Cari

5 Bagian dari Forklift Manual dan Kelebihannya

Para pengusaha yang bergerak di bidang logistik, pastinya sudah sangat familiar dengan yang namanya forklift. Alat berat yang juga disebut truk garpu ini bermanfaat untuk mobilisasi barang dari satu lokasi ke lokasi lain, dengan jarak berdekatan. Dari berbagai jenis yang tersedia di pasaran, forklift manual merupakan yang paling banyak dipakai.


Banyak kelebihannya yang membuat operator Forklift nyaman menggunakanya.


Berikut ini Anda akan dicerdaskan dengan informasi, seputar bagian-bagian dari forklift jenis manual, apa saja kelebihan dari alat berat tersebut dan juga bagaimana cara menggunakannya. Bacalah hingga tuntas, agar Anda semakin paham dan bisa menggunakan informasi ini sesuai kebutuhan Anda.


Baca juga: Keunggulan Forklift Electric dan Fungsinya


5 Bagian dari Forklift Manual


Bagian dari forklift terdiri dari lima komponen, yang pertama yaitu counterweight yang terletak pada bagian belakang alat. Fungsinya sebagai penyeimbang alat saat mengangkat beban, agar alat tidak miring atau jatuh ke belakang .



Kedua yaitu mast yang berupa besi dan berhubungan langsung dengan sistem hidrolik pada alat tersebut. Fungsinya untuk membantu memaksimalkan proses tilting dan lifting.


Ketiga adalah fork atau garpu yang terletak di bagian depan Forklift Manual, berbentuk dua besi horizontal sejajar dengan bagian bawah alat. Fungsinya adalah sebagai tempat barang diletakkan dan dibawa, ke tempat pemindahannya. Biasanya fork memiliki panjang berkisar 2,5 meter tergantung jenis dan kapasitas dari alat, makin besar kapasitas akan semakin panjang dan berat bobot forknya.


Bagian keempat adalah carriage merupakan penghubung antara fork dan mast. Letaknya diantara kedua bagian tersebut atau dijadikan penyangga fork, agar bisa diangkat oleh mast.


Terakhir yaitu overhead guard yang menjadi pelindung operator yang menggunakan alat ini. Letaknya pada bagian atap truk garpu, terbuat dari bahan super kuat dan tahan terhadap cuaca panas maupun hujan sehingga operator bisa nyaman mengendarai forklift, dalam kondisi cuaca apapun. Fungsinya juga melindungi dari kemungkinan tertimpa beban, yang jatuh dari bagian depan alat.


Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Forklift Manual?


Banyak kelebihan yang dimiliki oleh Forklift Manual jika dibandingkan dengan otomatis, yaitu mudah dioperasikan bahkan oleh operator baru sekalipun. Sebab menggunakan sistem yang sama dengan pengoperasian mobil standar. Yaitu ada bagian rem, gas, pedal, dan juga kopling. Sangat cocok untuk pemula yang ingin menjadi operator forklift handal.


Kelebihan selanjutnya adalah harganya yang lebih murah jika dibandingkan otomatis, jadi bisnis skala kecil sudah bisa memilikinya atau menyewanya dengan harga terjangkau dengan cara sewa forklift harian. Selanjutnya alat ini juga punya spare part yang mudah ditemukan di berbagai toko alat berat, sama halnya dengan spare part kendaraan standar seperti mobil dan truk.


Sedangkan kekurangannya adalah kapasitas angkut beban yang bisa diangkut sangat terbatas. Yaitu hanya tiga kategori yaitu kapasitas tertinggi delapan ton ke atas, kemudian lima ton, dan terendah yaitu tiga ton. Jadi kurang cocok jika akan digunakan untuk bisnis logistik skala besar, dengan jumlah dan kapasitas barang yang sangat berat.


Kekurangan lainnya adalah, tidak cocok untuk penggunaan di dalam ruangan sebab masih menggunakan bahan bakar solar. Bahan yang satu ini sangat rentan mengeluarkan zat emisi yang berbahaya, jika dihirup terlalu sering dan lama, bisa berdampak pada kesehatan manusia.


Makanya ada yang berpikir dua kali untuk memilihnya, walaupun harga murah karena bidang logistik kebanyakan beraktivitas di dalam gudang bukan?


baca juga : Ini 6 bagian penting pada forklift Diesel.


Satu lagi kekurangan yang perlu Anda perhitungkan yaitu fungsi belok pada alat ini cukup susah, karena bagian roda yang tergolong berat. Jika tidak mahir maka pada awal menggunakan Forklift Manual akan mengalami kesulitan, sebelum terbiasa dan bisa menyiasatinya dengan trik yang tepat.



Bagaimana Cara Menggunakan Forklift Manual?


Apakah Anda berminat untuk memiliki atau menyewa produk forklift dengan transmisi manual ini? Pastikan dulu berapa kapasitas forklift yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan usaha, apakah diakomodir atau tidak oleh jenis alat berat ini. Kemudian Anda harus memastikan bahwa alat tersebut memiliki garansi jika ingin membelinya, perawatan berkala dan penggantian alat berat jika Anda memilih penggunaan sistem sewa.


Setelah itu Anda bisa langsung datang ke dealer atau penyedia jasa sewa, untuk melihat langsung forklift yang tersedia. Komunikasikanlah kebutuhan Anda dan apa yang mereka miliki untuk memenuhinya. Jangan lupa untuk memastikan jenis ban yang digunakan pada alat tersebut masuk kategori terbaik, untuk memaksimalkan kinerjanya nanti. Jika tidak tentunya Anda akan keluar biaya tambahan membeli ban tiap sebentar karena rentan bocor atau rusak, akibat overload kapasitas yang ditahannya.


Semoga informasi terkait Forklift Manual di atas bisa menjawab semua pertanyaan Anda, seputar alat berat yang paling dicari oleh penggelut bisnis logistik tersebut. Jika Anda baru merintis bisnis mungkin bisa memilih membeli atau sewa jenis manual ini, dengan kapasitas sedang.


baca juga : Seperti ini cara kerja Hand Pallet Hidrolik


Agar semua proses usaha yang membutuhkan alat berat berbentuk garpu ini, bisa berjalan lancar. Mau transaksi langsung? Kunjungi Asheforklift.com dan dapatkan produk terbaik untuk kebutuhan Anda

 

Our Locations

  • Facebook asheforklit
  • LinkedIn asheforklift
  • Instagram Asheforklift

GUNUNG PUTRI BOGOR
Jln. Raya Gunung Putri KM 6
Gunung Putri, Bogor, 16961
(Depan Jalan Cagak)
Phone: (021) 8686-2525, (021) 8686-2526
Fax: (021) 8686-2526

JAKARTA - TANGERANG SELATAN
Jln. Rawa Buntu Selatan No.21A
Serpong, Tangerang Selatan, Banten 15310
Phone: (021) 2966-2278(021) 2966-2279
Fax: (021) 2966-2279

JAKARTA - TANGERANG
Jln. Raya Gatot Subroto KM 5, RT001/RW001
Jatiuwung, Tangerang, Jawa Barat 15138
(Seberang R.M. Remaja Kuring)
Phone: (021) 5565-0606, (021) 5565-0608
Fax: (021) 5565-061

E-mail : Asheforklift@gmail.com

©2020 Asheforklift by Grow & Bless.