Spesifikasi Drum Gripper dan Tips Penggunaannya

Sebuah perusahaan yang menjual produk cair seperti detergen, minyak, minuman bahkan obat umumnya akan menggunakan drum sebagai wadah untuk menyimpan bahan-bahannya. Volume cairan yang disimpan tentunya tidak sedikit sehingga drum tidak mungkin dipindahkan secara manual. Oleh karena itu, agar proses pemindahannya lebih mudah, aman dan tidak berpotensi merusak produk, dibutuhkan alat bantu bernama drum gripper.


Spesifikasi Drum Gripper dan Tips Penggunaannya

Apa itu Drum Gripper?


Drum gripper merupakan salah satu alat tambahan dalam material handling untuk memindahkan drum ke satu lokasi ke lokasi lainnya. Biasanya alat ini juga dikenal sebagai Forklift Drum Gripper karena penggunaannya yang diselipkan pada mesin berat forklift.


Drum gripper dibuat dari bahan besi. Pada bagian bawah pangkalnya berbentuk seperti garpu yang ukurannya lebih besar dari garpu forklift. Memiliki bagian tiang yang tidak terlalu tinggi. Kemudian, pada bagian depannya berbentuk seperti bulan sabit sebagai garpu atau pencengkram drum yang akan dipindahkan. Garpu ini bisa diatur untuk menghimpit drum dan juga bisa direnggangkan.


Jadi, untuk memindahkan drum, alat ini menghimpit drum dengan garpu yang berfungsi seperti capit. Setelah dapat menghimpit dengan benar, drum diangkat dan dipindahkan. Kemudian setelah sampai tujuan, drum akan diturunkan terlebih dahulu dan capit akan merenggang secara otomatis ketika drum sudah hingga mencapai dasar lantai.


Drum Gripper dapat dipakai di lokasi indoor maupun outdoor dengan kondisi lantai datar, tidak menanjak maupun berlevel. Umumnya alat ini digunakan pada pabrik food and beverage serta minyak dan gas saja namun drum gripper juga bisa digunakan pada berbagai industri seperti gudang, farmasi, kosmetik, mencetak, karet dan elektronik.



Spesifikasi Drum Gripper

Drum dripper digunakan untuk memindahkan drum berisi cairan dengan berat bersih 350 kilogram hingga 500 kilogram. Alat ini memiliki daya cengkram yang tinggi untuk mengurangi resiko slip sehingga dapat mengangkat drum menuju tempat atau lokasi yang lebih tinggi dari ketinggian 1 meter hingga 1,5 meter.


Jika dilihat dari segi desain, drum gripper dirancang agar menjadi alat yang ergonomis dan menjadikannya sebagai alat sederhana yang mudah digunakan. Semua jenis alat ini memiliki engsel di kerangkanya sehingga saat tidak dipakai, Anda dapat menyimpannya dengan cara dilipat untuk menghemat pemakaian ruang.


Terdapat 2 tipe drum gripper yang dibedakan berdasarkan bentuk dan juga fungsinya yaitu:


1. Drum Gripper Auto N

Jenis drum ini memiliki bentuk kerangka mirip huruf N. Fungsinya untuk mengangkat satu sampai dua drum berbahan besi. Kapasitas maksimumnya mencapai 350 kilogram. Proses pengangkatannya bisa secara vertikal maupun horizontal.


2. Drum Gripper Auto U

Jenis drum gripper yang memiliki bentuk capit seperti huruf Y ini dapat mengangkat satu atau dua drum berbahan plastik dengan kapasitas maksimal mencapai 500 kilogram. Pengangkatan drum dilakukan dengan mencapit bagian atas tepat di bawah tutup drum.



Fungsi Drum Gripper

Pada umumnya, alat tambahan pada material handling ini memiliki tiga fungsi utama yaitu sebagai berikut:

1. Untuk menggenggam dan menumpuk drum di rak

2. Untuk memuat dan membongkar drum di truk

3. Untuk menangani bahan kimia berbahaya atau segala bentuk cairan


Baca juga: Jenis Peralatan Material Handling Dalam Dunia Industri


Benefit Drum Gripper

Alat ini tidak hanya dapat memindahkan drum ke suatu tempat ke tempat lainnya. Ternyata Anda dapat mendapatkan beberapa manfaat yang lebih kompleks lagi yaitu:


1) Menghilangkan tumpahan cairan.

Tentunya Anda akan merugi apabila cairan penting untuk produk Anda tumpah ke sana kemari. Sehingga, Anda akan menghemat budget dan juga tidak membuang-buang uang untuk mengganti bahan baku yang hilang.


2) Hilangkan kontak tangan pada drum beracun

Penggunaan drum gripper juga dapat mengurangi para karyawan atau operator untuk berkontak langsung dengan drum bermuatan racun. Jadi, perusahaan Anda juga dapat melaksanakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk para karyawan.


3) Menghilangkan kerusakan pada drum

Dengan menggunakan drum gripper, Anda dapat mengurangi resiko kerusakan produk dan juga tempat penyimpanannya yaitu drum.



Tips Menggunakan Drum Gripper

Tips Menggunakan Drum Gripper

Terdapat beberapa tips dalam penggunaan drum gripper untuk Anda yaitu:


1) Pastikan jenis drum

Anda perlu memastikan apakah di pabrik atau perusahaan Anda menggunakan jenis drum plastik ataupun drum besi. Sebab, terdapat 2 jenis drum gripper yang berbeda dan seberapa keras daya capitnya pun tentu akan berbeda.


2) Pastikan kapasitas drum

Anda perlu memastikan kapasitas drum yang digunakan. Karena drum gripper memiliki dua tipe yang memiliki kekuatan angkat maksimum yang berbeda-beda.


Baca juga: Wajib Tahu Cara Memindahkan Barang Berat yang Aman


Demikianlah informasi mengenai drum gripper. Ternyata penggunaan alat ini dapat mempermudah segala urusan pemindahan drum. Manfaat penggunaannya pun beragam, mulai dari segi financial bahkan berdampak baik pada sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan perusahaan. Keuntungan yang didapatkan perusahaan pun akan semakin banyak ketika berhasil mendapatkan tempat penyewaan drum gripper dan material handling equipment lainnya seperti di Ashe Forklift.


Sumber:

https://cindydevi.wordpress.com/tag/drum-gripper/

https://alatangkat.com/tips-menggunakan-drum-gripper/

https://opkmalaysia.com.my/drumhandlingproducts/




62 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua