top of page

Cek Rutin Forklift Harian dan Mingguan Agar Selalu Terawat

Forklift adalah suatu alat untuk menunjang pekerjaan Industri dan Logistik untuk perusahaan Anda. Karena biaya yang digunakan untuk pengadaan forklift tidaklah murah, sebaiknya Anda melakukan cek rutin pada forklift Anda untuk menjaga forklift Anda selalu terawat. 


Forklift perlu dirawat dan diperiksa secara berkala. Menjaga setiap alat berat tetap beroperasi pada efisiensi maksimum adalah kunci untuk memastikan produktivitas dan laba atas investasi yang baik. Cara terbaik untuk dapat menjaga forklift Anda dalam kondisi optimal adalah dengan melakukan perawatan dan perbaikan yang ketat dan menyeluruh.

Berikut adalah cara untuk merawat dan forklift Anda dalam keadaan yang optimal. 

Cek Rutin Forklift Harian dan Mingguan Agar Selalu Terawat

Key Takeaways:

  • Cek rutin forklift sangat penting untuk menjaga kondisi forklift Anda agar terus terawat.

  • Cek rutin ini dapat dilakukan harian dan untuk pemeriksaan yang lebih mendalam dapat dilakukan secara mingguan.

  • Selain itu, Anda juga harus melakukan pengecekan sesaat sebelum Anda mengoperasikan forklift.

  • Dengan melakukan pemeriksaan rutin, Anda tidak hanya merawat forklift Anda, tapi Anda dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi seperti kecelakaan atau pemborosan dalam perbaikan atau maintenance forklift Anda. 


Cek Rutin Forklift Harian

Dalam pengecekan harian forklift, Anda dapat memeriksa oli mesin untuk memastikan oli mesin dalam keadaan yang baik dan sesuai dengan standar. Dengan melakukan pengecekan ini, Anda dapat  memaksimalkan penghematan bahan bakar dan melindungi blok mesin dari keausan. 


Untuk menjaga catalytic converter forklift dan mencegah mogok, pastikan tingkat bahan bakar juga mencukupi. Pengelolaan cairan bahan bakar yang efisien akan menghasilkan hasil yang ekonomis dan ramah lingkungan sekaligus meningkatkan keselamatan. 


Sebelum mulai bekerja, luangkan waktu untuk memeriksa setiap ban dan memastikan ban sudah terpompa dan tapaknya masih sehat. Ban kempes dan pecah mengakibatkan waktu henti yang mahal dan mengakibatkan kemacetan di lorong. 


Terakhir, pastikan untuk memeriksa fitur keselamatan kendaraan, termasuk semua sensor, alarm, indikator, rem, dan lampu. Melakukan pemeriksaan ini akan meminimalisir risiko kecelakaan atau insiden di tempat kerja, baik berupa tabrakan, tertabrak pejalan kaki, atau kerusakan tambahan yang diakibatkannya.


Pengecekan Mingguan

Forklift juga perlu diperiksa secara mingguan. Pengecekan mingguan forklift dapat dilakukan dengan memperhatikan secara lebih mendalam kondisi forklift. Hal ini sangat penting untuk pengoperasian forklift Anda. Karena pengecekannya dilakukan dengan lebih mendalam, proses ini memerlukan waktu yang lebih banyak dan juga cukup melelahkan. Oleh Karenanya pemeriksaan semacam ini dilakukan secara mingguan. 


Pertama, pantau dan sesuaikan level oli hidrolik dan transmisi. Hal ini menjamin forklift beroperasi dengan aman dan melindungi kendaraan dari kegagalan transmisi. Kegagalan transmisi bisa sangat merugikan dan bahkan mengakibatkan forklift terpaksa diganti sama sekali. 


Saat memeriksa hidrolika, perhatikan saluran oli dan periksa kebocoran serta perbaiki jika diperlukan. Periksa terminal baterai, ketinggian cairan power steering, dan penyetelan rantai angkat untuk menyimpulkan pemeriksaan menyeluruh.



Pengecekan Forklift Sebelum Digunakan

Pengecekan Forklift Sebelum Digunakan

Selain pemeriksaan rutin harian dan mingguan forklift, Anda juga harus melakukan pemeriksaan sesaat sebelum forklift Anda digunakan. Anda dapat membuat checklist untuk operator forklift memeriksa setiap item dan fungsi forklift sebelum digunakan.


Secara umum, terdapat 2 pemeriksaan penting yang harus dilakukan sesaat sebelum mengoperasikan forklift, yaitu pemeriksaan kemudi dan rem forklift. Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan saat memeriksa kemudi dan rem forklift. 


1. Cek Kemudi Forklift

Selain melakukan pengecekan harian dan mingguan, terdapat pula hal yang perlu anda periksa saat seblum mengunakan forklift. Salah satunya adalah memeriksa kemudi Forklift. Uji kemudi Anda sebelum memulai pengoperasian hari itu dengan memutar forklift dengan cepat. Kemampuan manuver forklift Anda sangat bergantung pada respons sistem kemudi Anda.


Periksa kemudi forklift Anda dengan melakukan beberapa manuver dasar. Fokuskan pemeriksaan kemudi secara khusus pada cara roda kemudi merespons perintah Anda. Jika ternyata setelah melakukan pengecekan, Anda memerlukan kekuatan yang lebih besar dari biasanya, hal ini dapat mengindikasikan sejumlah masalah; antara lain tekanan ban rendah, keselarasan roda buruk atau bahkan gesekan pada gearbox, termasuk masalah pada power steering.


2. Cek Rem Forklift

Pemeriksaan rem pada forklift juga tidak kalah pentingnya. Sama seperti kendaraan lainnya, penting untuk menguji rem Anda secara teratur untuk melihat apakah rem bekerja pada performa optimal. 


Pertama, periksa rem kaki. Rem kaki yang berfungsi tidak memerlukan terlalu banyak tekanan agar untuk dapat menghentikan forklift . Kemudian, periksa rem parkir Anda untuk memastikan kendaraan tidak bergerak saat dalam posisi berhenti atau parkir, terutama di tanjakan. Saat memeriksa rem, pastikan juga lampu rem berfungsi dengan baik, ganti bohlam jika diperlukan.


Pengecekan Sebelum Menyewa Forklift

Selain memeriksa forklift secara rutin dan sesaat sebelum mengoperasikan forklift, Anda juga harus memeriksa dan memastikan forklift yang Anda Sewa dalam keadaan yang baik. Biasanya, penyedia layanan sewa forklift yang terpercaya sudah merawat forkliftnya dengan baik. Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas unit yang disewakan oleh penyedia layanan sewa forklift terpercaya.


Ashe Forklift adalah salah satu penyedia layanan sewa forklift yang sangat memperhatikan betul kondisi unit yang akan disewakan. Semua unit yang disewakan selalu terawat sehingga dapat membangun rasa aman bagi pelanggan atau penyewa. Tidak perlu ragu lagi untuk menyewa di Ashe Forklift.


Hubungi Ashe Forklift sekarang untuk mendapatkan kualitas unit forklift terbaik untuk Anda Sewa. Klik di sini!


Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


Commenting has been turned off.
Post: Blog2_Post
bottom of page