dalam merawat forklift adalah melakukan pemeliharaan secara rutin dan konsisten. Misalnya seperti pemeliharaan harian, bulanan, dan tahunan. Hal ini mencakup pemeriksaan berkala terhadap mesin, sistem bahan bakar, pemeriksaan retakan yang mungkin muncul, dan sebagainya.


2. Periksa Sistem Pelumasan

Agar forklift bisa terus berfungsi optimal, maka Anda harus melakukan pemeriksaan terhadap sistem pelumasan. Pastikan semua bagian yang membutuhkan pelumas mendapat jumlah pelumas yang tepat. Sistem pelumasan yang baik akan mengurangi gesekan dan mencegah keausan berlebih pada komponen mesin.


3. Penggantian Oli

Lakukan penggantian oli sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh produsen forklift. Oli yang bersih dan segar membantu menjaga suhu mesin tetap stabil, mengurangi keausan, serta meningkatkan efisiensi bahan bakar.


4. Periksa Sumber Energi

Pemeriksaan sumber energi juga harus dilakukan secara berkala untuk menjaga ketersediaan energi yang efisien untuk  forklift. Jika Anda menggunakan forklift elektrik yang menggunakan baterai, maka pastikan baterai terisi penuh, bersih dari korosi, dan lakukanlah pemeriksaan rutin pada sistem kelistrikan untuk mencegah masalah daya yang mungkin timbul.


5. Pemeriksaan Ban dan Sistem Kemudi

Ban adalah salah satu komponen penting dalam kinerja forklift. Ban yang aus atau sistem kemudi yang kurang optimal bisa membahayakan keselamatan para pekerja. Maka dari itu, periksalah kondisi ban secara berkala, serta pastikan sistem kemudi berfungsi dengan baik.


6. Pelatihan Operator yang Baik

Selain perawatan forklift itu sendiri, kinerja forklift juga dipengaruhi oleh operator yang menjalankannya. Pastikan operator mendapatkan pelatihan yang memadai untuk pengoperasian forklift. Hal itu mencakup pemahaman terhadap batasan beban, teknik mengemudi yang aman, serta protokol keselamatan kerja. 


7. Pengendalian Suhu Operasional

Forklift bisa bekerja secara optimal pada suhu operasional yang tepat. Oleh karena itu, pastikan forklift tidak terlalu panas atau terlalu dingin pada saat digunakan. Suhu yang terkendali ini membantu menjaga kinerja mesin dan komponen lainnya yang berujung pada durabilitas forklift yang tinggi.


8. Pastikan Gauges Forklift Bekerja dengan Benar

Gauges pada forklift memiliki fungsi sebagai indikasi jika adanya bagian forklift yang mungkin mengalami kerusakan. Anda harus menjaga semua gauge selalu dalam keadaan baik agar memudahkan Anda nantinya dalam mengidentifikasi potensi kerusakan pada komponen lainnya.


Tips perawatan forklift ini semata-mata dilakukan untuk menjaga durabilitas forklift tetap tinggi untuk jangka waktu yang lama. Selain dapat meningkatkan efisiensi kerja, durabilitas forklift yang baik pun akan meningkatkan keamanan terhadap para pekerja. Namun, jika Anda menyewa forklift, Anda tidak perlu repot memikirkan bagaimana perawatannya. Karena biasanya perusahaan yang menyewakan forklift sudah termasuk terhadap perawatannya.



Dapatkan Penyewaan Forklift Durabilitas Tinggi dengan Ashe Forklift

Jika Anda sedang membutuhkan forklift dalam waktu cepat, maka melakukan sewa forklift adalah solusinya. Terdapat beberapa manfaat  yang bisa Anda dapatkan jika menyewa forklift, salah satunya adalah Anda dapat mencoba berbagai jenis forklift yang sesuai dengan kebutuhan sebelum akhirnya nanti memutuskan untuk membeli.


Apakah Anda sedang mencari perusahaan yang menyewakan forklift dengan kualitas dan durabilitas tinggi? Ashe Forklift bisa menjadi pilihan Anda. Ashe Forklift telah bergerak dalam bidang penyewaan dan rental forklift dengan pengalaman lebih dari 30 tahun. Perusahaan kami dilengkapi dengan tenaga kerja dan operator pilihan yang selalu mengutamakan kualitas pelayanan profesional, responsif, serta optimal. Unit yang kami tawarkan juga selalu dalam kondisi yang terawat sehingga Anda akan merasa aman dalam menggunakannya. 


Segera kunjungi website Ashe Forklift untuk informasi selengkapnya.




Postingan Terakhir

Lihat Semua

Commentaires


Les commentaires ont été désactivés.
Post: Blog2_Post
bottom of page