Mengetahui 8 Jenis Forklift Berdasarkan kegunaannya

Sebelum memutuskan untuk beli lift truck sendiri, ada baiknya Anda pahami dulu apa saja jenis forklift yang biasa digunakan dalam industri dan pabrik. Karena meskipun bentuknya serupa, tetapi alat ini punya fungsi yang berbeda-beda.


Secara umum, forklift memang digunakan untuk mengangkut muatan atau barang dengan berat di atas 3 ton. Tetapi ada yang dibuat khusus untuk mengangkat barang saja, ada yang bisa digunakan untuk memindahkan barang dengan jarak tertentu, ada juga yang dibuat untuk mengambil dan menyimpan barang.


Oleh karena itu agar tidak bingung dan salah beli, mari kita pelajari apa saja jenis forklift berdasarkan kegunaannya dalam artikel berikut ini.


jenis forklift

Jenis Forklift Berdasarkan Kegunaannya


Dikutip dari situs MSJGroup, setidaknya ada lebih dari 7 jenis lift truck dengan kegunaan, harga dan ukuran yang berbeda-beda. Sehingga Anda tidak bisa asal memilih forklift yang murah atau yang desainnya paling bagus.


Jika Anda ingin membeli atau menyewa forklift, sebaiknya ketahui dulu apa saja jenis yang bisa dipilih berikut ini.


1. Forklift Reach Truck


Yang pertama adalah jenis reach truck. Sesuai dengan namanya, mesin satu ini digunakan untuk menjangkau barang yang letaknya sangat tinggi. Biasanya forklift reach truck ditempatkan pada gudang dengan tinggi hingga belasan meter.


Forklift jenis ini juga bisa digunakan di gudang yang sudah memiliki rak tempat menyimpan produk dalam box. Sehingga para karyawan bisa mengambil produk di rak paling atas tanpa harus memanjat atau menggunakan mekanisme pesawat sederhana.


Reach truck forklift didesain khusus untuk melakukan pekerjaan di dalam ruangan. Sehingga Anda tidak bisa menggunakan alat ini untuk mengantar box yang sedang diangkut ke mobil distributor.


2. Order Picker Forklift


Berikutnnya ada order picker, jenis lift truck yang bertugas untuk mengantar barang atau box. Forklift jenis ini hanya bisa menjangkau box dengan ukuran paling tinggi sekitar 9 meter saja.


Namun dalam mengantar barang, order picker forklift bisa menjangkau hingga lebih dari 1 KM dengan kecepatan tertentu. Dengan begitu para karyawan tidak perlu menggunakan troli untuk mengangkut box yang terlalu berat dari dalam gudang ke truk.


Order picker forklift juga bisa digunakan di luar ruangan. Tetapi truk ini hanya bisa berjalan di atas permukaan jalan yang rasa seperti lantai pelur atau plester. Sedangkan di atas aspal dan cone block, alat ini kurang bisa diandalkan.


3. Walkie Stacker Forklift


Jenis forklift berdasarkan kegunaannya yang ke 4 adalah walkie stacker. Hampir sama seperti order picker, jenis lift truck yang satu ini juga digunakan khusus untuk mengangkut dan memindahkan barang dari rak gudang ke luar. Perbendaannya adalah ukuran walkie stacker lebih ramping dibandingkan order picker.


Walkie stacker dibuat tanpa memiliki daya apapun untuk mengerakan roda. Sehingga alat ini hanya bisa mengambil box dari rak saja. Sedangkan untuk memindahkannya, operator perlu mendorong sendiri walkie stacker.


Tetapi alat ini punya kelebihan yang paling utama. Yaitu harga yang jauh lebih terjangkau ketika membeli, menyewa maupun untuk perawatannya. Sebab Anda hanya perlu mengganti oli dan membersihkan hidrolik di dalam mesin saja.


4. Pallet Jack Forklift


Selanjutnya ada salah satu jenis forklift paling kecil di dunia, yaitu pallet jack. Forklift jenis ini juga tidak memiliki mesin dan tidak bisa dikendarai layaknya mobil. Tetapi dengan mekanisme pesawat sederhana, operator bisa membawa box dengan berat hingga 4 ton dengan jauh lebih ringan dan cepat.


Bisa dibilang pallet jack merupakan versi lebih sederhana dan murah dari walkie stacker. Kebanyakan pallet jack juga hanya digunakan untuk mengangkut box yang ada di lantai saja.


Harga forklift yang satu ini bisa dibilang yang paling murah. Jadi sangat cocok untuk pemilik usaha baru dan belum membutuhkan forklift untuk menjangkau produk yang tinggi.


5. Rough Terrain Forklift


Jenis forklift yang berikutnya ini didesain khusus untuk pekerjaan luar ruangan. Namanya adalah rough terrain forklift, jenis lift truck yang sering terlihat ketika Anda melewati daerah pembangunan atau kawasan konstruksi.


Rough terrain forklift memiliki ban layaknya sebuah truk pada umumnya yang bisa berjalan di atas permukaan tanah licin, bebatuan maupun jalanan yang tidak rata.


Seperti yang sudah dikatakan tadi, forklift jenis ini digunakan untuk kebutuhan konstruksi dan pembangunan. Biasanya rough terrain forklift mengangkut bahan-bahan konstruksi seperti kayu, baja ringan, besi, dan lain sebagainya.


6. Industrial Forklift


Jika rough terrain forklift dibuat khusus untuk kawasan pembangunan dan konstruksi, industrial forklift justru digunakan pada kawasan industri dan pabrik.


Bisa dibilang industrial forklift merupakan jenis truck lift yang bisa mengangkut beban paling berat dibandingkan jenis lainnya. Bukan hanya itu, truk ini juga bisa mengangkut banyak box sekaligus dalam waktu bersamaan. Sehingga jauh lebih efektif untuk mengangkut bahan-bahan produksi di dalam pabrik.


Industrial forklift juga bisa berjalan di lantai plester yang rata maupun di lantai aspal maupun cone block di luar ruangan. Biasanya truk ini digunakan untuk memindahkan barang dari gedung satu ke gedung lainnya di dalam kawasan industri.


7. Telehandler Forklift

Jenis forklift telehandler juga sering kali terlihat pada kawasan konstruksi dan pembangunan. Sebab lift truck jenis ini sama-sama memiliki roda yang didesain khusus agar bisa bekerja di luar ruangan dengan medan jalanan yang tidak rata dan berliku.


Fungsi utama telehandler forklift adalah untuk mengaungkut barang atau bahan bangunan dari tanah ke atas konstruksi bangunan. Biasanya, telehander bila mengangkat beban hingga lebih dari 5 ton dalam satu kali angkut.


Telehandler tidak digunakan untuk memindahkan barang dari bangunan satu ke bangunan lainnya. Alat ini hanya berfungsi untuk mengangkut bahan bangunan ke atas sesuai dengan posisi dimana bahan tersebut dibutuhkan.


8. Forklift Counterbalance

Jenis forklift yang terakhir dan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia adalah forklift counterbalance. Bisa dibilang, alat lift truck ini juga yang paling multi fungsi dan sangat mudah untuk dioperasikan.


Counterbalance forklift biasanya digunakan untuk mengangkut box dan memindahkannya dari dalam gudang ke luar. Fungsinya memang hampir mirip dengan pallet jack dan walkie stacker. Perbedaannya adalah lift truck yang satu ini bisa dikendarai seperti mobil.


Bukan hanya itu, counterbalance forklift juga bisa memposisikan besi garpu di depannya ke atas dan ke bawah. Sehingga alat ini bisa langsung memindahkan box yang diangkut ke tempat yang lebih tinggi. Baik itu ke dalam rak maupun ke atas bagasi truk distribusi.


Itulah dia kumpulan jenis forklift berdasarkan kegunaannya masing-masing dan yang paling banyak digunakan. Jika Anda masih bingung membutuhkan forklift jenis mana, Ashe Forklift siap membantu menjelaskan lebih dalam mengenai forklift. Di sini Anda juga bisa langsung menyewa lift truck berkualitas sesuai yang dibutuhkan.


30 tampilan