4 Peluang Bisnis di Tangerang yang Menguntungkan

Diperbarui: Jan 20

Sebagai kota yang dijuluki sebagai kota seribu industri, Tangerang merupakan daerah yang sangat potensial untuk mengembangkan usaha. Terlebih lagi berlokasi di kawasan metropolitan Jabodetabek yang memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak.


Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, jumlah penduduk di kota Tangerang adalah 1,7 juta jiwa (data 2019). Tentu saja jumlah yang cukup banyak sehingga menjadi daerah yang sangat menjanjikan untuk membuka usaha.


Di Kota Tangerang, Anda bisa berwirausaha di mana saja. Sebab penyebaran penduduknya cukup merata, masing-masing kecamatan memiliki tingkat kepadatan penduduk yang tidak jauh berbeda.


Balaikota Kota Tangerang
Gambar diambil dari megapolitan.kompas.com (Kompas.com/Singgih Wiryono)

Tak hanya itu saja, banyak investor yang tertarik menanamkan modalnya ke kota ini. Tercatat sejak tahun 2013 sampai Agustus 2017, nilai investasi di Kota Tangerang mencapai angka Rp 27 triliun.


Itulah yang menjadi alangkah mengapa kota Tangerang menjadi daerah yang strategis dan mampu memberikan kenyamanan dalam dalam berbisnis atau berwirausaha


Peluang Bisnis di Tangerang yang Menguntungkan


Teruntuk Anda yang ingin berbisnis di kota ini, saya memiliki beberapa rekomendasi jenis usaha yang dapat Anda jalankan. Mulai dari modal yang kecil hingga modal yang sangat besar. Apa sajakah bisnis itu? Langsung saja simak daftar dan penjelasan selengkapnya di bawah ini


Bisnis Restoran Atau Rumah Makan


Restoran atau warung makan merupakan bisnis pangan yang patut Anda coba di kota Tangerang. Data membuktikan bahwasanya setiap tahunnya, jumlah restoran di kota ini semakin bertambah banyak.


Hal ini menunjukkan bahwa membuka restoran di tempat ini sangatlah memungkinkan dan terbukti cukup laris. Tapi saya sarankan untuk saat ini, Anda tidak terburu-buru untuk membuka restoran karena sektor ini cukup terdampak akibat adanya pandemi Covid 19.


Bisnis Katering Makanan


Bisnis di Tangerang selanjutnya masih seputar makanan. Kalau Anda belum mampu untuk membuka restoran karena modal yang dibutuhkan sangat besar, bisa mencoba membuka usaha katering makanan terlebih dahulu.


Anda tidak harus menyewa tempat khusus, melainkan bisa memulai semua dari rumah saja. Mulai dari mempersiapkan bumbu, memasak makanan, hingga pengantaran semua bisa dilakukan dari rumah.


Menjalankan bisnis katering makanan di kota ini tentu bukanlah hal yang sia-sia. Data BPS Kota Tangerang menunjukkan bahwasanya, rata-rata pengeluaran per kapita masyarakat untuk keperluan pesta atau kenduri mencapai angka 47.666


Jumlah tersebut meningkat sekitar 2 kali lipat dibandingkan tahun 2018. Biasanya acara pesta pernikahan pasti sangat membutuhkan makanan dan minuman untuk disajikan kepada para tamu undangan.


Tak hanya itu saja, masyarakat Tangerang juga suka membeli makanan jadi. Terbukti dari data BPS Kota Tangerang, pengeluaran per kapita penduduk Tangerang untuk makanan jadi adalah mencapai 389.795 per bulannya.


Hal tersebut mungkin menunjukkan bahwasanya sebagian masyarakat Tangerang, malas memasak dan mengolah bahan makanan sendiri.


Jual Rokok


Sudah bukan rahasia lagi jika warga Indonesia terutama pria yang sering merokok. Mulai dari kalangan muda hingga orang-orang yang sudah berusia uzur. Hal ini juga terjadi pada masyarakat yang ada di Provinsi Banten dan juga Kota Tangerang.


Bahkan Kota Tangerang termasuk ke dalam salah satu jumlah perokok aktif terbanyak yang ada di Provinsi Banten. Data menunjukkan, jumlah prevalensi perokok aktif yang merokok setiap hari di Kota Tangerang mencapai 23,1%.


Pengeluaran per kapita untuk rokok juga cukup besar, yakni mencapai 89.671 per bulannya (data 2019). Jumlah ini meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya 82.284 per bulan.


Tentu saja tidak afdol jika Anda hanya berjualan rokok saja. Anda bisa membuka warung sembako atau toko kelontong sebagai tempat untuk menjual rokok, jadi yang Anda jual bukan hanya rokok saja tetapi beras, gula, tepung, garam, dan masih banyak lagi yang lainnya


Apabila modal yang Anda miliki masih terbatas, jangan memaksakan diri untuk menjual beragam merek rokok. Jual saja rokok yang memang disukai oleh orang-orang yang tinggal di sekitar toko Anda.


Jual Alat Rumah Tangga


Bisnis di Tangerang yang menjanjikan selanjutnya adalah menjual alat atau kebutuhan rumah tangga. Jumlah penduduk kota ini yang cukup banyak menjadi salah satu alasannya. Anda bisa menjual meja, kursi, sofa, tempat tidur, lemari, televisi, bantal, guling, selimut, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Bukan hanya itu saja, fakta menunjukkan bahwasanya pengeluaran per kapita untuk alat-alat rumah tangga tergolong cukup tinggi. Data dari BPS membuktikan bahwa pada tahun 2019, rata-rata pengeluaran per kapita per bulan masyarakat Tangerang untuk sektor perumahan dan alat-alat rumah tangga sebesar 569.407.


Jumlah ini meningkat pesat dari tahun 2018. Pada tahun itu, rata-rata pengeluaran per kapita untuk perumahan dan alat rumah tangga adalah sebesar 507.436.

Jadi, itulah beberapa rekomendasi peluang usaha yang dapat Anda jalankan di kota Tangerang. Sebaiknya lakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum Anda benar-benar memulai berwirausaha.


103 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua