Kenali Jenis dan Fungsi Kunci L, si Hand Tool Banyak Manfaat

Kunci L merupakan salah satu hand tool yang berukuran kecil dengan kepala berbentuk heksagonal. Fungsi kunci L pada umumnya digunakan untuk memperbaiki atau mengencangkan sejumlah peralatan atau bagian kecil. Terdapat berbagai fungsi lain yang bisa dilakukan oleh Kunci L berdasarkan pemakaian dan jenisnya.

Kenali Jenis dan Fungsi Kunci L, si Hand Tool Banyak Manfaat

Fungsi Kunci L Berdasarkan Pemakaiannya

Berikut adalah kegunaan kunci L yang dibagi menjadi 5 berdasarkan pemakaian objeknya yaitu alat permesinan, elektronik, furnitur, sepeda dan sepeda motor. Masing-masing tentunya memiliki cara yang berbeda dalam merakit, memperbaiki dan merawat benda-benda tersebut.


1. Fungsi Kunci L pada Alat Permesinan

Selain kegunaan lain, kunci L juga dapat membantu dalam memelihara dan memperbaiki alat dan mesin berat. Seperti gergaji listrik dari semua varietas memerlukan kunci L untuk mengganti bilah atau untuk penyesuaian kecil. Kunci L lengan pendek sebagian besar digunakan untuk melakukan tugas-tugas ini.


2. Fungsi Kunci L pada Elektronik

Kunci L menjadi sangat populer di kalangan orang-orang yang berurusan dengan perbaikan dan pemeliharaan elektronik. Karena barang elektronik kini menjadi semakin padat atau kecil sehingga kunci L sering digunakan.


Komputer dan layar televisi besar disatukan dengan sekrup ini dari bagian belakang. Anda dapat membeli kunci pas torsi untuk tujuan ini. Mereka adalah item utama di setiap kotak peralatan listrik.


3. Fungsi Kunci L pada Furnitur

Kunci L adalah salah satu bagian penting dari rangkaian peralatan bengkel untuk mengamankan furnitur pada tempatnya. Kunci L memungkinkan perakitan furnitur tanpa perlu melakukan pemotongan pada bagian-bagian tertentu.


Desainnya yang ringkas membuat tampilannya berbeda dan kuat dalam pengikatannya. Karena furnitur yang terlanjur diposisikan pada suatu tempat terkadang susah untuk dipindahkan dan hanya memiliki space kecil. Oleh karena itu, penggunaan kunci L sering menjadi pilihan untuk memperbaiki furnitur karena ukurannya yang kecil dan mudah digunakan.


4. Fungsi Kunci L pada Sepeda

Kunci L adalah alat yang paling sering digunakan untuk memperbaiki sepeda. Ukuran kunci L bervariasi sehingga memungkinkan pemakaian dengan aplikasi yang berbeda. Selain itu, kunci L memiliki ukuran yang tidak besar sehingga mudah dibawa. Jika sepeda Anda sering bermasalah, maka Anda bisa membawa satu set kunci L saat sedang berpergian menggunakan sepeda.


5. Fungsi Kunci L pada Kendaraan Bermotor

Anda akan membutuhkan set kunci L untuk perawatan yang tepat untuk kendaraan Anda. Kunci L sangat membantu saat mengakses area di bawah kursi mobil, dan tempat di bawah dasbor seperti di belakang kompartemen sarung tangan. Kunci pas T-handle Hex direkomendasikan untuk perbaikan mobil dan sepeda motor.


Baca juga: Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Dengan Cepat


Jenis-Jenis Kunci L

KuncI L sebenarnya masuk ke dalam kategori kunci pas Allen. Nah, kunci Allen sendiri umumnya memiliki bentuk yang hampir mirip atau serumpun. Oleh karena itu, terdapat berbagai jenis kunci L. Masing-masing memiliki fungsi dan beberapa memiliki bentuk yang berbeda. Berikut adalah jenis-jenis kunci L:

Jenis-Jenis Kunci L

1. Kunci L Standar

Kunci L merupakan kunci pas yang paling standar dan sering digunakan orang-orang. Kunci L standar berbentuk L seperti L sehingga dapat menjangkau titik-titik yang sempit dan memberikan kontrol saat dibutuhkan. Jika Anda mencari satu set, ini akan menjadi pilihan yang sempurna. Meskipun ada banyak pilihan yang tersedia di pasaran, ada kunci Allen ukuran L 1,5-10mm yang sempurna untuk semua kebutuhan.


2. Kunci T

Kunci T atau yang sering disebut dengan T-handle memungkinkan Anda memutar kunci pas dalam sekejap, memberikan dukungan yang cukup dalam penggunaan normal. Kunci T ini paling sering ditemukan pada bengkel-bengkel sepeda dan industri motorsport.


3. Kunci P

Kunci pas Allen P-handle adalah versi modifikasi dari kunci Allen gaya-L dengan pegangan yang nyaman di tikungan yang memberikan keuntungan yang sama seperti T-handle. Jenis kunci pas Allen ini sangat umum terlihat di bengkel profesional.


4. Kunci L Lipay (Hex Lipat)

Hex lipat memiliki kunci lengan pendek yang dilipat menjadi pegangan penyimpanan. Pegangan penyimpanan hex lipat ini dapat dibuat dari logam atau plastik sesuai kebutuhan. Kunci lipat biasanya digunakan untuk menerapkan torsi maksimum untuk bekerja dengan melipat 90 derajat dari pegangan penyimpanan.


Namun, satu keuntungan utama yang diberikannya kepada Anda adalah bahwa kunci lipat akan terlipat 180 derajat atau lebih, memberi Anda akses ke pengencang yang sulit dijangkau atau mengganti pengencang lebih cepat. Mereka semakin populer di kalangan pengendara sepeda motor dan pengendara sepeda.


Baca juga: 13 Jenis-jenis Baut dan Kegunaannya yang Perlu Anda Ketahui


5. Ratcheting Hex

Ratcheting Hex menawarkan gerakan superior dan tersedia dengan desain pegangan lipat atau pegangan-T. Alat ini sering digunakan dengan bit obeng. Bit dipegang pada pegangan dengan bantuan pemegang bit magnetik, yang menampung seluruh mekanisme. Ratching bit kunci pas hex berguna dalam driver bor listrik. Oleh karena itu, jenis kunci L ini membuatnya sempurna untuk mereka yang menangani baut rotor.


6. Kunci Torsi

Jenis kunci pas torsi ini digunakan untuk menerapkan torsi tertentu ke pengikat seperti mur, baut, atau sekrup lag. Ini mirip dengan kunci pas soket dengan mekanisme internal khusus. Kunci ini digunakan untuk mengencangkan sekrup dan baut sangat.


Kunci torsi merupakan alat penting dan umumnya selalu tersedia di bengkel mana pun, terutama saat bekerja dengan komponen sensitif. Namun, kunci pas torsi ini bukan pengganti Ratcheting Hex.


7. Bola Hex

Ball hex adalah alat sederhana yang digunakan untuk memutar baut dan sekrup dengan kepala soket heksagonal. Ini terdiri dari kepala berbentuk bola dengan tepi yang rapat. Ujung bola kunci pas Allen memudahkan untuk memasukkan kunci ke dalam slot penerima.


Hal ini memungkinkan pengguna untuk mencapai sudut offset 30 derajat sehingga Anda dapat mencapai posisi yang Anda butuhkan dengan sangat cepat. Ini bagus untuk masuk ke ruang sempit yang di luar jangkauan rekan-rekan berbentuk L.


8. Kunci Pas Allen yang Dapat Disesuaikan

Kunci pas Allen yang dapat disesuaikan memiliki rahang yang dapat digerakkan untuk menyesuaikan ukuran kunci pas dan titik rahang tetap yang diposisikan di bagian atas kunci pas. Ini adalah alat yang berguna juga dikenal sebagai kunci jaringan. Kunci pas Allen ini tersedia dalam ukuran 200mm, 300mm, dan 250mm.


Alat ini sangat cocok untuk melonggarkan atau mengencangkan mur atau sekrup miring.

Kunci ini sering digunakan untuk membetulkan berbagai perkakas lain seperti pipa ledeng, mobil dan bahkan peralatan listrik. Anda juga bisa menggunakan kunci ini untuk merakit perabotan rumah sendiri. Supaya bisa mendapatkan hasil terbaik, tentunya anda perlu memilih ukuran kunci pas yang sesuai.



Demikianlah informasi mengenai jenis dan fungsi kunci L. Ternyata terdapat berbagai jenis kunci L yang dapat digunakan untuk memperbaiki atau mengencangkan bagian-bagian yang kendur dari perabotan, kendaraan bermotor dan bahkan alat berat yang disediakan dari jasa sewa forklift Ashe Forklift maupun peralatan permesinan.



Sumber:

https://www.moglix.com/blog/learn-about-various-types-of-allen-keys-and-their-use/

https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/fungsi-kunci-allen#:~:text=Fungsi%20umum%20kunci%20allen&text=Kunci%20ini%20digunakan%20untuk%20mengencangkan,biasanya%20memiliki%20dua%20macam%20bentuk.

https://www.theengineerspost.com/allen-wrench/#Advantages_of_Allen_Wrench


15 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua