Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Dengan Cepat

Bangku taman berbahan besi menjadi berkarat karena terkena air hujan sepanjang musim penghujan akan membuat tampilannya menjadi tidak estetik. Jika Anda mengurungkan niat untuk membuangnya dan membeli bangku baru, maka cobalah untuk menghapus karatnya. Lalu bagaimana cara menghilangkan karat pada besi tersebut? Simak caranya di bawah ini!


Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Dengan Cepat

Cara Menghilangkan Karat pada Besi

Anda dapat menghilangkan karat pada besi dengan bantuan beberapa zat. Namun, tingkat keparahan karat akan sangat mempengaruhi proses penghilangan karat dari besi. Tetapi secara umum, Anda akan perlu melakukan tahapan pembersihan yang sama. Siapkan bahan-bahan ini untuk menghilangkan karat dengan cepat:


1. Asam oksalat

Bubuk ini merupakan salah satu zat yang kuat dan beracun yang biasanya digunakan sebagai zat pemutih. Jadi, sebaiknya gunakan asam oksalat ketika karat membandel muncul pada barang-barang yang kokoh seperti kursi taman atau peralatan luar ruangan lainnya..


Anda dapat membeli asam oksalat secara online, toko besi ataupun toko perkakas. Zat ini juga sering ditemukan dalam persediaan pembersih karena dapat digunakan untuk membersihkan beberapa area yang membandel di lantai kayu keras. Gunakan dengan hati-hati tidak peduli bagaimana Anda menggunakannya.


2. Asam Sitrat

Asam sitrat merupakan bahan kimia yang berasal dari buah lemon atau jeruk. Jadi, terdapat zat yang ada di dalam buah tersebut bisa digunakan untuk membersihkan suatu benda. Bahkan apabila zat tersebut dikonsentrasikan, maka hasil yang didapatkan bisa menjadi lebih kuat.


Asam sitrat mungkin sudah tidak terdengar asing lagi karena kita bisa mendapatkannya dengan mudah di toko kelontong atau toko perkakas. Tetapi, dalam penggunaannya Anda harus mengikuti panduan yang biasanya ada di bungkus bagian belakang agar bisa mendapatkan hasil maksimal.


3. Bubuk soda kue

Soda kue adalah penghilang karat yang relatif lembut. Karena mudah didapatkan, kebanyakan orang sudah memilikinya di rumah. Penggunaannya pun mudah, Anda cukup mencampur bahan dengan sedikit air sampai teksturnya berbentuk seperti pasta kental. Kemudian, oleskan pada besi yang berkarat.


Bubuk soda kue merupakan zat yang memiliki kemampuan menggosok karena didalamnya terdapat kristal yang akan menarik karat ke atas. Jadi, karat bisa menghilang, bahkan tanpa disikat ataupun digosok.


4. Cuka

Anda bisa menghilangkan karat dengan cuka. Hanya perlu merendam logam berkarat selama beberapa jam agar karatnya larut. Terkadang karat tidak rontok begitu saja namun masih menempel pada besi, sehingga Anda perlu menyikat dan menghapusnya. Tidak begitu sulit untuk menghilangkan karat yang telah direndam air cuka. Tekstur karat akan menjadi seperti pasta ketika Anda menyikatnya.


Anda juga dapat mencelupkan sikat logam atau aluminium foil ke dalam cuka dan menggunakannya seperti halnya sabun dan air. Ini adalah metode murah yang bekerja dengan sangat baik, jadi harus selalu dipertimbangkan jika Anda tidak memiliki kuas.


5. Campuran Baking Soda dan Kentang

Pernahkah terbayang dalam benak Anda bahwa kentang bisa menghilangkan karat? .


6. Gerigi Baja atau Amplas Kertas

Apabila Anda tidak ingin repot-repot menggunakan bahan-bahan yang telah disebutkan di atas, Anda dapat menghilangkan karat dengan menggunakan mesin dengan gerigi baja atau menggunakan amplas.


Anda dapat menghilangkan karat dengan menggunakan alat putar seperti Dremel yang dipasangi sikat gerigi baja. Jika ingin menggunakan amplas, maka Anda harus menggosoknya dengan sabar karena amplas tidak memiliki zat-zat kimia yang dapat mengangkat karat dengan cepat.


Baca juga: 13 Jenis-jenis Baut dan Kegunaannya yang Perlu Anda Ketahui



Cara Menghilangkan Karat dari Benda Besi yang Berbeda

Sebagian besar cara menghilangkan karat pada besi dapat dilakukan pada berbagai objek. Terdapat metode tertentu yang bekerja lebih baik untuk objek tertentu. Misalnya, Anda tidak ingin menggunakan asam oksalat pada perkakas besi yang berharga, jadi kita harus jeli dalam memilih bahan yang digunakan untuk menghilangkan karat supaya barang tersebut tidak rusak.


1. Cara Menghilangkan Karat dari Peralatan Logam

Karat yang muncul pada peralatan besi dengan ukuran yang besar tentunya perlu perawatan yang berbeda. Misalnya, seperti bangku taman yang berkarat. Kita tidak mungkin akan memendamnya pada sebuah kolam berisikan air cuka. Maka metode yang paling cocok digunakan adalah dengan membuat pasta soda kue.


Maka metode yang lebih sederhana seperti jus lemon atau soda kue paling cocok untuk atasi hal ini.


Buat pasta jus lemon bercampur kue soda untuk hasil terbaik. Kemudian oleskan pada bagian yang berkarat. Tunggu beberapa saat hingga pasta tersebut meresap. Kemudian, Anda bisa menyikat bangku taman yang telah dilumuri pasta kue soda. Tahap terakhir, Anda bisa membilasnya sampai bersih.


2. Cara Menghilangkan Karat dari Peralatan Logam

Tidak hanya peralatan yang lembab dan terkena hujan terus-menerus yang bisa berkarat. Perkakas dan pisau logam di rumah Anda juga bisa menimbulkan karat jika tidak cukup sering digunakan. Cara yang bagus untuk membersihkannya adalah dengan metode kentang. Karena metode ini lembut dan efektif. Apalagi dengan peralatan tajam.


3. Cara Menghilangkan Karat dari Perhiasan Logam

Perhiasan bisa sangat halus, jadi pastikan Anda menggunakan metode yang lebih lembut untuk itu. Soda kue atau pasta gigi berbahan dasar soda kue paling cocok digunakan untuk perhiasan. Ini lembut namun memiliki agen scrubbing aktif bawaan.


Ini adalah tempat yang bagus untuk memulai dengan perhiasan dan rantai. Karena perhiasan tidak sering berkarat, biasanya tidak diperlukan kecuali menyelamatkan perhiasan lama yang ditemukan di loteng yang bocor. Berhati-hatilah dengan barang-barang yang lebih mungil, tidak peduli seberapa berkaratnya.



Bagaimana Menghilangkan Karat dari Furniture Stainless Steel?

Karena Anda tidak bisa merendam furnitur dalam cuka (karena akan memakan banyak cuka) untuk membersihkan furniture stainless steel, Anda harus mencoba metode lain. Tapi Anda masih bisa menggunakan cuka yang sangat kuat.


Mulailah dengan membilas bagian furnitur yang berkarat dengan cuka dan diamkan selama sekitar sepuluh menit. Lebih lagi jika kadarnya dalam. Jika Anda ingin menambahkan sedikit bahan penggosok, Anda bisa menambahkan soda kue atau garam, dengan sedikit garam yang menyerap cuka.


Baca juga: Kenali Jenis dan Fungsi Kunci L, si Hand Tool Banyak Manfaat


Cara Mencegah Besi Berkarat

Cara terbaik untuk mengatasi karat adalah dengan menghindarinya sejak awal, jadi jagalah peralatan Anda tetap kering dan jauh dari kondisi basah dan lembap. Berikan perhatian lebih pada perkakas besi Anda dengan cara dibersihkan, diminyaki, dan dirawat secara teratur.


Terdapat metode lain untuk mencegah munculnya karat pada perkakas besi dan baja Anda yaitu dengan menggunakan lapisan pelindung Bluing yang sering digunakan pada benda berbahan baja berukuran kecil seperti jam tangan. Anda juga bisa memberikan pelapis bubuk berupa akrilik, vinil, eksposi dan sebagainya.


Demikianlah beberapa cara menghilangkan karat pada besi. Apabila Anda berada di sebuah industri yang menggunakan peralatan material handling, maka Anda perlu menjaga mesin-mesin tersebut dari karat karena kebanyakan mesin tersebut berbahan utama dari logam. Tapi, Anda tidak akan menemukan karat-karat pada berbagai material handling yang ada di Asheforklift karena mereka telah dirawat dan kualitasnya terkontrol.



Sumber:

https://www.homedit.com/how-to-remove-rust-from-metal/

https://www.eternaltools.com/blog/how-to-remove-rust-from-metals-in-seconds

https://www.motortrend.com/how-to/rust-remover-comparison-test-12-solutions/



15 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua