top of page

Proses Pemindahan Barang Lebih Efektif dengan Forklift 15 Ton

Sebagai pemilik usaha, Anda harus cermat dalam mengatur aktivitas operasional perusahaan terutama dalam hal perpindahan barang. Untuk mengatur barang yang berat, Anda tentunya membutuhkan alat bantu yang memiliki kapasitas yang besar.


Forklift merupakan salah satu alat bantu yang dapat membantu Anda dalam memindahkan barang yang memiliki ukuran dan berat yang besar. Alat ini dapat menjadi solusi yang efektif dalam mendukung aktivitas produksi di area gudang.


Untuk pemindahan barang yang lebih efektif, Anda perlu memperhatikan berbagai hal salah satunya jenis forklift yang Anda gunakan. Pada umumnya forklift memiliki berbagai jenis sesuai kapasitasnya.


Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan operator forklift yang sesuai dan sudah tersertifikasi. Hal ini penting agar menjaga keselamatan dan menghindari terjadinya kecelakaan saat kerja.


Oleh karena itu, simak artikel berikut untuk mengetahui informasi tentang forklift 15 ton lebih banyak.


Proses Pemindahan Barang Lebih Efektif dengan Forklift 15 Ton

Key Takeaways:

  • Forklift memiliki berbagai jenis, mulai dari kapasitas yang kecil yaitu 2,5 ton hingga yang berkapasitas besar yaitu 20 Ton

  • Dalam mengoperasikan forklift, seorang operator harus lulus sertifikasi sesuai Permenaker No. 04 Tahun 1995

  • Sertifikasi operator memiliki peran yang penting untuk menjaga keselamatan saat kerja.


Forklift Berkapasitas 15 Ton

Forklift berkapasitas 15 ton merupakan salah satu peralatan bantu penanganan material yang termasuk golongan berat. Forklift ini biasanya digunakan untuk medan yang kasar dan terjal.


Forklift 15 ton memiliki kapasitas mengangkat beban yang tergolong besar, jika dibandingkan dengan jenis lainnya seperti forklift Reach Truck yang hanya bisa mengangkat beban sebesar maksimal 2,5 ton saja.


Secara umum, rata-rata forklift hanya bisa mampu mengangkat beban sekitar 6 meter saja, hal ini mungkin berbeda jika dibandingkan dengan jenis forklift lainnya yang bisa mencapai ketinggian 12,5 meter.


Jika Anda bandingkan forklift 15 ton dengan forklift reach truck, mungkin terdapat perbedaan dalam perputaran forklift reach truck yang bisa mencapai 180 derajat. Sehingga Anda tidak perlu menyediakan tempat yang luas untuk berputar balik. Sedangkan forklift, umumnya perlu tempat yang lebih luas untuk berputar balik.


Berikut spesifikasi dari forklift 15 ton:

  1. Memiliki daya angkat beban aman maksimum 12 ton

  2. Tinggi angkat maksimum 3 meter

  3. Ketinggian mast normal 3,15 meter

  4. Radius putar 4,45 meter

  5. Panjang unit dengan garpu angkat 5,93 meter

  6. Lebar unit 2,36 meter



Hal yang Perlu Anda Ketahui dalam Penggunaan Forklift

Hal yang Perlu Anda Ketahui dalam Penggunaan Forklift

Apakah Anda tahu, forklift tidak bisa dioperasikan oleh sembarang orang? Forklift merupakan alat bantu yang membutuhkan operator yang sudah tersertifikasi dan melalui pembinaan.


Hal ini dikarenakan pengoperasian forklift memiliki tanggung jawab yang besar dan tidak bisa sembarangan orang mengoperasikannya. Operator yang menjalankan harus sesuai persyaratan dan sudah terlatih akan keselamatan saat mengoperasikannya.


Operator forklift dibagi menjadi dua yaitu operator I adalah tingkatan paling tinggi yang memiliki kewenangan untuk mengoperasikan forklift lebih dari 15 ton. Sedangkan operator II hanya dapat mengoperasikan forklift dengan kapasitas hingga 15 ton.


Dalam Peraturan Pemerintah No.1 tahun 1970 dan Permenaker No.08/Men/2020 mewajibkan setiap perusahaan atau industri harus memiliki operator alat angkut yang memiliki lisensi untuk meminimalisir resiko dan terjadinya kecelakaan kerja.


Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan bagaimana forklift dioperasikan dengan aman dan sesuai dengan tujuan penggunaan. Anda bisa menyesuaikan kapasitas forklift dengan kebutuhan bisnis Anda.


Untuk Anda yang membutuhkan forklift guna memperlancar aktivitas operasional bisnis. Anda dapat mengunjungi website resmi kami di link ini dan temukan berbagai artikel menarik lainnya hanya di Ashe Forklift blog.


Ashe Forklift menyediakan berbagai macam jenis forklift dari yang berkapasitas kecil hingga kapasitas yang besar. Kami menyediakan forklift dengan berbagai macam kapasitas mulai dari yang kecil yaitu 2,5 ton hingga yang besar yaitu 20 ton.


Tidak hanya itu Ashe Forklift juga menyediakan hand pallet, toe jack, dan tank roller. Untuk hand pallet, kami menyediakan kapasitas yang bervariasi mulai dari 2 ton sampai dengan 5 ton.


Anda tidak perlu khawatir, Ashe Forklift akan memberikan jaminan kualitas yang terbaik untuk para konsumen. Kami sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun dengan berbagai kerjasama dengan perusahaan-perusahaan besar baik skala nasional maupun internasional.


Kami juga memiliki tenaga kerja dan operator pilihan yang mengutamakan kualitas pelayanan profesional, responsif, dan optimal. Tidak hanya itu, kami selalu merawat tiap unit dengan baik guna membangun rasa aman bagi para pelanggan.


Tentunya dengan kualitas yang terjamin dan terpercaya, jasa forklift ini tersedia di area Jakarta, Bogor, dan Tangerang. Jika Anda tertarik bisa langsung kunjungi website resmi kami.


8 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
Post: Blog2_Post
bottom of page